Pengertian WWW (World Wide Web)

3 min read

Pengertian WWW (World Wide Web): Sejarah dan Fungsi WWW – Kalian para pengguna android atau komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan internet, setiap harinya pasti kalian tak henti-henti mengaksesnya.

Kali ini kami tidak akan berbicara tentang internet, melainkan salah satu protocol internet yaitu www.

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa setiap kali kita menggunakan dan mengakses internet pasti kita sering menjumpai tulisan www.

Pada saat kita akan mengakses sebuah situs tertentu, awalan dari situs tersebut adalah www.

Meskipun kalian sering menjumpai dan sering menggunakan www, apakah kalian tahu apa itu www? Dan apa fungsi dari www ini bagi internet?

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah ulasan mengenai Pengertian WWW serta fungsi dan sejarah www dari masa ke masa. Kalian yang belum tahu apa itu www, bisa menyimak ulasan berikut ini.

Apa Itu WWW

Pengertian WWW

Berikut ini merupakan Pengertian WWW atau world wide web yang perlu anda ketahui.

WWW merupakan sebuah singkatan dari World Wide Web, www adalah sebuah istilah yang diberikan pada seluruh bagian internet yang diakses melalui browser web, seperti chrome, internet exploler, mozila firefox, opera, dll.

WWW terdiri atas banyak sekali situs, dimana setiap web atau situs memiliki halaman yang sangat banyak juga.

Situs dan halaman web tersebut ada dan tersebar di dunia dengan menggunakan server yang terhubung ke jaringan internet.

Keuntungan menggunakan www adalah kita bisa memunculkan sebuah hyperlink. Apabila kita Cuma menuliskan isikuota.co.id maka tidak ada hyperlink di tulisan tersebut.

Tapi apabila kita menuliskan www.isikuota.co.id maka akan muncul sebuah hyperlink yang apabila kita klik akan langsung menuju ke situs tersebut, biasanya hyperlink ini ditandai dengan warna biru.

Untuk memudahkan dan memperbanyak pengunjung situs atau website, maka mereka orang-orang yang merancang situs akan meletakan banyak sekali hyperlink pada situs-situs mereka supaya pengujung dari situs mereka berkembang dan semakin banyak.

Sejarah WWW

Sampai sekarang ini www masih tetap digunakan untuk hal penjelajahan di internet, www ini ternyata memiliki sebuah sejarah tersendiri lho.

Sampai berkembang dan banyak digunakan seperti sekarang, www memiliki sejarah yang cukup panjang.

Berikut ini adalah sejarah singkat mengenai perkembangan www dan peristiwa penting di dalamnya dari masa ke masa.

  • 1989: Tim dari Spanduk Lee yang merupakan anggota CERN di Jenewa mengusulkan protokol internet yang berfungsi sebagai sistem distribusi informasi, dan memungkinkan keberadaan sistem yang dapat digunakan untuk berbagai informasi, bahkan dapat menampilkan informasi dalam bentuk gambar dan video grafik dan menyebar ke seluruh dunia.
  • 1990: Tahun ini Tim Banners Lee menulis atau mendesain tiga teknologi dasar berbasis web, teknologi ini masih digunakan sampai sekarang: HTTP (Hypertext Transfer Protocol), HTML (Hypertext Markup Language), dan URL (Uniform Resource Locator).
  • 1991: Spanduk Lee menemukan protokol internet WWW, awalnya digunakan untuk penelitian dan kompilasi arsipnya sendiri, tetapi kemudian setelah itu dikembangkan oleh Equire, dari sana awal dan cikal bakal kehadiran WWW. Melalui Equier Banners, tim Lee berhasil menciptakan jaringan arsip terkait yang dapat memfasilitasi pencarian informasi yang diinginkan.
  • 1993: Tahun ini browser web grafis dibuat yang dapat digunakan untuk sistem X-Windows dan bernama Mosaic, browser web ini dibuat oleh Marc Andersen dan timnya dari NCSA. Setelah Mosaic tiba, browser web ini menjadi populer dan banyak digunakan oleh pengguna lama dan baru.
  • 1994: Tahun ini Andersen, yang merupakan pembuat Mosaic, membuat dirinya jauh dari NSCA, dan bersama dengan Jim Clark, mereka membuat Netscape, yang menggantikan popularitas Mosaic sebagai browser web. Tahun ini CERN dan MIT juga membentuk konsorsium yang disebut W3C atau World Wide Web yang bertujuan untuk menetapkan standar untuk teknologi web.
  • 1995: Pada akhir 1995, ada sekitar 300.000, ini telah meningkat tajam dibandingkan tahun lalu dengan hanya 50 situs web. Dan tahun ini WWW juga berhasil menggantikan FTP, dan menjadi jaringan dengan lalu lintas tertinggi di internet.
  • 2009: Dan tahun ini Tim Spanduk Lee membangun organisasi World Wide Web Foundation, organisasi ini bertujuan untuk berbagi web terbuka dengan seluruh komunitas.

Fungsi WWW

Jika dilihat dari fungsinya, www memiliki cukup banyak fungsi, tetapi secara umum fungsi www adalah sebagai sumber yang menyediakan informasi dan data yang dibutuhkan oleh pengguna internet.

WWW menghubungkan pengguna internet ke berbagai situs web sehingga pengguna dapat membuka dan mendapatkan informasi, dokumen, dan hal-hal yang diperlukan.

WWW umumnya memiliki empat layanan, yaitu mesin pencari, server email web, portal, dan hosting web.

1. Mesin Pencari

Karena meningkatnya jumlah situs web, jadi jika kita ingin menemukan sesuatu, orang memerlukan alat pencarian untuk membuatnya lebih mudah untuk menemukan sesuatu yang mereka inginkan.

Hanya dengan mengetikkan kata kunci tentang apa yang ingin kita temukan, mesin pencari akan mencari dan menampilkan situs web yang memiliki kata kunci ini.

Sehingga memudahkan kita untuk mencari informasi. Mesin pencari paling populer saat ini adalah Google, selain Google ada juga mesin pencari lain seperti Yahoo, search, dan bing.

2. Web Hosting

Layanan ini adalah layanan yang biasa digunakan untuk pemilik situs web. Web Hsoting dapat disamakan dengan tanah untuk disewakan, sehingga pemilik situs web dapat meletakkan barang-barang di sana.

Ada hosting berbayar dan ada pula yang gratis, gratis, biasanya disediakan oleh blog atau platform situs web seperti blogger.com atau wordpress.com.

Sedangkan untuk hosting berbayar, Anda dapat membelinya di situs web tempat layanan hosting tersebut, salah satunya adalah www.rocketnesia.com.

3. Server Email Web

Layanan ini adalah layanan untuk mengirim email secara gratis, apakah itu surat untuk melamar pekerjaan, surat pribadi, bahkan surat untuk tujuan bisnis.

Sekarang, hampir semua orang memerlukan layanan server email web untuk mengirim email, kali ini dan server email gratis.

Untuk membuat akun email, Anda memiliki beberapa opsi untuk membuatnya, yaitu www.gmail.com, www.yahoo.com, dan lainnya.

4. Portal

Di portal terdapat berbagai jenis layanan yang disediakan, misalnya portal dari www.yahoo.com.

Mereka menyediakan banyak layanan selain layanan email, ada juga pusat layanan berita yaitu Yahoo News, Yahoo Messenger Chat Service, dan layanan tanya jawab bernama Yahoo Answer

5. Media Sosial

Ada banyak medali sosial yang bisa kita gunakan, umumnya media sosial saat ini dipegang oleh raksasa media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan banyak lagi.

Mungkin banyak juga yang hanya tahu bahwa media sosial adalah sebuah aplikasi, walaupun itu adalah hal yang salah.

Secara umum media sosial tentu memiliki situs web, seperti Facebook yang menjadikan aplikasi Facebook program tambahan, tetapi tetap menjadi facebook.com utama.

Ini karena suatu merek membutuhkan situs web resmi yang jelas dan terkenal, bukan hanya karena penerapannya.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian WWW (World Wide Web): Sejarah dan Fungsi WWW, semoga dapat membantu anda dalam memahami apa itu www.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Tentang GPS

Dinda
1 min read

Call Center Siloam

Dinda
2 min read
SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id