Topologi Jaringan Peer to Peer

3 min read

Topologi Peer to Peer: Definisi, Karakteristik, Kelebihan & Kekurangan serta Penerapannya – Jaringan komputer adalah sesuatu yang membuat komputer terhubung satu sama lain.

Jika tidak ada jaringan komputer, komputer tidak dapat terhubung satu sama lain.

Ada banyak jenis jaringan komputer yang dapat dilihat dari jenisnya, yang dapat dilihat dari susunan struktur jaringannya, media transmisi data, fungsinya, dan skala jaringannya.

Tetapi jika dilihat dari fungsinya jaringan dibagi menjadi 2 yaitu jaringan peer to peer dan server klien, yang semuanya memiliki penjelasan masing-masing dan banyak yang mungkin belum mengetahuinya.

Untuk jaringan server klien ada komputer yang bertindak sebagai server sistem dan juga komputer lain yang akan bertindak sebagai klien (yang membutuhkan server).

Untuk jaringan peer to peer, ia tidak memiliki regulator sistem server atau yang bertindak sebagai klien karena pada jaringan peer to peer komputer bertindak sebagai server dan juga klien.

Apa Itu Topologi Peer to Peer?

Topologi Jaringan Peer to Peer

Peer to Peer Network atau disebut juga Jaringan Peer to Peer adalah model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau lebih komputer, di mana setiap stasiun atau komputer yang terdapat dalam lingkungan jaringan dapat saling berbagi.

Jaringan Peer to Peer tidak berlaku untuk rakitan komputer skala besar, biasanya hanya pada skala kecil seperti 2-10 komputer dan dengan 1 hingga 2 periferal dalam jaringan.

Penggunaan jaringan ini adalah untuk mengamankan penggunaan program dan periferal sehingga pengguna komputer dapat bertanggung jawab atas keamanannya.

Khususnya dalam diskusi ini kami akan menjelaskan lebih banyak tentang jaringan peer to peer.

Sebagai karakteristik, aplikasi, kekuatan, dan kelemahan kami akan menjelaskannya satu per satu silakan lihat penjelasan di bawah ini.

Karakteristik:

topologi peer to peer

Poin pertama yang akan kami bahas adalah karakteristik jaringan peer to peer. Baik server klien dan jaringan lain semua jaringan harus memiliki karakteristik atau karakteristik mereka sendiri.

Berikut ini adalah karakteristik peer to peer network, termasuk:

  • Semua komputer bertindak sebagai klien dan server.
  • Spesifikasi komputer tidak berpengaruh jika komputer ingin dihubungkan satu sama lain, spesifikasinya tidak perlu sama.
  • Tidak ada komputer yang bertindak sebagai server utama.
  • Kontrol dalam pengaturan jaringan tidak ada (lemah).

Kelebihan:

Semua hal di atas adalah fitur karakteristik jaringan peer to peer, di sini kami akan menjelaskan keuntungan dari jaringan peer to peer, lihat dengan baik.

  • Proses instalasi mudah
  • Biaya implementasi lebih murah daripada server klien karena tidak ada komputer yang bertindak sebagai server sehingga biaya menjadi lebih murah
  • Komputer tidak memerlukan aplikasi server dan sistem operasi untuk server
  • Karena semuanya bertindak sebagai server dan klien, kinerja komputer tidak bergantung pada server
  • Jika ada satu masalah di jaringan maka komputer lain tidak akan terpengaruh
  • Komputer dapat berbagi dan menggunakan perangkat keras yang sama seperti printer, hard drive, dan sebagainya
  • Pemeliharaan jaringan komputer tidak memerlukan administrator sehingga pemeliharaan lebih mudah

Kekurangan:

Setelah kita mengetahui kelebihan jaringan peer to peer, maka kita juga harus bisa memahami dan memahami kekurangan atau kelemahan dari jaringan peer to peer dibandingkan dengan jaringan lain.

  • Kinerja komputer menjadi lebih rendah, ini karena komputer bertindak sebagai klien dan juga server sehingga harus mengelola penggunaan fasilitas jaringan secara maksimal selain komputer mengatur dan mengelola semua kebutuhan aplikasi itu sendiri hal ini menyebabkan kinerja rendah
  • Pemeliharaan jaringan yang tidak memerlukan administrator menyebabkan administrasi menjadi tidak terkendali
  • Jika jaringan memiliki masalah (masalah) dan ingin mengidentifikasi masalah (troubleshooting) itu akan mengalami kesulitan karena komputer sulit diidentifikasi karena dalam pekerjaannya semua komputer terlibat dalam jaringan
  • Tingkat keamanan jaringan komputer rendah karena jika tidak ada server di jaringan komputer, pengguna harus bertanggung jawab untuk mengamankan komputernya sendiri.
  • Jaringan peer-to-peer hanya dapat diterapkan pada skala jaringan sempit sehingga akan sulit untuk dikembangkan untuk skala besar
  • Setiap komputer yang terhubung ke jaringan ini harus mencadangkan komputer secara teratur dan sesuai jadwal
  • Dalam jaringan akan ada banyak file sharing yang dampaknya dapat membuat kinerja komputer terpengaruh

Sekilas jaringan peer to peer lagi bahwa jaringan ini ketika dibangun dapat dihubungkan secara langsung menggunakan kabel UTP dan konektor RJ45, ini menyebabkan jaringan peer to peer tidak memerlukan hub saat membangunnya.

Untuk menghubungkan komputer agar terhubung satu sama lain, tidak dibutuhkan spesifikasi komputer yang sama.

Karena untuk dihubungkan hanya dengan diberi kartu jaringan komputer yang dapat terhubung secara langsung.

Jaringan peer to peer dalam penyedia internet sering disebut sebagai jaringan untuk berbagi file.

Ini karena komputer yang terhubung satu sama lain di jaringan dapat langsung mengunduh / menyalin file dari komputer lain yang juga terhubung pada jaringan itu.

Jika dilihat dari sisi praktis, ini sangat efisien dan tidak rumit, tetapi jika kita menyalin file secara ilegal dapat berdampak buruk pada mereka yang menyalin dan mereka yang disalin, seperti kasus kehilangan Naspster pada tahun 1999.

Menerapkan Jaringan Peer to Peer

Seperti yang kami jelaskan di atas jaringan peer to peer mengimplementasikan skema bahwa komputer bertindak sebagai klien dan juga server.

Contoh skema implementasi misalnya komputer X mengambil data atau file dari komputer Y kemudian komputer X sebagai servernya dan komputer Y sebagai klien.

Komputer X bertindak sebagai server karena komputer X mengakses file dari komputer Y dan sebaliknya.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Topologi Peer to Peer: Definisi, Karakteristik, Kelebihan & Kelemahan serta penerapannya, semoga dapat menambah pengetahuan dan membantu anda dalam mempelajari jaringan peer to peer.

Terima kasih telah membaca dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu Jaringan Peer to Peer?

Jaringan Peer to Peer adalah model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau lebih komputer.

Karakter Jaringan Peer to Peer?

Karakternya yaitu semua komputer bertindak sebagai klien dan server.

Apa Itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer adalah sesuatu yang membuat komputer terhubung satu sama lain.

Mengatasi Baterai Laptop Drop

Dinda
1 min read

Plant vs Zombie Hack

Dinda
2 min read

Lightroom Mod

Dinda
2 min read
error: Content is protected !!