Pengertian Server Web

3 min read

Pengertian Server Web: Cara Kerja, Fungsi dan Contoh Server Web – Pengguna komputer dan laptop kini tersebar luas di seluruh dunia. Karena mengingat kebutuhan akan komputer dan laptop yang saat ini tidak terhindarkan, baik untuk bekerja, belajar atau sekadar hiburan.

Membahas tentang komputer harus selalu ada hubungannya dengan internet. Karena internet itu sendiri adalah jaringan besar yang saling menghubungkan komputer satu ke komputer lainya.

Internet saat ini memiliki peran penting (utama) yang harus dipenuhi oleh semua orang karena manfaat besar yang dapat kita rasakan sampai sekarang.

Pada kesempatan ini kami akan membahas salah satu perangkat lunak yang dimiliki oleh komputer dan hubungannya dengan internet, yaitu server web.

Apa fungsi server web? Dan bagaimana cara kerja server web, serta apa saja contoh – contohnya.

Mungkin kalian yang baru mengenal dunia komputer dan internet sangat asing mendengar nama server web.

Tetapi jika Anda membaca dan memahami artikel yang kami tulis hari ini, pasti Anda akan tahu apa itu server web? mulai dari Pengertian Server Web, fungsi, cara kerjanya, dan juga contoh dari server web itu sendiri, langsung saja …

Apa Itu Server Web?

Pengertian Web server

Server web adalah perangkat lunak yang menyediakan layanan kepada klien untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang teridentifikasi.

Klien ini adalah browser web seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox dan sebagainya.

Kemudian server web kemudian akan secara langsung mengirimkan permintaan yang diminta oleh klien dalam bentuk halaman web, dalam bentuk dokumen HTML.

Cara Bekerja Server Web

HTTP adalah tempat atau wadah aplikasi web yang dioperasikan. Dalam protokol HTTP, server web berfungsi sebagai server, sedangkan browser web berfungsi sebagai klien.

Ketika pengguna internet memasukkan alamat situs web melalui browser tertentu (IE, Chrome, atau Firefox), maka browser akan memproses permintaan dengan mendistribusikan nya ke server web berdasarkan alamat yang direquest.

Dan setelah itu akan menunggu hasil yang di minta untuk beberapa saat. Jika yang diminta pengguna adalah dokumen, maka server web akan mengirim dokumen langsung ke browser yang digunakan.

Tetapi jika dokumen yang diminta berisi program sisi server, maka server web akan menjalankan program sisi server dan mengirimkan hasilnya dalam bentuk HTML.

Fungsi Server Web

Fungsi utama server web adalah untuk memproses file yang diminta dari klien dan melanjutkan respons dalam bentuk halaman web dalam bentuk teks, gambar, dokumen, dan sebagainya.

Proses ini dilakukan melalui protokol komunikasi yang telah dibuat sedemikian rupa.

Ketika Anda mengakses situs web, saat itulah Anda (sebagai klien) membuat permintaan, maka jika alamat IP atau domain situs web benar.

Server web akan menanggapi permintaan Anda dengan menyediakan file atau data yang disimpan dalam penyimpanan file atau database situs web .

Contoh Server Web

Dalam pemahaman lebih lanjut, Anda perlu tahu contoh server web. Jadi Anda bisa mengetahui berbagai jenis contoh server web sebagai berikut.

1. Apache

apache server

Itu adalah salah satu jenis server web yang paling banyak digunakan di internet. Pada awalnya, Apache dirancang untuk sistem operasi UNIX. Apache memiliki dukungan seperti kontrol akses, SSL dan PHP.

Kontrol akses Apache berfungsi tergantung pada nomor IP CGI (Common Gateway Interface) atau nama host.

Apache memiliki kontrol akses sebagai modul, dan yang paling populer adalah modul Perl (Practical Extraction and Report Language).

PHP (Personal Home Page), sebuah program yang mirip dengan CGI, untuk memproses teks dan bekerja pada server web.

PHP di server web Apache dimasukkan ke dalam salah satu modulnya atau “mod_php” agar membuat kinerja PHP yang lebih stabil dan lebih baik.

Apache termasuk kedalam kategori freeware, dan proses instalasi nya yang lumayan mudah, serta dapat beroperasi pada berbagai type atau jenis sistem operasi.

Pengaturan konfigurasi yang mudah dengan hanya empat file konfigurasi, dan dengan mudah menambahkan periferal lain ke platform server webnya.

2. IIS (Internet Information Services)

Ini adalah server web yang digunakan di Windows, terutama Windows 2000 dan Windows 2003.

IIS didukung oleh beberapa komponen pendukung seperti protokol protokol TCIP / IP, DNS, dan perangkat lunak untuk membuat situs web.

Sebenarnya IIS dapat digunakan untuk platform tempat aplikasi web berjalan. IIS mendukung beberapa protokol seperti HTTP, SMTP, NNTP, dan sebagainya.

Keuntungan dari IIS adalah bahwa itu adalah server web yang kompatibel atau sangat kompatibel dengan Windows sebagai hasil dari output.

Microsoft, mendukung platform .net yang hanya dapat diimplementasikan dengan IIS. Tetapi IIS termasuk dalam server web berbayar, yang cukup mudah diserang oleh para cracker, dan keamanannya yang mudah diretas.

3. Nginx

NGINX server

Itu adalah salah satu server web open source kecuali Apache. Meskipun apache sudah sangat terkenal, ada satu kekurangan, yaitu tidak bisa menangani kebutuhan server web dengan lalu lintas tinggi.

Nginx diciptakan untuk menjadi cara yang menekankan kinerja, kecepatan dan kemudahan. Nginx sendiri memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Arsitektur Berbasis Acara. Nginx menggunakan arsitektur berbasis peristiwa sehingga dapat meminimalkan utas untuk memproses permintaan dari klien, yang berarti bahwa memori yang digunakan juga menjadi lebih kecil. Servernya yang sangat responsif dan juga ringan.
  • Performa yang Luar Biasa. Semakin banyak utas digunakan, maka dibutuhkan lebih banyak memori. Nginx telah dirancang untuk meladeni hingga sampai sepuluh juta permintaan klien setiap hari, atau ratusan permintaan dalam satu detik.
  • Fitur Luar Biasa. Nginx hanya menyajikan fitur yang dicari kebanyakan orang, seperti melayani file statis, host virtual, proxy reverse, kontrol akses, penulisan ulang URL, dan sebagainya.

4. Lighttpd

Lighttpd server

Adalah jenis server web open source yang ditulis oleh programmer Jerman dalam bahasa pemrograman C. Lighttpd bekerja pada komputer menggunakan sistem operasi Linux / keluarga Unix lainnya.

Salah satu keuntungan menggunakan Lighttpd adalah kemampuannya untuk mengelola beban CPU secara efektif, dan beberapa fitur canggih lainnya seperti SCGI, FastCGi, Output-Compression dan sebagainya.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian Server Web: Cara Kerja, Fungsi dan Contoh Server Web, semoga dapat membantu anda dalam memahami tentang apa itu server web.

Terima kasih dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu Server Web?

Server web adalah perangkat lunak yang menyediakan layanan kepada klien untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang teridentifikasi.

Fungsi Server Web?

Fungsi utama server web adalah untuk memproses file yang diminta dari klien dan melanjutkan respons dalam bentuk halaman web dalam bentuk teks, gambar, dokumen, dan sebagainya.

Contoh Server Web?

Beberapa contoh dari server web diantaranya yaitu Apache, IIS, Nginx, dll.

error: Content is protected !!