Penyebab Baterai Ponsel Lama Penuh

2 min read

7 Penyebab Baterai Ponsel Lama Penuh Saat di Cas Pada Android – Smartphone adalah perangkat yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan smartphone dapat membantu kita dalam berbagai kegiatan misalnya, berbelanja, membayar tagihan, memesan tiket, memesan hotel dan banyak lagi.

Semua hal ini dapat dilakukan secara online melalui smartphone kapan saja, di mana saja.

Masalah paling umum yang menyebalkan pada smartphone ini adalah ketika tiba-tiba baterai smartphone kita mengalami lowbath.

Apalagi ketika kita berada di luar ruangan karena kita sedang melakukan kegiatan, tentu saja itu akan mengganggu proses komunikasi.

Memang, keberadaan bank daya cukup membantu, tetapi keberadaan bank daya tidak sepenuhnya dapat diandalkan karena memiliki kapasitas daya yang terbatas.

Jika ini terjadi, Anda harus mengisinya langsung dari stopkontak. Tetapi masalahnya adalah kita tidak tahu berapa lama baterai smartphone kita terisi penuh.

Penyebab Pengisian Baterai Ponsel Android Terlalu Lama

Baterai Ponsel Lama Penuh

Nah di artikel ini kami akan membahas tentang 7 penyebab pengisian baterai smartphone lama. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa merujuk ke ulasan berikut.

1. Charger Adapter yang Digunakan

Adaptor pengisi daya yang menggunakan USB tambahan memiliki kapasitas adaptor yang berbeda karena perbedaan tegangan, watt, arus listrik, dan daya umum.

Secara umum, setiap smartphone harus memiliki adaptor yang berbeda. Pastikan bahwa jika Anda ingin mengisi daya ponsel cerdas Anda, gunakan adaptor asli yang cocok untuk ponsel cerdas Anda.

2. Kabel USB Bermasalah

type usb

Masalah dengan kabel USB yang Anda gunakan untuk mengisi daya juga dapat memengaruhi waktu pengisian daya. Karena itu pastikan kabel USB yang Anda gunakan dalam kondisi baik dan normal.

Pastikan bahwa jika Anda mengisi daya ponsel cerdas, kabel USB yang tidak terpuntir, melingkar, memutar singa dapat menghambat proses pengisian daya ponsel cerdas Anda.

3. Sumber Daya yang Digunakan

Jika proses pengisian daya smartphone dilakukan dengan menghubungkannya ke laptop atau komputer, tentu akan lebih lama daripada menghubungkannya ke listrik PLN.

Sama halnya dengan teknologi nirkabel, teknologi ini terkadang bahkan lebih cepat daripada mencolok kanya ke listrik PLN.

Jika ponsel cerdas yang Anda gunakan terbiasa menggunakan adaptor 2 ampere, maka jika Anda mengisi daya dengan adaptor lain yang berbeda, tentu saja, itu akan mempengaruhi proses pengisian daya ponsel cerdas Anda.

4. Perilaku Pengguna

pengguna android

Periksa lagi kebiasaan Anda saat mengisi daya ponsel cerdas. Bermain game, seperti Candy Crush, saat mengisi daya dapat membuat kinerja pengisian daya menjadi lambat.

Karena komponen yang mengkonsumsi baterai terbesar adalah layar, sedangkan layar bekerja secara intensif saat bermain game.

Solusinya, jika Anda ingin mengisi daya dengan cepat, maka jangan gunakan smartphone bersamaan dengan proses pengisian.

5. Aplikasi Latar Belakang

Meskipun tidak terlihat di layar, ada aplikasi yang berjalan secara otomatis di backgound. Aplikasi ini mengkonsumsi daya dalam jumlah yang bervariasi.

Jika ternyata daya yang dikonsumsi sangat besar, dampaknya akan membuat proses pengisian menjadi lambat. Solusinya adalah membuka kolom task manager dan menghentikan atau menghapus aplikasi.

6. Baterai Rusak

Kemungkinan penyebab lain dari pengisian yang lambat adalah baterai yang rusak. Kadang-kadang kerusakan ini merupakan cacat bawaan, ada juga kemungkinan kerusakan karena usia penggunaan.

Pada perangkat tertentu, seperti LG G4, Samsung Galaxy S5 atau Note 4, baterai dapat diganti dengan mudah.

Sementara di seri lain seperti seri Samsung Galaxy Note 5, S6 atau Moto X, yaitu menggunakan desain unibody sehingga saat penggantian baterai harus dilakukan oleh tim perbaikan dari masing-masing pabrikan.

Jika rusak karena cacat produksi, Anda dapat mencoba menghubungi produsen ponsel cerdas dan mencari tahu tentang prosedur penggantian baterai.

Atau solusi lain, bawa saja ke pusat perbaikan ponsel cerdas dan tukarkan dengan baterai baru.

7. Smartphone Itu Sendiri

Alasan untuk mengisi baterai smartphone yang lama terisi penuh, yang mungkin dari smartphone itu sendiri.

Salah satu hal yang dapat memengaruhi proses pengisian daya smartphone adalah prosesor yang digunakan oleh smartphone tersebut.

Prosesor yang lebih baru yang digunakan pada semartphone tentu akan mempengaruhi kecepatan saat mengisi daya smartphone itu sendiri.

Pada saat ini hampir semua smartphone terbaru dilengkapi dengan fitur Quick Charge.

Fitur Quick Charge adalah fitur yang memungkinkan pengisian daya pada smartphone hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat. Bahkan ada smartphone yang dapat mengisi daya hingga 50% hanya dalam 15 menit.

Penutup

Demikian lah artikel kami tentang 7 Penyebab Baterai Ponsel Lama Penuh Saat di Cas Pada Android, semoga dapat menambah pengetahuan dan membantu anda dalam mengatasi baterai ponsel anda.

Terima kasih telah membaca dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Penyebab Baterai Lama Penuh?

Salah satu penyebabnya yaitu adanya kerusakan pada kabel USB.

Apa Itu Quick Charge?

Quick Charge adalah fitur yang memungkinkan pengisian daya pada smartphone yang hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat.

Solusi Menghemat Baterai?

Salah satu solusinya yaitu dengan cara mengurangi intensitas penggunaan aplikasi secara bersamaan.

Call Center Siloam

Dinda
2 min read

Cara Membuat Stiker WhatsApp

Dinda
1 min read