Perbedaan Sistem Operasi Unix dan Linux

2 min read

Perbedaan Unix dan Linux + Pengertian Sistem Operasi Unix dan Linux – Ketika kita berbicara tentang dunia komputer, tentu tidak jauh dengan nama OS (Sistem Operasi). Sistem operasinya seperti kehidupan komputer atau laptop itu sendiri.

Tanpa OS, laptop tidak akan dapat berfungsi secara optimal. Dan ketika kita berbicara tentang sistem operasi, Anda mungkin langsung memikirkan Windows.

Ini memang masuk akal karena Windows bisa dibilang OS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bahwa ada juga OS bernama Unix dan Linux?

Mungkin Anda sudah cukup akrab dengan OS Linux tetapi juga mungkin masih asing dengan nama Unix.

Kedua OS memiliki nama yang bisa dikatakan hampir mirip, apa hubungan keduanya? Dalam hal popularitas, Linux mungkin lebih dikenal oleh orang awam dan yang telah lama bergelut di dunia komputer.

Namun sebenarnya Unix sendiri juga tidak kalah dan banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Mari kita bahas lebih lanjut untuk mengetahui pemahaman dan perbedaan antara Unix dan Linux.

Apa Itu Unix?

Unix adalah sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Ken Thompson, Dennis Ritchie dan beberapa programmer lainnya. Unix kemudian terus dikembangkan oleh AT&T Bell Labs.

Sistem operasi yang satu ini sengaja dibuat dan dirancang untuk digunakan multiuser, portable dan juga bisa melakukan multitasking.

Berbeda dengan OS pada umumnya, Unix lebih banyak digunakan untuk server dan workstation. Ini adalah perbedaan besar antara Unix dan Linux.

Selain itu dibandingkan dengan Linux, Unix memiliki kompatibilitas yang jauh lebih tinggi sehingga dapat dimodifikasi dan dikembangkan lebih mudah.

Ini menghasilkan banyak varian OS berbasis Unix, salah satu yang paling terkenal adalah Linux. Ya, Linux adalah OS yang berasal dari Unix sendiri. Hubungan kedua seperti ayah dan anak.

Apa Itu Linux?

Seperti yang kami sebutkan di atas, Linux adalah sistem operasi yang berasal dari pengembangan varian Unix.

OS ini dibuat dan dikembangkan oleh Linus Torvalds, awalnya ditujukan untuk mengakses server dari universitas tempat ia belajar berbasis Unix.

Dikatakan juga bahwa Linux sebenarnya mengembangkan atau mengkloning dari versi Unix lain yang disebut MINIX.

Karena Linux dikembangkan dari Unix, tidak heran ada banyak kesamaan antara 2 OS ini. Namun meski begitu tidak ada sedikit perbedaan yang dimiliki oleh Linux dan Unix.

Seperti disebutkan di atas, Unix lebih sering digunakan untuk kebutuhan server. Sedangkan Linux lebih mirip dengan windows yang digunakan untuk kebutuhan komputer pribadi.

Tetapi tidak seperti Windows, Anda bisa mendapatkan OS Linux ini secara gratis.

Banyak aplikasi untuk Linux didistribusikan secara gratis, tetapi dibandingkan dengan windows jumlah perangkat lunak mereka masih lebih rendah.

Perbedaan antara Unix dan Linux

Perbedaan Unix dan Linux

Untuk lebih memahami apa perbedaan antara sistem operasi Unix dan Linux, silakan baca daftar di bawah ini:

  • Unix pada awalnya dibuat untuk digunakan pada komputer besar seperti mainframe atau superkomputer.
  • Sementara Linux adalah varian lain dari Unix yang ditujukan untuk keperluan komputer pribadi.
  • Tidak seperti Linux yang bisa Anda dapatkan secara gratis, untuk menggunakan Unix Anda harus membelinya.
  • Dalam hal kinerja, Linux dapat memproses lebih cepat dari Unix pada spesifikasi perangkat keras yang sama.
  • Jika digunakan untuk komputer biasa, Unix akan menghabiskan lebih banyak ruang hard disk dibandingkan dengan Linux.

Kesimpulan: Sekarang kita akan meringkas apa yang membedakan sistem operasi Unix dan Linux.

Dalam hal penggunaan Linux lebih sering digunakan untuk keperluan pribadi, sedangkan Unix lebih cocok jika digunakan untuk workstation dan server.

Untuk keamanan, mungkin Linux lebih unggul dan lebih tahan terhadap serangan berbagai virus dan malware.

Tetapi Unix memiliki kelebihan karena bisa menjadi server atau database yang baik. Dari ini Unix memiliki nilai komersial yang lebih baik, sedangkan Linux dapat diperoleh secara gratis.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Perbedaan Unix dan Linux + Pengertian Sistem Operasi Unix dan Linux, semoga dapat membantu anda dalam memahami perbedaan antara sistem operasi unix dan linux.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Tentang GPS

Dinda
1 min read

Call Center Siloam

Dinda
2 min read
SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id