Pengertian Printer

3 min read

Pengertian Printer Lengkap: Jenis-Jenis Printer, Fungsi, dan Kegunaan – Komputer disusun oleh beberapa perangkat yang digunakan untuk membuat komputer lebih baik dan berfungsi lebih optimal.

Salah satunya disebut perangkat periferal. Apa itu perangkat periferal?

perangkat periferal adalah perangkat yang terhubung ke komputer yang eksternal atau internal.

Contoh perangkat periferal adalah perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer. Misalnya ponsel, printer, tablet adalah semua contoh kecil perangkat periferal yang dapat dihubungkan ke komputer.

Dalam diskusi ini, kami akan menjelaskan perangkat periferal, terutama printer, mulai dari pemahaman tentang Pengertian Printer, fungsi dan penggunaan printer, dan juga jenis printer secara menyeluruh.

Berikut ini penjelasannya lengkap nya.

Pengertian Printer

Pengertian Printer

Printer adalah perangkat yang digunakan untuk mencetak, Printer yang diambil dari kata print yang berarti mencetak.

Dalam dunia elektronik, terutama yang berkaitan dengan komputer printer, itu diklasifikasikan sebagai output periferal yang digunakan untuk mencetak dokumen, gambar, dan hal-hal lain.

Sejarah Printer

Printer listrik pertama dibuat pada tahun 1968 di Jepang oleh Epson dengan nama awal EP-101 sedangkan desain printer pertama kali dibuat pada abad ke-19 secara mekanis.

Selama 1980-an, kebutuhan akan kinerja printer berkecepatan lebih tinggi ketika mencetak lebih banyak dokumen diperlukan.

Sehingga beberapa sistem pembaruan printer muncul termasuk printer garis, daishy wheel dan dot matrix.

Konsep printer garis adalah memiliki output yang sama dengan mesin tik tetapi proses lebih cepat. Roda Daishy memiliki konsep yang hampir sama dengan mesin tik.

Sedangkan konsep dot matrix adalah untuk menghasilkan kombinasi grafis dan output tulisan akan tetapi kualitas output atau cetakanya rendah.

Untuk menghasilkan cetakan yang bagus, biasanya orang-orang menggunakan plotter sebagai pengganti printer.

Seiring waktu, tepatnya pada tahun 1984 datang printer laser yang awalnya bernama HP LaserJet.

Printer ini memiliki fitur PostScript tambahan yang dibuat oleh Apple LaserWritter yang kemudian lebih dikenal sebagai desktop publishing.

Konsep PostScript menggabungkan grafik dan penulisan yang sama dengan konsep dot matrix tetapi mencetak lebih baik.

Setelah itu, memasuki tahun 2010 printer telah mengalami pembaruan lain. Diskusi tentang pencetakan 3D masih merupakan masalah pengembangan dan belum menjadi kasus umum yang dibahas saat ini.

Tetapi dengan semakin berkembangnya internet dan email, printer tidak terlalu penting saat ini.

Orang jarang menggunakan printer untuk mencetak dokumen karena dengan perkembangan dunia internet orang lebih cenderung untuk mencetak dokumen dalam format pdf dan lainnya.

Namun disamping itu semua penggunaan printer juga masih marak digunakan.

Kegunaan dan Fungsi Printer

Perlu tahu untuk lebih memahami apa itu printer, di sini adalah fungsi printer. Karena printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak, jelas bahwa fungsi utama printer adalah untuk mencetak dokumen.

Dan biasanya dokumen yang dicetak adalah dokumen yang dibuat dalam aplikasi Microsoft Office seperti dokumen word, Excel, dan PowerPoint.

Penggunaan kedua printer adalah untuk mencetak grafis atau gambar. Printer dapat digunakan untuk mencetak gambar, foto, poster dan hal-hal lainnya.

Biasanya kualitas gambar yang dicetak pada printer dalam hal kualitas kertas dan juga ukuran foto yang ingin Anda cetak.

Perkembangan fitur-fitur printer saat ini adalah adanya printer berukuran lebih besar yang digunakan untuk mencetak spanduk, spanduk, sablon, stiker.

Lebih menakjubkan adalah tidak hanya media kertas yang dapat dicetak tetapi oleh juga media kain, kaca, Akrilik pun juga dapat dicetak.

Fitur lain yang ditambahkan ke printer pada saat ini adalah bahwa printer tidak hanya dapat mencetak.

Tetapi juga dapat digunakan untuk mengkonversi dokumen menjadi foto atau apa yang kita sebut pemindaian, tetapi ada printer yang dapat digunakan untuk fotokopi.

Jenis Jenis Printer

Anda perlu tahu bahwa printer dibagi menjadi 2 jenis, berikut ini adalah jenis-jenis printer.

Berdasarkan Teknologi

Dalam printer berbasis teknologi, apa yang sering digunakan saat ini adalah printer laserjet dan inkjet.

Untuk printer laserjet menggunakan tinta yang memiliki tekstur bubuk atau toner sedangkan inkjet menggunakan tinta.

Printer yang menggunakan prinsip laserjet memiliki kinerja untuk cetakan yang lebih cepat dan lebih baik, sehingga harganya lebih mahal.

Merek-merek printer tersebut adalah Epson, Canon, HP, dan Brother.

Berdasarkan Pemakaian

Jika dilihat dari segi pemakaian maka printer dikelompokan menjadi printer virtual, printer jaringan, printer 3D, printer perorangan.

Printer jaringan

Printer jaringan pada prinsipnya bisa digunakan oleh lebuh dari satu komputer atau banyak komputer yang masih masuk kedalam satu jaringan yang sama

Printer Perorangan

printer perorangan pada prinsipnya hanya bisa digunakan oleh satu komputer saja.

Printer 3D

Printer 3D digunakan untuk mencetak obyek 3D yang dibuat sebelumnya

Printer Virtual

sedangkan printer virtual sesungguhnya bukanlah hardware tetapi lebih kepada aplikasi atau software yang berguna untuk mencetak gambar, atau pdf yang sedang berkembang saat ini.

Penutup

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Printer Lengkap: Jenis-Jenis Printer, Fungsi, dan Kegunaan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua ya.

Untuk kalian yang ingin membeli printer, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui printer jenis printer apa yang dibutuhkan.

Karena seperti yang sudah kita ketahuit diatas jenis-jenis printer ada banyak sekali macamnya.

Terim Kasih atas kunjungan nya dan sampai bertemu di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu Printer?

Printer adalah perangkat yang digunakan untuk mencetak, Printer yang diambil dari kata print yang berarti mencetak.

Apa Itu Printer Virtual?

Sedangkan printer virtual sesungguhnya bukanlah hardware tetapi lebih kepada aplikasi atau software yang berguna untuk mencetak gambar, atau pdf yang sedang berkembang saat ini.

Merk Printer Terkenal?

Merek-merek printer tersebut adalah Epson, Canon, HP, dan Brother.

error: Content is protected !!