Pengertian Spreadsheet Lengkap

3 min read

Pengertian Spreadsheet Lengkap: Fungsi dan Contoh Aplikasi Spreadsheet – Spreadsheet adalah istilah yang akrab untuk dibahas di era teknologi saat ini. Bahkan dapat dikatakan bahwa spreadsheet banyak digunakan oleh banyak orang.

Tetapi meskipun banyak yang mengerti bahkan telah menggunakan spreadsheet tetapi masih ada beberapa orang yang tidak mengerti dengan baik tentang arti dari spreadsheet itu sendiri.

Jika kita mengerti arti spreadsheet menurut kalimatnya. Spreadsheet sendiri sebenarnya memiliki arti yaitu prosesor angka.

Jika kita mendengar kalimat itu, tentu saja prosesor angka sudah dapat dibayangkan dalam benak kita seperti apa prosesor angka itu.

Namun dalam hal jumlah prosesor itu sendiri tidak mencakup pemahaman luas dari spreadsheet.

Dalam artikel ini kami akan memberikan pemahaman yang lebih lengkap tentang spreadsheet. Berikut ini merupakan pengertian spreadsheet yang perlu anda ketahui.

Apa Itu Spreadsheet

Pengertian Spreadsheet

Berikut ini, kami akan menerangkan dan menjelaskan beberapa jenis pemahaman tentang spreadsheet yang berasal dari semua jenis informasi yang telah dirangkum.

Pengertian Spreadsheet adalah aplikasi atau program komputer yang digunakan untuk memanipulasi, menangkap, dan menampilkan data yang disusun dalam kolom dan baris.

Spreadsheet juga merupakan selembar kertas yang berisi data dalam bentuk baris dan kolom dalam akuntansi.

Jika Anda pengguna komputer atau laptop tentu akrab dengan spreadsheet dan pemrosesan angka. Di komputer sendiri spreadsheet berisi tabel yang berisi kolom dan baris.

Yang di dalam tabel berisi nilai-nilai yang sudah saling berhubungan jika satu nilai diubah maka secara otomatis nilai di tabel lain juga perlu diubah.

Spreadsheet dalam program aplikasi dapat digunakan untuk membuat dan mengatur atau memanipulasi lembar kerja yang dikerjakan secara elektronik.

Spreadsheet itu sendiri mempunyai fungsi untuk membuat laporan keuangan, penjualan, pembelian, menghitung rumus, membuat tabel lembar kerja, dan banyak lagi.

Ruang item data atau bisa disebut sel adalah salah satu komponen dalam spreadsheet. Contoh pengguna seperti B1, B2, B3.

Hubungan antara satu sel dengan sel lainnya yang ada di sekitarnya memiliki hubungan yang saling terkait atau bisa dibilang sangat absolut.

Spreadsheet sangat berbeda dari basis data. Spreadsheet tidak menawarkan kueri untuk basis data dan juga tidak menyediakan item data dan struktur data yang dapat dilabeli sebagai basis data.

Jadi inilah yang menyebabkan spreadsheet berbeda dari basis data. Secara garis besar, pengertian spreadsheet di atas, kita juga harus tahu siapa penemu spreadsheet itu sendiri.

Bob Frankston dan rekannya Daniel Bricklin adalah dua tokoh yang memelopori spreadsheet untuk pertama kalinya.

VisiCalc adalah aplikasi spreadsheet untuk pertama kalinya yang memiliki arti “To Be Visible Calculator” dan kemudian aplikasi berikutnya yang disebut Lotus 1-2-3 muncul setelah itu datang aplikasi Microsoft Excel.

Microsoft Excel memiliki kelebihan dalam grafis yang cukup baik. Sekarang Micorosft Excel dan Lotus 1-2-3 adalah program spreadsheet paling populer.

Fungsi Spreadsheet

Secara umum, aplikasi pengolah angka spreadsheet memiliki fungsi memproses data-data berbentuk angka. Tapi, jika dijabarkan lebih lanjut aplikasi spreadsheet memiliki banyak fungsi termasuk:

  • Membantu dalam membuat tabel data.
  • Mampu mengelola angka dalam bentuk grafik.
  • Dapat digunakan dalam istilah statistik.
  • Membantu membuat lembar kerja.
  • Dapat digunakan untuk bekerja dalam masalah ilmiah.
  • Memfasilitasi perencanaan.
  • Dapat digunakan untuk mengolah data disertai dengan database, grafik, rumus, dan sebagainya.

Contoh Aplikasi Spreadsheet

Meskipun aplikasi pengolah angka atau spreadsheet memiliki fungsi yang sama untuk memproses angka, masih ada kegunaan, fungsi, dan fungsi yang berbeda di setiap aplikasi.

Berikutnya kami akan menjelaskan beberapa contoh aplikasi pengolah angka spreadsheet, lihat penjelasan di bawah ini.

1. Lotus 123

Aplikasi Lotus 123 adalah aplikasi pemrosesan angka yang tergabung dalam paket dengan Office yang kemudian disebut Lotus SmartSuite, aplikasi Lotus 123 diterbitkan oleh IBM.

Awal dari perangkat lunak Lotus 123 hanya dapat digunakan dalam sistem operasi DOS, tetapi seiring dengan perkembangannya.

Aplikasi Lotus 123 dapat digunakan dalam sistem operasi Windows yang disebut Lotus 123 untuk Windows, yang kemudian program mulai menjadi populer di tahun 80-an.

2. Abacus

Abacus adalah program pemrosesan nomor spreadsheet berikutnya yang akan kami jelaskan.

Asal usul sempoa sebenarnya adalah proyek dari sekelompok siswa yang belajar di Universitas IST Portugal yang dibom oleh Prof. Arlindo Oliveira.

Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan penyimpanan memori kecil dan penggunaannya juga mudah.

3. Microsoft Excel

Aplikasi ini adalah aplikasi yang menurut kami sangat populer dan bagi Anda yang sering bermain laptop atau komputer, sudah pasti akrab dengan aplikasi ini.

Microsoft Excel adalah salah satu contoh aplikasi spreadsheet yang dirilis di bawah naungan aplikasi Mocrosoft Corporation yang dapat dioperasikan di bawah sistem operasi Mac OS dan Windows.

Karena popularitas aplikasi ini tidak mengherankan, program pemrosesan nomor Microsoft Excel semakin banyak pengguna bahkan menyesuaikan pengguna smartphone.

Karena smartphone sedang booming sekarang, Microsoft Excel sudah ada di smartphone tempat Anda dapat mengunduh aplikasi secara gratis di Google Playstore.

4. GNOME – Office Gnumeric

Aplikasi berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Gnumeric yang merupakan aplikasi open source yang masih dalam satu penggunaan Kantor GNOME.

Keuntungan dari program pengolah angka ini adalah tampilannya ramah pengguna sehingga mudah digunakan dan juga menu menu aplikasi yang berisi bilah alat menambah kemudahan aplikasi ini saat digunakan.

5. Open Office Calc

Aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan adalah Open Office Calc yang merupakan aplikasi pemrosesan angka yang memiliki banyak kegunaan dan bersifat open source.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan perhitungan, menampilkan data yang diproses dalam bentuk grafik, dan juga dapat digunakan untuk memproses data yang disajikan dalam bentuk spreadsheet.

Ketika kami menggunakan Open Office Calc dan membuka program pemrosesan nomor spreadsheet ini.

Tiga lembar akan secara otomatis muncul bernama Sheet1, Sheet2, Sheet3 yang penampilannya bisa dibilang sedikit mirip dengan tampilan Microsoft Excel.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian Spreadsheet Lengkap: Fungsi dan Contoh Aplikasi Spreadsheet, semoga dapat membantu anda dalam memahami apa itu spreadsheet.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Tentang GPS

Dinda
1 min read

Call Center Siloam

Dinda
2 min read