Pengertian UI dan UX

2 min read

Pengertian UI dan UX : Perbedaan User Interface dan User Experience – Dalam dunia pemasaran saat ini, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui strategi dalam melakukan bisnis yang harus Anda lakukan.

Tanpa mengetahui strategi pemasaran, Anda bisa terombang-ambing ketika menjalankan bisnis Anda, sebagai akibatnya Anda gagal membangun bisnis.

Dalam dunia pemasaran digital ada istilah yang disebut Antarmuka Pengguna (UI) dan Pengalaman Pengguna (UX).

Anda Pasti pernah mendengar User Interface dan User Experience, Perbedaan UI dan UX Serta Tujuan UI dan UX, mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar istilah ini.

Tapi tahukah Anda apa Pengertian UI dan UX? Nah, pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi tentang pemahaman User Interfaces (UI) dan User Experience (UX) serta perbedaan antara keduanya. Karena banyak orang menganggap kedua hal ini sama.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa UI dan UX adalah singkatan dari Antarmuka Pengguna dan Pengalaman Pengguna.

Dan merupakan tampilan visual dalam aplikasi atau alat pemasaran digital dalam bentuk situs web yang dapat meningkatkan produk yang Anda miliki atau yang dimiliki perusahaan Anda.

Umumnya perusahaan akan mencari karyawan yang memiliki kemampuan UI dan UX untuk membuat tampilan situs web perusahaan lebih menarik untuk dilihat.

Anda perlu tahu bahwa penampilan situs web sangat memengaruhi tingkat penjualan produk yang Anda jual di situs web.

Apa Itu UI?

User Interface UI adalah cara pengguna berinteraksi dengan desain tatap muka pengguna.

Apa Itu UX?

User Experiment UX adalah konsep untuk membuat kepuasan pengguna, kenyamanan dalam menggunakan program

Perbedaan antara UI dan UX

Pengertian UI dan UX

Meskipun kedengarannya sama, dan juga penampilan yang sama yang digunakan di situs web, tetapi antara UI dan UX adalah dua hal yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasan tentang UI dan UX.

1. User Interfaces (UI)

UI adalah desain antarmuka yang lebih fokus pada keindahan tampilan, pemilihan warna yang tepat, dan hal-hal lain yang dapat membuat tampilan web lebih menyenangkan mata dan membuat pengunjung betah di dalamnya.

UI menciptakan lebih banyak koneksi emosional dengan pengguna melalui desain yang indah dan menarik. UI ini biasanya dilakukan setelah UX selesai dengan mendefinisikan logo, tata letak, warna, tipografi, dan hal-hal lain yang membuat web lebih indah dan indah.

2. User Experience (UX)

Jika UI lebih fungsional untuk membuat tampilan web ecommerce lebih indah dan cantik.

User Experiment adalah desain yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan pengguna / pengunjung situs web melalui kesenangan dan kegunaan yang diberikan saat berinteraksi antara pengguna / pengunjung situs web.

UX membuat situs web e-commerce Anda lebih mudah dan menjadikan web tidak membingungkan bagi pengunjung.

UX dapat dikatakan sebagai keseluruhan elemen situs web termasuk struktur, pengaturan, kemudahan memindahkan satu halaman ke halaman lainnya, dll.

Tujuan Menerapkan Desain UI dan UX

Setelah Anda mengetahui perbedaan antara UI dan UX, maka Anda juga perlu mengetahui tujuan UI dan UX.

UI dan UX memiliki tujuan yang berbeda, UI memiliki tujuan untuk menampilkan desain antarmuka dengan konsistensi dan keseragaman yang baik untuk menutupi font, gambar, warna, dan bentuk visual menarik lainnya.

Sedangkan tujuan UX adalah untuk membuat web mudah bagi pengguna untuk digunakan. UX menjadi jembatan penghubung sehingga UI dapat bekerja bersama dengan sistem.

Keduanya memiliki tujuan untuk memastikan bahwa setiap langkah yang diambil oleh pengguna dapat berjalan dengan lancar, logis, dan jelas.

Agar UI dan UX dapat bermain dengan baik, tentu saja Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan dan kebiasaan pengguna situs web.

Benarkah desain UX memiliki jangkauan yang lebih luas?

Desain UX dapat dikatakan memiliki domain yang cenderung lebih luas dari desain UI dalam hal fungsi. Idealnya, desain UX dimulai dengan penelitian tentang preferensi dan kebiasaan audiens.

Selanjutnya, hasil penelitian diimplementasikan dalam desain antarmuka atau UI. Dengan demikian, desain UX adalah latar belakang desain UI dalam memproduksi produk-produk tertentu pada antarmuka.

Penutup

Nah, itulah sedikit penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada Anda tentang pemahaman antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna.

Semoga apa yang saya katakan ini bermanfaat dan akan menambah pengetahuan Anda sehingga Anda bisa membedakan antara UI dan UX.

Namun pada dasarnya kedua hal ini adalah perang yang sangat penting dalam sebuah situs web e-commerce. Tanpa dua hal ini pengunjung tidak akan puas dan merasa nyaman di situs web e-commerce Anda.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu UX?

User Experiment UX adalah konsep untuk membuat kepuasan pengguna, kenyamanan dalam menggunakan program

Apa Itu UI?

User Interface UI adalah cara pengguna berinteraksi dengan desain tatap muka pengguna.

Perbedaan UI dan UX?

UI adalah desain antarmuka yang lebih fokus pada keindahan tampilan, pemilihan warna yang tepat sedangkan UX adalah desain yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan pengguna.

Call Center LinkAja

Dinda
1 min read

Call Center BCA Finance

Dinda
2 min read

Call Center ShopBack

Dinda
1 min read
SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id