Cara Mengatasi WhatsApp Force Close

2 min read

Cara Mengatasi WhatsApp Force Close – Salah satu aplikasi Messenger instan paling populer dan peringkat 1 di dunia adalah WhatsApp. WhatsApp sangat populer berkat fitur-fiturnya yang unik dan cara yang mudah dan sederhana untuk menggunakannya.

Hanya dengan nomor telepon, pengguna Android dapat mendaftar di WhatsApp, tidak perlu menggunakan Gmail atau email Yahoo.

Namun terkadang ada kendala dengan aplikasi WhatsApp. Meskipun jarang terjadi, tetapi ada beberapa pengguna yang mengeluh tentang Aplikasi Whatsapp yang mereka miliki.

Muncul pesan kesalahan yang mengatakan “Unfortunately, WhatsApp Has Been Stopped” atau “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti”.

Dari pesan pop-up yang muncul, itu berarti bahwa Aplikasi WhatsApp melakukan force close atau dengan kata lain (Tutup dengan sendirinya).

Bahkan, ini bisa terjadi pada semua jenis perangkat android mulai dari Samsung Galaxy, Xiomi, Oppo, Asus Zenfone, Smartfreen Andromax, Lenovo, Vivo, LG, Evercross, Advan, Sony Experia, dan perangkat Android lainnya.

Penyebab utama masalah ini umumnya karena akumulasi sampah yang berlebihan di memori internal dan eksternal dan secara tidak langsung membuat Aplikasi WhatsApp tampak berat dan lambat yang akhirnya menyebabkan pesan kesalahan WhatsApp muncul seperti di atas.

Penyebab Sayangnya WhatsApp Telah Terhenti

  • Banyak aplikasi berjalan di latar belakang
  • Riwayat obrolan yang menumpuk
  • Banyak mengaktifkan fitur (khusus pengguna WhatsApp MOD)
  • Menginstall dual WhatsApp
  • Memori internal ponsel penuh sehingga menyebabkan gagal mengunduh file media yang dikirim via WhatsApp

Mengatasi WhatsApp Force Close di Android

cara mengatasi whatsapp force close

1. Nonaktifkan Aplikasi Tidak Digunakan

Saat Anda menggunakan WhatsApp, harap nonaktifkan aplikasi media sosial lain yang tidak digunakan. Ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi RAM pada ponsel Anda.

Caranya silakan buka Pengaturan Seluler> Manajer Aplikasi / Aplikasi Terpasang> pilih aplikasi mana yang akan dinonaktifkan, seperti Facebook, BBM atau lainnya> lalu pilih Foce Stop (cukup tekan tombol Force Stop, jangan pilih Hapus Data).

2. Hapus WhatsApp Cache

Akibat cache yang menumpuk dapat menyebabkan kesalahan WhatsApp Anda. Kemudian silakan hapus cache melalui pengaturan.

Caranya: Masuk ke Pengaturan Seluler> Palungan Aplikasi / Aplikasi Terpasang> cari aplikasi WhatsApp> lalu pilih Hapus Tembolok/cache.

Note : cukup menghapus Cache, jangan memilih Hapus Data karena bisa menyebabkan hilangnya semua history chat WhatsApp anda.

Baca : Tips Membersihkan WhatsApp Tanpa Kehilangan History Chat

3. Hapus Riwayat Obrolan

Untuk mengurangi WhatsApp lebih lanjut, Anda dapat menghapus bagian dari riwayat percakapan Anda di WhatsApp.

Caranya: di halaman beranda tandai semua riwayat percakapan yang akan Anda hapus, lalu ketuk ikon tombol tempat sampah di bagian atas.

4. Nonaktifkan Fitur Penghemat Baterai

Para pengguna ponsel Android Lollipop dan di atasnya biasanya memiliki fitur penghemat daya baterai. Jika Anda aktif di WhatsApp maka Anda harus menonaktifkan fitur tersebut karena akan membatasi fitur WhatsApp yang dapat menyebabkan kesalahan.

5. Perbarui WhatsApp ke Versi Terbaru

WhatsApp terus memperbarui dan jika pembaruan dirilis, versi lama tidak akan berfungsi dengan pemberitahuan “Versi WhatsApp Anda Telah Kedaluwarsa”.

Kemudian Anda dapat langsung memperbarui melalui halaman resmi di Google Play Store sehingga Anda mendapatkan versi terbaru.

Demikian juga untuk pengguna WhatsApp MOD, Anda harus memperbarui WA MOD yang Anda gunakan melalui halaman resmi pengembang seperti official-plus.com.

6. Aktifkan Fitur Sesuai Kebutuhan

Untuk Anda pengguna WhatsApp MOD, silakan aktifkan fitur yang Anda butuhkan. Jangan aktifkan terlalu banyak fitur karena ini membuatnya lebih parah yang mengakibatkan penutupan paksa.

7. Perbesar Ruang Penyimpanan Internal Ponsel Anda

Hapus file yang belum digunakan untuk memperbesar penyimpanan internal ponsel Anda. Karena jika memori ponsel Anda penuh, itu dapat menyebabkan kesalahan WhatsApp Anda karena tidak dapat menampung file media yang dikirim melalui WhatsApp.

Agar lebih mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi CCleaner yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play.

Artikel Lainnya :

Demikianlah Cara Mengatasi WhatsApp Force Close atau Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!