Pengertian Recovery Data

3 min read

Pengertian Recovery Data: Cara Recovery dan Fungsi Recovery – Saat menggunakan komputer, tentu saja Anda melakukan berbagai aktivitas sesuai dengan komponen yang ada di komputer.

Salah satu komponen penting yang ada di komputer adalah System Recovery. Pemulihan Sistem memiliki fungsi khusus dalam hal pemulihan komputer.

Jika kita membahas pemulihan, itu akan mengarah pada penggunaan data dan sistem komputer. Penggunaan data di sini lebih ke arah pemulihan cadangan, yang biasanya terjadi di Microsoft Office, yang juga sering kita temui.

Tetapi kami akan lebih fokus pada pemulihan pada sistem terlebih dahulu, karena pada dasarnya keduanya memiliki prinsip kerja yang hampir sama.

Dalam penggunaan komputer sehari-hari, Anda pasti pernah mengalami kondisi di mana komputer terinfeksi virus atau rusak, komputer tertinggal atau hang karena penggunaan komputer terlalu lama sehingga data hilang atau tidak bisa lagi dibuka.

Ini mirip dengan ketika membuat dokumen melalui Microsft Office tetapi kesalahan data sebelum disimpan karena program berhenti tiba-tiba.

Jika Anda mengalami hal di atas tentu akan sangat merepotkan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir lagi karena pada artikel ini kita akan membahas solusinya, yaitu dengan menggunakan Recovery atau yang biasa disebut dengan System Recovery.

OK, berikut ini akan kami jelaskan pengertian tentang Recovery dan fungsi Recovery ini.

Pengertian Recovery Data

Pengertian Recovery Data

Sebelum kita membahas Recovery, Anda harus tahu apa itu Backup dan Restore terlebih dahulu karena ini sangat terkait erat. Proses pencadangan terkait erat dengan menyalin atau menggandakan data.

Apa Itu Backup?

Backup adalah kegiatan untuk menyalin file atau data kalau-kalau ada file yang terhapus secara tidak sengaja.

Apa Itu Restore?

Sementara Restore adalah proses memulihkan file atau data yang dihapus, fungsi ini biasanya di Recycle Bin. Pada dasarnya file yang dihapus masih tersimpan di komputer yang ada di Recycle Bin.

Apa Itu Recovery Data?

Proses Recovery data adalah proses memulihkan atau mengembalikan kesalahan atau sistem bermasalah ke kondisi semula sebelum masalah.

Untuk Recovery di komputer, ini lebih sering ditemui ketika masalah terkait dengan kesalahan sistem dan masalah karena virus dan lain-lain.

Penyebab lain juga dapat disebabkan oleh faktor kesalahan manusia seperti durasi komputer yang berlebihan dan kegagalan fungsi pada perangkat seperti hard disk dan sebagainya dapat menyebabkan sistem Anda melakukan kesalahan.

Metode ini sangat aman untuk digunakan dan cocok untuk Anda yang tidak menggunakan antivirus di komputer Anda. Metode ini juga efektif untuk menangani komputer yang memiliki virus bandel dan tidak dapat dihapus.

Anda dapat mengembalikan sistem ke kondisinya sebelum terkena virus. Dengan catatan Anda telah melakukan pencadangan. Fungsi antivirus adalah untuk mencegah dan menghilangkan virus, trojan, malware, dll.

Agar tidak menyebabkan sistem rusak. Tetapi jika sistem telah dipecah dan ada kerusakan dalam sistem, maka solusi yang paling efektif adalah dengan melakukan Recovery Sistem.

Langkah-langkah untuk melakukan Recovery Data :

Pengaturan Recovery biasanya dapat ditemukan di menu Start Button.
Silakan klik, maka akan muncul
jendela System Restore / Recovery. Untuk melanjutkan silahkan klik Next.


Pada halaman utama ini Anda akan melihat daftar Poin Recovery / Recovery yang ditulis secara otomatis oleh sistem komputer Anda.

Anda dapat memilih sesuai dengan waktu yang Anda inginkan, jika kerusakan terjadi 3 hari yang lalu maka Anda harus memilih Point 4 hari sebelumnya.

Setiap point memiliki pengaturan sistem dan registri yang berbeda, jadi Anda harus mengingat semua perubahan di komputer laptop Anda.


Jika Anda telah memilih, klik Pindai Program yang Terkena Dampak kemudian klik Berikutnya. Sebuah jendela konfirmasi akan muncul, silakan klik Selesai dan proses pemulihan akan berjalan secara otomatis.

Harap tunggu hingga proses selesai dan mulai ulang komputer Anda agar perubahan dapat segera diterapkan.

Fungsi Recovery Data

Pada dasarnya, Recovery ini memiliki banyak fungsi di komputer. Sebelumnya kami telah membahas bahwa Anda dapat menggunakan Recovery ini untuk memulihkan sistem ke kondisi sebelumnya.

Dalam aplikasi pemrosesan data seperti Microsoft Word juga memiliki fungsi yang sama, Recovery dapat mengembalikan data ke keadaan sebelum kesalahan terjadi.

Ini dapat digunakan sebagai tindakan pencegahan jika kesalahan dan kerusakan sistem dapat menyebabkan data penting hilang.

Dengan menggunakan metode di atas, Anda dapat memulihkan sistem yang tadinya error, hang dan virus yang membandel dengan mudah.

Recovery adalah solusi terbaik bagi Anda yang menginginkan keamanan data yang terjamin dengan penggunaan yang mudah dan risiko yang kecil.

Ada orang yang berpikir bahwa menggunakan Recovery sistem ini akan membatalkan perangkat lunak yang sebelumnya diinstal.

Meskipun jelas bahwa pemulihan sistem ini hanya dapat mengembalikan pengaturan dan registry saja, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Anda mungkin mendapatkan shortcut yang muncul kembali tetapi program masih terhapus. Satu-satunya cara adalah menginstal ulang software tersebut.

Penutup

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang Pengertian Recovery Data dan fungsinya serta cara menggunakannya di komputer Anda.

Sampai sekarang ada banyak pengguna komputer yang telah menjalankan Recovery ini selama bertahun-tahun tetapi tidak mengerti apa Recovery itu. padahal sebenarnya Recovery ini memiliki banyak fungsi dan sangat berguna di komputer.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda tentang komponen-komponen yang ada di komputer.

Dengan itu, Anda dapat lebih mengoptimalkan dan memanfaatkan fitur yang tersedia di komputer Anda.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu Recovery?

proses memulihkan atau mengembalikan kesalahan atau sistem bermasalah ke kondisi semula sebelum masalah.

Apa Itu Backup?

Backup adalah kegiatan untuk menyalin file atau data kalau-kalau ada file yang terhapus secara tidak sengaja.

Apa Itu Restore?

Restore adalah proses memulihkan file atau data yang dihapus, fungsi ini biasanya di Recycle Bin. Pada dasarnya file yang dihapus masih tersimpan di komputer yang ada di Recycle Bin.

error: Content is protected !!