Pengertian Kabel UTP dan STP

3 min read

Pengertian Kabel UTP & STP: Fungsi dan Perbedaan antara Kabel UTP dan STP – Komputer memiliki berbagai alat pendukung sehingga dapat digunakan dan sehingga mereka dapat terhubung ke jaringan.

Salah satu alat pendukung yang biasa digunakan oleh komputer adalah kabel, kabel ini berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan atau menghubungkan satu komputer ke komputer lain.

Kabel itu sendiri adalah kawat yang membawa listrik yang dibungkus plastik.

Kebanyakan kabel dibuat menggunakan bahan dasar tembaga, ini karena tembaga memiliki nilai resistansi yang kecil dibandingkan dengan kabel lainnya dan juga tembaga mudah dipadatkan.

Oleh karena itu, tembaga sangat cocok untuk digunakan sebagai kawat penghantar yang digunakan untuk menghantarkan listrik.

Untuk membuat jaringan komputer, kita membutuhkan media perantara, yaitu kabel. Kabel yang biasanya digunakan untuk pembuatan jaringan komputer adalah kabel STP dan UTP. Apa perbedaan antara kedua kabel?

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan gambaran tentang pengertian kabel UTP dan kabel STP dan perbedaan keduanya, bagi Anda yang pemasar langsung, inilah bedanya.

Berikut ini merupakan pengertian kabel UTP yang harus anda ketahui.

Apa Itu Kabel UTP

kabel UTP

Untuk kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), kabel ini adalah kabel yang tidak memiliki pelindung.

Dalam kabel UTP, ia memiliki empat pasang kabel yang terdiri dari oranye, oranye, hijau putih, hijau, putih biru, biru, coklat putih, coklat.

Ada 7 jenis kabel UTP, mulai dari kabel UTP CAT 1 hingga kabel UTP CAT 7, masing-masing kabel ini memiliki kecepatan yang berbeda, semakin tinggi nilainya semakin tinggi kecepatannya.

Konektor yang digunakan untuk kabel jenis UTP ini adalah konektor RJ45 dan RJ11.

Apa Itu Kabel STP

kabel STP

STP singkatan dari Shielded Twisted Pair, adalah kabel yang memiliki pelindung, kabel STP ini memiliki dua bungkus yang melindungi setiap kabel.

Berbeda dengan kabel UTP, kabel STP ini memiliki 4 kabel tembaga di dalam kabel.

Fungsi Kabel UTP

Fungsi kabel UTP digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan kabel UTP biasanya memiliki impedansi sekitar 100 ohm.

Dan dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya mengirimkan data.

Karakteristik kabel UTP adalah:

  • Bagian dalam kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) terdiri dari dua kabel tembaga yang terbagi menjadi 4 pasang, kemudian dipilin menjadi satu.
  • Setiap pasangan atau tali kawat tembaga dilapisi dengan isolator yang memiliki warna unik.
  • Kecepatan dan output transmisi mencapai 10-100 Mbps.
  • Panjang kabel UTP maksimum yang diijinkan adalah 100 meter (pendek).
  • 150 ohm tegangan kabel.
  • Kabel jaringan Ush (Unshielded Twisted Pair) hanya dapat menangani satu saluran data (yang berfungsi pada baseband).
  • Menginstal jaringan komputer menggunakan kabel Twisted Pair membutuhkan hub untuk membangun LAN yang baik.
  • Konektor kabel jaringan Ush (Unshielded Twisted Pair) menggunakan konektor RJ-45 untuk koneksinya.

Fungsi Kabel STP

Fungsi kabel STP adalah sebagai media transmisi yang digunakan pada beberapa peralatan elektronik untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima sehingga mereka dapat bertukar data.

Beberapa perangkat elektronik, seperti: telepon, komputer, televisi dan radio memerlukan media transmisi untuk dapat menerima data.

Seperti halnya set telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronik memiliki media transmisi yang berbeda dalam mengirim data.

Kategori kabel Twisted Pair

  • CAT 1 – Kategori ke-1 Kabel UTP [Cat1] adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi terendah, dirancang untuk mendukung komunikasi suara analog saja.
  • CAT 2 – Kategori ke-2 Kabel UTP [Cat2] adalah jenis kabel UTP yang memiliki kualitas transmisi lebih baik dibanding kabel UTP Cat1, tipe atau kategori ini dirancang untuk mendukung komunikasi data dan juga suara digital. Kabel ini dapat mengirimkan data hingga 4 megabit / detik.
  • CAT 3 – Kategori ke-3 Kabel UTP [Cat3] adalah kabel UTP yang kualitas transmisinya lebih baik dibanding dengan kabel UTP Kategori ke-2, tipe atau kategori ini dirancang untuk mendukung komunikasi data dan suara dengan kecepatan hingga 10 megabit per detik.
  • CAT 4 – Kategori ke-4 kabel UTP [Cat4] adalah jenis kabel UTP yang kualitas transmisinya jauh lebih baik dibanding dengan Kategori 3 (Cat3) atau kabel UTP sebelumnya, yang dirancang untuk mendukung komunikasi data dan suara hingga kecepatan 16 megabit / detik.
  • CAT 5 – Kabel UTP Kategori ke-5 [Cat5] adalah jenis kabel UTP yang kualitas transmisinya lebih baik dibandingk dengan kabel UTP Kategori 4 (Cat4) atau sebelumnya, yang dirancang untuk mendukung komunikasi data dan suara dengan kecepatan hingga 100 megabit / detik.
  • CAT 6 – Kategori ke-6 kabel UTP [Cat6] adalah jenis kabel UTP standar tertinggi dengan sertifikasi resmi.
  • CAT 7 – Kategori ke-7 Kabel UTP [Cat7] adalah jenis kabel premium yang sangat cocok sebagai media lalu lintas tinggi berbagai aplikasi dalam satu kabel (kabel tunggal). Data maksimum dikirim hingga 10 Gbit / detik, dengan frekuensi 1000 Mhz.

Perbedaan antara kabel UTP dan kabel STP

Kabel UTP dan STP

Kabel UTP dan kabel STP memiliki beberapa perbedaan antara keduanya, kabel ini memang biasa digunakan sebagai media transmisi yang digunakan untuk membuat jaringan komputer.

Meskipun keduanya digunakan untuk membuat jaringan, kabel ini memiliki beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui, termasuk:

  • Kabel UTP memiliki diameter lebih kecil dari kabel STP
  • Kabel UTP tidak memiliki perlindungan yang dimiliki oleh kabel STP.
  • Proses instalasi yang menggunakan kabel UTP lebih mudah daripada kabel STP, karena ukuran kabel UTP lebih kecil.
  • Kabel UTP sangat mudah dipengaruhi oleh radiasi medan magnet dan tegangan tinggi karena tidak dilapisi oleh pelindung plastik, sedangkan kabel STP sulit dipengaruhi oleh medan magnet dan tegangan tinggi karena memiliki pelindung.
  • Kabel UTP memiliki harga yang lebih murah daripada kabel STP dalam ukuran kabel yang sama.
  • Kabel UTP sangat cocok untuk digunakan di dalam ruangan, sedangkan untuk kabel STP lebih cocok untuk digunakan di luar ruangan.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian Kabel UTP & STP: Fungsi dan Perbedaan antara Kabel UTP dan STP, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam memahami perbedaan antara UTP dan STP.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Tentang GPS

Dinda
1 min read

Call Center Siloam

Dinda
2 min read
SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id