Pengertian WiFi Lengkap

2 min read

Pengertian WiFi Lengkap: Sejarah, Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan – Pada zaman dulu, kebutuhan dasar manusia terdiri dari 3 macam, yaitu pakaian, makanan dan tempat tinggal.

Namun di era modern ini, tampaknya kebutuhan ini akan bertambah satu, yaitu internet. Kenapa kami mengatakan itu? Lihatlah kehidupan manusia saat ini, di setiap sisi internet telah memainkan peran yang sangat penting.

Keberadaan internet ini juga memberi banyak kemajuan menuju peradaban manusia.

Ada beberapa cara bagi kita untuk dapat mengakses jaringan dan menjelajahi internet. Beberapa orang biasanya menggunakan layanan jaringan seluler dari beberapa penyedia.

Namun banyak juga yang sudah beralih ke teknologi wifi yang menurut mereka memiliki banyak kelebihan.

Apa sebenarnya arti dari wifi? Kali ini kami akan memberikan penjelasan singkat tentang definisi, fungsi dan cara kerja teknologi wifi.

Jika Anda pengguna internet aktif, tentu saja Anda mengenal istilah wifi. Nah, jika Anda tahu wifi, tentu saja Anda juga tahu area Hostpost? Berikut ini merupakan pengertian dari wifi yang perlu anda ketahui.

Apa Itu Wifi?

Pengertian WiFi

Wireless Fidelity atau lebih dikenal dengan wifi adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan kita untuk bertukar data.

Agar dapat terhubung ke jaringan seperti internet, perangkat harus berada dalam titik akses (area hotspot). Luasnya area yang dapat dicakup oleh teknologi wifi bervariasi hingga 20 meter atau lebih.

Teknologi wifi ini menggunakan gelombang radio dengan rentang frekuensi 2,4GHz hingga 5 GHz.

Sejarah Wifi

Bagaimana teknologi wifi ini berkembang menjadi sangat populer seperti sekarang ini? Berikut ini adalah sejarah perkembangan wifi yang perlu Anda ketahui:

  • Tahun 1997: Jaringan nirkabel (nirkabel) bernama 802.11 berhasil dibuat oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).
  • Tahun 1999: Kemudian dikembangkan dan dibuat teknologi nirkabel B yang memiliki kecepatan transfer data hingga 11 Mbps. Namun teknologi ini menggunakan gelombang dengan frekuensi 2.4GHz yang sama dengan kebanyakan peralatan lainnya sehingga mudah terputus.
  • Tahun 2003: Kemudian dikembangkan kembali menjadi teknologi G nirkabel di mana kecepatannya bisa mencapai 54 Mbps. Tapi sama seperti versi sebelumnya, masih menggunakan gelombang radio dengan frekuensi 2.4GHz.
  • Tahun 2009: Menciptakan teknologi N nirkabel yang memiliki 2 versi, 2 antena dengan kecepatan hingga 300 Mbps dan 3 antena dengan kecepatan hingga 450 Mbps. Jangkauannya juga lebih luas dari beberapa versi sebelumnya.
  • Tahun 2014: Keberadaan teknologi AC nirkabel dengan pengembangan kecepatan transfer luar biasa antara 500 Mbps hingga 1 Gbps. Versi ini beroperasi pada gelombang radio dengan frekuensi 5GHz.

Manfaat WiFi

Sebelumnya kami membahas masalah definisi dan juga sejarah perkembangannya.

Lalu apa saja fungsi dan manfaat dari teknologi wifi ini? Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan teknologi nirkabel ini. Berikut beberapa fungsi dan penggunaan wifi:

  • Dapat menghubungkan berbagai perangkat ke jaringan tanpa perlu kabel.
  • Dapat digunakan untuk kegiatan pertukaran data lebih cepat dan praktis.
  • Kecepatan transfer data biasanya lebih cepat dari teknologi kabel, sehingga proses memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya lebih mudah.

Cara Kerja Wifi

Teknologi ini memang sangat inovatif dan membawa banyak perubahan. Sekarang kita akan membahas sedikit cara bekerja dari wifi. Sederhananya, data akan dikirim melalui gelombang radio.

Data akan melewati router yang berfungsi sebagai decoder dan penerjemah kode. Kemudian dengan menggunakan Ethernet, data dikirim ke jaringan internet.

Untuk dapat terhubung ke jaringan wifi perangkat harus dilengkapi dengan adaptor nirkabel.

Kelebihan dan Kekurangan Wifi

Selain memiliki banyak kelebihan, teknologi wifi ini juga memiliki beberapa kelemahan. Untuk penjelasan lebih lengkap di bawah ini:

Kelebihan Wifi:

  • Tidak memerlukan kabel untuk dihubungkan ke jaringan.
  • Dapat digunakan oleh berbagai perangkat seperti smartphone, komputer, laptop dan berbagai perangkat lainnya.
  • Kisaran ini bisa dibilang cukup luas dan mudah menjangkau daerah-daerah terpencil.
  • Instalasi lebih mudah daripada jaringan kabel.

Kekurangan Wifi:

  • Tingkat keamanan yang terkadang rentan jika tidak ditangani.
  • Kekuatan sinyal kadang-kadang terganggu oleh cuaca dan iklim di sekitarnya.
  • Area yang dapat dijangkau sangat bervariasi tergantung pada jenisnya.

Perbedaan Wifi dan Hotspot

Perbedaan Wifi dan Hotspot

Pada awalnya, kami juga menyebutkan sedikit masalah hotspot, ketika berbicara tentang wifi, sudah pasti tidak jauh dari hotspot.

Jadi apa perbedaan antara kedua istilah ini? Banyak yang masih belum tahu dan bahkan sering menganggap kedua hal ini sama.

Seperti dijelaskan di atas, wifi adalah teknologi nirkabel yang dapat digunakan untuk bertukar data tanpa menggunakan kabel.

Lalu bagaimana dengan hotspot? Ini adalah istilah yang merujuk pada ‘titik akses’ atau area.

Hotspot adalah istilah untuk area yang dicakup oleh teknologi wifi yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat yang ada ke jaringan internet.

Disinilah istilah hotspot muncul, area yang bisa digunakan untuk terhubung ke jaringan internet.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian WiFi Lengkap: Sejarah, Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan, semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang apa itu wifi.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Tentang GPS

Dinda
1 min read

Call Center Siloam

Dinda
2 min read
SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id