Situs dan Tools CEK Kecepatan Website

4 min read

5 Situs + 8 Tools CEK Kecepatan Website paling Akurat – Selain menampilkan kecepatan situs web juga dipertimbangkan oleh pengunjung ketika mereka ingin membaca informasi yang mereka butuhkan.

Seperti yang Anda ketahui bahwa saat ini ada banyak situs web di Internet yang berisi berbagai jenis informasi.

Setiap situs web memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, beberapa memiliki tampilan yang keren namun loadingnya lambat.

Ada juga yang memuat cepat tetapi terlihat kurang menarik.

Tetapi menurut saya kecepatan loading situs web saya sendiri lebih penting dari pada penampilan, karena pengunjung mencari informasi bukan untuk melihat tampilan situs web.

Jadi ketika sebuah situs web memiliki kecepatan pemuatan yang lama, kemungkinan pengunjung untuk batal mengunjungi situs web menjadi lebih besar.

Karena mereka merasa pemuatan sangat lambat dan lebih suka membuka di situs web lain dengan pemuatan cepat.

Untuk memeriksa pemuatan situs web, Anda bisa menggunakan bantuan web site penyedia layanan pemeriksaan kecepatan pemuatan situs web.

Apa Itu Situs Cek Kecepatan Website?

Situs Cek Kecepatan Website adalah situs yang memberikan fitur untuk mengukur kecepatan dari sebuah website, bukan hanya kecepatan biasanya terdapat fitur-fitur lain yang mendukung kegiatan SEO.

5 Situs CEK Kecepatan Website Terbaik

CEK Kecepatan Website

Berikut adalah daftar beberapa web site yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa seberapa cepat permuatan situs web Anda.

1. Speed Test

Alat pertama yang kami sarankan untuk memeriksa kecepatan web Anda adalah Free Speed Test.

Di situs web ini Anda dapat memeriksa kecepatan waktu pemuatan situs web Anda. Anda dapat melihat waktu pemuatan yang diperlukan untuk mengakses situs web Anda dari berbagai pusat data di dunia.

Dengan ini, Anda dapat mengetahui kecepatan pemuatan situs web secara akurat melalui situs web ini.

Jika Anda Tertarik silahkan Mengunjungi situs Speed Test [Disini].

2. Web Site Optimization

Untuk memeriksa kecepatan memuat situs web, Anda juga dapat menggunakan layanan yang disediakan oleh Web Site Optimization.

Di situs web ini, Anda dapat memeriksa kecepatan pemuatan situs web dan mengoptimalkannya.

Di situs web ini ada beberapa fitur menarik seperti laporan kecepatan, halaman web, laporan global, penghitungan ukuran objek total, perhitungan file eksternal, dan banyak lagi.

Dengan fitur yang tersedia, Anda akan tahu cara meningkatkan kecepatan situs web Anda.

Jika Anda Tertarik silahkan Mengunjungi situs Web Site Optimization [Disini].

3. Search Metrics

Situs ketiga yang kami sarankan untuk anda adalah Rapid Search Matrics.

Di mana dengan menggunakan layanan di situs ini Anda dapat mengetahui seberapa cepat situs web Anda memuat.

Di situs ini ada beberapa fitur yang menarik seperti perkiraan waktu pemuatan dan analisis kecepatan yang tentu bisa Anda pergunakan untuk menganalisis kecepatan web Anda.

Anda juga dapat menggunakan situs ini untuk menganalisis kebutuhan SEO situs Anda. Jika Anda Tertarik silahkan Mengunjungi situs Search Metrics [Disini].

4. GT Metrix

GT Metrix adalah situs yang berguna untuk memeriksa kecepatan pemuatan situs web, situs web ini menggunakan sistem peringkat.

Di situs ini Anda akan dapat melihat kekurangan situs web Anda yang menyebabkan pemuatan yang lambat.

Jadi setelah Anda tahu lokasi kekurangannya, Anda bisa memperbaikinya sehingga situs web Anda memuat lebih cepat dari sebelumnya. Anda cukup memasukkan nama situs web Anda dan Anda akan melihat hasilnya.

Jika Anda Tertarik silahkan Mengunjungi situs GT Metrix [Disini].

13. Pingdom Tools

Situs atau situs web terakhir yang dapat Anda gunakan untuk menghitung kecepatan pemuatan situs web Anda adalah pingdom.

Situs web ini memiliki alat yang dapat Anda gunakan untuk menentukan kecepatan pemuatan situs web.

Situs ini dapat memeriksa waktu pemuatan situs web Anda secara akurat dan efektif. Situs ini juga dapat menampilkan waktu pemuatan setiap elemen di situs web Anda seperti HTML, CSS, CSS, gambar, dan sebagainya.

Jika Anda Tertarik silahkan Mengunjungi situs GT Metrix [Disini].

Tools Pengetes Kecepatan Situs Web

Selaian Situs kami juga menyarankan anda menggunakan berbagai tools untuk mengecek kecepatan situs web anda, berikut adalah beberapa tools yang kami sarankan:

1. Google PageSpeed ​​Insight

Sejak 2010, Google telah secara resmi memasukkan kecepatan situs web sebagai salah satu indikator penilaian untuk SEO.

Pada tahun yang sama Google juga merilis Google PageSpeed ​​Insight untuk membantu penggunanya memeriksa kecepatan situs web untuk perangkat desktop dan seluler.

Google akan menilai kecepatan memuat situs web Anda menggunakan skala persen. Nilai 0 hingga 49 persen menunjukkan situs web Anda lambat.

Nilai 50 hingga 89 persen menunjukkan kecepatan situs web Anda telah mencapai rata-rata. Akhirnya, nilai 90 hingga 100 persen berarti situs web Anda cepat.

Google PageSpeed ​​Insight juga akan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna di perangkat seluler.

2. Alat Pengujian Kecepatan Situs Web Google Seluler

Menurut Google, pengunjung akan lebih cepat meninggalkan situs web yang tidak ramah seluler. Atas dasar itu, Google merilis Alat Pengujian Kecepatan Situs Web Seluler Google.

Alat ini didukung oleh teknologi dari Google PageSpeed ​​Insight, tetapi lebih fokus pada penilaian situs web pada perangkat seluler.

Alat Pengujian Kecepatan Situs Web Seluler Google juga menilai kecepatan situs web pada skala 0 hingga 100 dan memberikan saran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan situs web pada perangkat seluler.

Anda bisa mendapatkan laporan kecepatan situs web melalui email atau langsung dikirim ke pengembang webmaster.

3. Geek Flare

Site Relic adalah alat kecepatan situs web gratis yang termasuk baru. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk memeriksa kecepatan situs web baik pada perangkat seluler maupun perangkat desktop.

Dalam laporannya, Geek Flare hanya menyediakan informasi dalam hitungan detik untuk berapa banyak konten di situs web Anda mulai memuat dan dalam hitungan detik halaman apa yang telah dimuat situs web Anda secara penuh.

4. KeyCDN Website Speed Test

Alat pemeriksa kecepatan situs web gratis KeyCDN menyediakan cara cepat dan mudah untuk menganalisis kecepatan situs web Anda.

KeyCDN menampilkan ringkasan analisis bersama dengan pratinjau halaman yang Anda periksa.

Anda dapat menjalankan cek publik dan pribadi yang dapat Anda bagikan atau bookmark.

KeyCDN menyediakan analisis metode permintaan (GET / POST), status kode HTTP, jenis file, ukuran konten, waktu tunggu / terima, total waktu pengunduhan, dan sebagainya.

5. Load Impact

Load Impact adalah alat kecepatan situs web yang menyediakan layanan gratis dan berbayar.

Untuk layanan pemeriksaan kecepatan situs web gratis, Anda harus mendaftar dan mendapatkan kuota tes kecepatan situs web gratis hingga lima kali sebulan. Layanan premium dihargai 89 Dolar AS per bulan.

6. WebPageTest

WebPageTest dikembangkan oleh Patrick Meenan, teknisi Chrome (Google). Perangkat lunak open source ini memungkinkan Anda untuk melakukan tes kecepatan situs web dari beberapa lokasi di seluruh dunia.

WebPageTest bahkan menyediakan fitur tambahan seperti penangkapan video, pemblokiran konten, perbandingan tampilan pertama dengan tampilan berulang, perubahan kecepatan koneksi, dan banyak lagi.

Keuntungan dari WebPageTest adalah mendukung HTTP / 2 sehingga Anda dapat menguji kinerja WordPress dengan memasukkan SSL dan paralelisme dalam penilaian.

7. Web Page Analyzer

Web Page Analyzer adalah alat gratis yang sangat disarankan untuk memeriksa kecepatan situs web dan komposisi situs web.

Alat ini akan memberi tahu Anda kecepatan situs web Anda pada kecepatan koneksi yang berbeda.

Web Page Analyzer pun menyediakan penilaian dari 11 aspek indikator di mana Anda akan mendapatkan rekomendasi apa yang perlu anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan website anda.

8. Chrome DevTools

Chrome DevTools adalah bagian dari browser Google Chrome. Alat ini cukup populer di kalangan pengembang karena kemudahan akses dan efektivitasnya untuk debugging dan pengujian.

Anda dapat dengan mudah menjalankan Chrome DevTools di Google Chrome dengan menekan Command + Option + I (Mac) atau Control + Shift + I (Windows dan Linux). Kemudian Anda dapat memeriksa kecepatan situs web Anda dan mendapatkan laporan.

Salah satu fitur terbaik dari Chrome DevTools adalah kemampuannya untuk memblokir permintaan.

Fitur ini berfungsi untuk menentukan seberapa banyak overhead layanan dari pihak ketiga di situs web Anda.

Selain itu juga, alat inipun juga di integrasi dengan LightHouse. LightHouse adalah perangkat lunak sumber terbuka untuk meningkatkan kualitas halaman situs web.

Penutup

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan tentang 5 Situs CEK Kecepatan Website paling Akurat.

Jika Anda tidak puas dengan hasil dari satu situs web, Anda dapat memeriksanya di situs lainnya.

Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bai kita semua, terima kasih dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu Situs Cek Kecepatan Website?

Situs yang memberikan fitur untuk mengukur kecepatan dari sebuah website, bukan hanya kecepatan biasanya terdapat fitur-fitur lain yang mendukung kegiatan SEO.

Kenapa Kecepatan Web Harus Diperhatikan?

Karena sebagian besar pengunjung web akan merasa terganggu apabila kecepatan pada saat membuka web sangat lama.

Tampilan Web Mempengaruhi Kecpatan?

Ya, semakin banyak kita memodifikasi tampilan Web maka kecepatan nya bisa melambat.

error: Content is protected !!