Pengertian Internet Service Provider

3 min read

Pengertian Internet Service Provider: Manfaat, Jenis, dan Cara Kerjanya Istilah ISP itu sendiri mungkin sudah sering Anda dengar. Tetapi masih banyak orang yang tidak mengerti apa arti kata itu.

Untuk memahami ISP itu sendiri adalah perusahaan yang menyediakan layanan internet untuk kebutuhan komunikasi dan informasi online.

Apa Itu Internet Service Provider?

Internet Service Provider

Berikut ini merupakan pengertian internet service provider yang harus anda ketahui.

Internet Service Provider atau lebih dikenal sebagai penyedia layanan internet adalah perusahaan yang menyediakan layanan koneksi internet dan layanan terkait lainnya.

ISP ini sendiri memiliki koneksi jaringan baik internasional maupun domestik sehingga pengguna atau pelanggan koneksi yang tersedia di ISP akan dapat terhubung ke jaringan internet global.

Jaringan di sini adalah dalam bentuk media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, persewaan kabel, dan broadband), radio, atau VSAT.

Untuk mendapatkan akses internet, komputer harus menggunakan layanan dari perusahaan penyedia layanan internet (ISP).

ISP berfungsi sebagai penghubung antara pengiriman data dari satu tempat ke tempat lain.

Ada berbagai bentuk media transmisi yang digunakan seperti radio, modem atau kabel.

Untuk dapat menikmati layanan yang disediakan, ISP biasanya membebankan biaya bulanan kepada penggunanya. Dan layanan mereka umumnya dibagi menjadi 2 jenis:

1. Dial Up

Jenis layanan ini menggunakan kabel sebagai media transmisi. Dari segi biaya, Dial Up bisa dibilang lebih murah. Layanan ini sering digunakan untuk jaringan rumah atau kantor.

2. Broadband

Ini adalah layanan nirkabel dan kebalikan dari Dial Up. Media transmisi yang digunakan bisa dalam bentuk modem, satelit, ISDN dll.

Koneksi yang dihasilkan juga lebih lebar dan lebih cepat sehingga biaya yang dibutuhkan juga lebih banyak.

Manfaat, Jenis dan Cara Kerja ISP

Setelah membahas apa itu ISP, mari kita mengenalnya lebih lanjut. Tidak hanya tahu artinya, tetapi juga perlu memahami tentang jenis layanan dan tujuan keberadaan mereka.

Untuk detail lebih lanjut, silakan merujuk ke penjelasan berikut.

Manfaat Layanan ISP

Sebagai penyedia layanan komunikasi, manfaat ISP tentu terkait dengan hal ini. Dan apakah kita menyadarinya atau tidak, kita benar-benar membutuhkan keberadaan mereka setiap hari.

Berikut ini adalah ringkasan dari beberapa fungsi ISP itu sendiri:

  • Penyedia Koneksi Internet.
  • Tautan antara pengguna dan gateway.
  • Tautan antara pengguna dan jaringan informasi di internet.
  • Menyediakan koneksi untuk mengunduh dan mengunggah kebutuhan.
  • Terkadang juga menyediakan perangkat modem.

Jenis Layanan ISP

Di atas kita sudah tahu apa fungsi dari perusahaan ISP. Namun layanan yang mereka berikan juga terdiri dari beberapa jenis. Jenis layanan ISP berikut ini sering tersedia:

1. Koneksi Dial Up

Jenis layanan yang menghitung biaya tidak setiap bulan. Tetapi dihitung dari berapa lama pengguna menggunakan layanan.

Ini seperti yang sering kita jumpai di bisnis warnet. Dan juga ada beberapa jenis akses dial up seperti:

  • Panggilan pribadi.
  • Dial up perusahaan.
  • ISDN memanggil LAN.
  • Akses Server Malam.

2. Hot Spot

Istilah ini cukup akrab bagi kita. Layanan yang dapat membuat Anda terhubung ke internet tanpa perlu kabel. Biasanya ini ditemukan di restoran, kafe, kedai kopi atau tempat umum lainnya.

3. Koneksi Khusus

Untuk jenis layanan ini akan terus berjalan penuh selama 24 jam. Dalam arti akses internet yang dihadirkan tidak akan mati jika tidak ada kendala khusus. Biasanya digunakan untuk area kantor atau perusahaan besar.

4. Internet Nirkabel

Seperti namanya, jenis layanan ini adalah nirkabel. Dan itu juga hanya dikhususkan untuk layanan internet tanpa akses lain seperti telepon dll.

5. Akses Internet Seluler

Untuk yang terakhir inilah yang biasanya kita gunakan pada smartphone. Produk ini adalah kartu sim yang dapat digunakan untuk terhubung ke internet. Saat ini ada 2 jenis kartu sim yaitu GSM dan CDMA.

Cara Kerja ISP

Kita sudah tahu maknanya, fungsi dan jenisnya. Tapi mungkin masih banyak yang belum mengerti, bagaimana cara perusahaan bekerja sebagai penghubung dengan internet?

Saat Anda mencoba membuat koneksi menggunakan ISP, mereka akan merutekan jaringan ke perangkat Anda.

Dan tidak perlu waktu lama, pengguna dapat langsung terhubung ke internet dan menggunakan layanan yang disediakan oleh ISP.

Contoh Perusahaan ISP di Indonesia

Penyebaran internet di Indonesia saat ini cukup pesat. Meski belum 100% terjangkau, sudah ada banyak daerah yang dapat dengan mudah mendapatkan akses internet.

Ini tidak terlepas dari layanan perusahaan ISP yang ada. Dan mari berkenalan dengan mereka yang memberikan layanan kepada kami setiap hari:

1. Indihome

Salah satu layanan dari perusahaan ISP milik negara yang sangat populer di Indonesia. Layanan mereka telah menjangkau banyak daerah di Indonesia.

Selain itu, Indihome juga memiliki koneksi yang andal dan kecepatan jaringan.

2. IM2

Untuk yang satu ini tidak menyediakan koneksi internet. Layanan ini dibuat oleh PT Indosat M2 yang berfokus pada layanan hosting dan penyediaan domain.

3. Centrin

Satu lagi perusahaan penyedia layanan internet di bawah naungan PT. Centrin Online. Mereka memiliki fasilitas dan infrastruktur yang canggih sehingga layanannya juga memuaskan.

4. Seluler Provider

Ini mungkin yang paling populer dan Anda sering menggunakannya setiap hari. Layanan internet yang khusus untuk pengguna perangkat seluler.

Ada banyak perusahaan penyedia di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL, Tri dll.

5. Access Service Dedicated to Internet

Biasanya disingkat sebagai Astinet, layanan yang dibuat oleh PT. Telkom Indonesia lebih berspesialisasi dalam layanan internet skala besar.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian Internet Service Provider: Manfaat, Jenis, dan Cara Kerjanya, semoga dapat membantu anda dalam memahami apa itu internet service provider.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Tentang GPS

Dinda
1 min read

Call Center Siloam

Dinda
2 min read
SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id