Kelebihan dan Kekurangan Quard Core

3 min read

Quard Core: Kelebihan dan Kekurangan dari Quard Core – Quad Core ini memiliki banyak inti, maka secara teori dapat menangani tugas lebih cepat jika dibandingkan dengan prosesor single core atau prosesor dual core.

Peningkatan kinerja prosesor quad core ini tergantung pada penggunaan aplikasi dan implementasinya.

Pada anroid yang dilengkapi dengan prosesor quad core, tentu saja kecepatan kerjanya sangat tinggi karena tentunya kapasitas RAM dan memori internal penyimpanan data juga telah ditingkatkan

atau ditambahkan agar dapat dibandingkan dengan prosesor quad core.

Apa Itu Quard Core

quad core

Quad Core adalah prosesor Intel yang memiliki 4 inti dan tentu memiliki kecepatan dan kualitas yang baik serta kisaran harga yang lebih malah.

Quad core juga memiliki sejumlah fitur, yaitu multithread, hyperthreading, smooth / good 2D / 3D / Video display kemampuan grafis.

Quad core memiliki sejumlah core atau 4 unit inti di dalam chip prosesor, berguna untuk memproses baca / tulis, eksekusi, instruksi dan operasi interupsi, dll.

Setiap core berguna dalam multitasking, dan dapat menjalankan banyak proses bersama – bersama.

Kelebihan & Kekurangan dari Quad Core Processor

Teknologi prosesor quad core memang jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan prosesor dual core, terutama dalam kelancaran dan kecepatan respon yang diberikannya.

Saat ini Quad Core sudah banyak digunakan untuk berbagai macam kebutuhan industri komputasi berbasis desktop atau mobile.

Prosesor berbasis Quad Core dapat ditemukan di perangkat komputasi berbasis desktop atau mobile.

Tetapi masih ada perbedaan antara prosesor laptop dan PC yang harus kita ketahui, dan juga perbedaan antara kotak prosesor dan baki.

Di bawah ini akan ada penjelasan yang lebih rinci tentang kekuatan dan kelemahan prosesor quad core.

Akankah semua prosesor quad core dapat menjalankan semua kebutuhan yang serba tinggi seperti bermain game berat dan rendering? Tentu saja bagi anda itu tidak cukup.

Mengapa? Karena ada 2 alasan sederhana yang akan menambah waktu (rendering yang memakan waktu lama).

Dan bermain game akan tertinggal jika Anda hanya mengandalkan quad core dan tidak memberikan daya yang cukup untuk sektor grafis, yaitu kartu grafis eksternal.

Kali ini kita akan membahas tentang quad core pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan prosesor quad core ini.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki, teman? Sekarang untuk mengetahuinya, mari kita simak ulasan berikut.

Kelebihan Quad Core

1.Mendukung Multithread

Proses multithreading membuat Quad core dapat menjalankan banyak proses pada satu waktu dan banyak aplikasi atau game untuk berjalan secara bersamaan, dan memberikan tampilan grafik yang berkualitas baik.

2. Rendering Lebih Baik

Jika semakin baik kemampuan untuk membuat grafik, waktu prosesor untuk memproses grafik RAW menjadi grafik yang dibentuk akan lebih cepat.

Quad Core ini memiliki kemampuan rendering grafik yang cukup bagus.

3. Kualitas Grafis Lebih Baik

Grafik permainan dan video lebih baik dilihat dari segi kualitas dan tekstur. Karena memiliki keunggulan untuk mengolah data dengan benar.

Dan mampu mengoptimalkan dan menyinkronkan kecepatan jam dan kerja sistem GPU pada sistem motherboard.

4. Penanganan Thumbnail dan Image Cache Lebih Baik

Dapat menampilkan banyak foto lebih cepat daripada sistem tunggal atau dual-core.

Manfaat yang sama dapat diperoleh tidak hanya dari PC desktop dan laptop, tetapi juga untuk perangkat seluler seperti tablet dan smartphone.

5. Lebih Stabil Saat Melakukan Multitasking

Kualitasnya sangat baik karena dapat menjalankan banyak tugas pada satu waktu bersama – secara stabil

Dan mampu menjaga setiap proses menjadi tidak stabil sehingga berjalan secara stabil dan tidak crash (menutup dengan sendirinya).

6. Orientasi yang Baik Pada Pemrosesan Grafis

Pemrosesan grafik adalah pilihan terbaik untuk prosesor ini, perangkat lunak Adobe Photoshop, GIMP, atau Blender dapat berjalan sangat baik pada prosesor ini.

Karena memiliki optimasi GPU yang ditawarkan oleh prosesor ini. Nah untuk sobat yang bergelut di bidang grafis sangat cocok untuk menggunakan prosesor berbasis Quad Core ini.

Kekurangan Quad Core

1. Biaya Cukup Mahal

Biaya harus seimbang dengan fungsi dan kualitas yang disediakan prosesor ini. Belum lagi dukungan dari kemampuan GPU yang baik membuat harga yang ditawarkan masuk akal dan cukup tinggi.

2. Masa Pakai Baterai Lebih Pendek

Daya tahan baterai tergantung pada pola penggunaan aplikasi, sistem ini dapat menguras baterai cukup besar, sehingga daya tahan baterai lebih pendek.

Karena kemampuan pemrosesan data prosesor cukup ketat, sehingga kebutuhan daya atau daya yang digunakan prosesor ini cukup besar.

3. Dukungan Perangkat Lunak dan Perangkat Keras Mungkin Terbatas pada Tahun-tahun Berikutnya

Penggunaan di masa depan atau di masa mendatang mungkin terbatas karena arsitektur prosesor Quad Core.

Dan mungkin beberapa pertimbangan teknis lainnya membuat prosesor ini tidak ditujukan untuk prosesor masa depan, meskipun kita sudah tahu bahwa prosesor ini adalah prosesor yang unggul dan kuat.

4. Kompatibilitas Perangkat Keras

Prosesor multi-core kompatibel dengan beberapa motherboard. Membeli Quad Core CPU juga tidak hanya membutuhkan motherboard yang kompatibel.

Tetapi juga perangkat keras dan periferal lain yang dapat bekerja selaras dengan prosesor ini.

5. Ketersediaan Dukungan Perangkat Lunak

Tidak semua perangkat lunak dapat bekerja secara optimal dalam mengoptimalkan fungsi dan kemampuan prosesor.

Jadi Vendor Software perlu melakukan algoritma pemrograman khusus untuk dapat memanfaatkan multithreading dari prosesor Quad Core.

Sehingga dapat memaksimalkan empat core yang dibawa oleh prosesor tipe Quad Core ini.

6. Tidak Terampil Dalam Memproses Angka

Prosesor Quad Core ini lebih ahli dalam pemrosesan grafis daripada pemrosesan numerik, karena kemampuannya untuk memprioritaskan optimasi GPU daripada ALU (Arithmatic Logic Unit).

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Quard Core: Kelebihan dan Kekurangan dari Quard Core, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam memahami kelebihan dan kekurangan dari quard core.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Tentang GPS

Dinda
1 min read

Call Center Siloam

Dinda
2 min read
SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id