Pengertian IMEI Lengkap

2 min read

Pengertian IMEI Lengkap: Fungsi, Bagian IMEI dan Cara Melihat IMEI Hp – Anda pasti sering mendengar istilah imei. Apalagi bagi Anda yang suka main-main dengan ponsel Anda. Istilah Imei sudah tidak asing lagi, Anda sering mendengarnya saat membeli ponsel baru.

Imei sangat penting untuk ponsel yang Anda beli. Namun, banyak orang tidak tahu fungsi IMEI dan mengapa itu sangat penting.

Semakin banyaknya pencurian ponsel sekarang menyebabkan kode IMEI memiliki peran dan nilai yang tidak boleh diremehkan.

Ini karena IMEI memiliki beragam data yang terkait dengan ponsel atau ponsel yang Anda miliki. Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa itu IMEI?

IMEI seperti ID card / KTP, sehingga akan ada IMEI pada setiap ponsel yang dirilis oleh vendor, di mana nomor IMEI juga dapat digunakan untuk beberapa tujuan.

Jika Anda membeli ponsel baru, Anda dapat melihat nomor IMEI di beberapa bagian seperti kotak perangkat, baterai, atau pada paket ponsel yang baru saja Anda beli

Lalu banyak yang bertanya “Apakah IMEI penting atau tidak?” Penting! Anda akan tahu setelah membaca artikel ini sampai akhir, akan ada pemahaman, dan cara mengetahuinya dengan mudah.

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang arti IMEI, fungsi IMEI dan cara melihat kode IMEI di ponsel kami, silakan lihat ulasan berikut.

Apa Itu IMEI?

Pengertian IMEI

Berikut ini merupakan pengertian IMEI yang harus anda ketahui.

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identitas android. IMEI berbeda untuk setiap ponsel, ini karena IMEI adalah identitas ponsel, sehingga setiap ponsel memiliki nomor atau kode IMEI yang berbeda.

IMEI sering kita lihat di kotak ponsel yang kita miliki, Anda juga bisa melihat kode IMEI pada nota pembayaran saat membeli ponsel baru.

Biasanya kode IMEI terdiri dari 14 angka angka, tetapi untuk telepon seluler terbaru hasilnya sekarang memiliki 16 angka desimal.

Untuk apa IMEI dibuat? Tentunya pertanyaan ini tidak pernah muncul di benak Anda, kan? Nah, sesuai namanya IMEI dibuat untuk membuatnya lebih mudah untuk mengidentifikasi ponsel.

Fungsi IMEI

Salah satu fungsi IMEI adalah untuk mengidentifikasi ponsel, IMEI juga dapat digunakan untuk mencegah atau memblokir ponsel agar tidak dapat mengakses jaringan seluler lagi.

Jadi ketika Anda kehilangan ponsel Anda, Anda dapat meminta penyedia atau layanan jaringan yang Anda gunakan untuk memblokir ponsel yang hilang dengan mengirimkan kode IMEI yang hilang ke penyedia.

Polisi juga dapat mengidentifikasi kode IMEI berdasarkan ponsel yang dicuri.

Bagian-bagian IMEI

Kode pada IMEI memiliki format seperti AA-BBBBBB-CCCCCC-D, ini sudah ada sejak 2004. Kode A dan B dalam format ini disebut sebagai Type Allocation Code (TAC).

Kode ini dapat menunjukkan merek dan model ponsel. Misalnya, pada ponsel iPhone 5 yang diluncurkan oleh Apple memiliki kode TAC 01-332700, sedangkan pada ponsel Samsung Galaxy S2 memiliki kode TAC 35-853704.

Kode format C adalah nomor seri yang diberikan oleh produsen ponsel. Sedangkan digit terakhir adalah checksum yang digunakan untuk memverifikasi IMEI pada ponsel.

Kode IMEI selalu ada dan terpasang pada ponsel Anda, kode IMEI tidak akan berubah bahkan jika Anda mengganti Kartu Sim Anda.

Jadi, bahkan jika Anda terus mengubah Kartu Sim Anda, kode IMEI yang Anda miliki akan tetap sama. Karena itu Anda dapat menggunakan ini untuk menemukan ponsel Anda yang hilang atau dicuri.

Tapi ini masih bisa diakali oleh pencuri yang pandai. Karena sekarang sudah beredar bagaimana cara mengubah kode IMEI.

Ketika IMEI mereka diblokir oleh penyedia mereka akan mengganti kode IMEI pada ponsel dengan yang masih aktif.

Karenanya, Anda tidak dapat secara sembarangan menyebarkan kode IMEI ponsel Anda, karena teman Anda mungkin ingin menggunakan IMEI seluler Anda.

Cara Melihat IMEI

IMEI di ponsel Anda dapat dilihat dengan cara berikut:

  • Masuk ke Menu Panggilan
  • Ketik * # 06 #
  • Setelah selesai, kode IMEI akan segera muncul di ponsel Anda.

Metode ini adalah metode yang sering digunakan, selain itu metode ini hampir dapat digunakan pada semua ponsel untuk mengecek IMEI.

Namun, selain metode ini, ada beberapa cara khusus bagi beberapa ponsel untuk melihat kode IMEI, misalnya:

  • IOS (iPhone, LTE / iPad 3G): Pengaturan-> Umum -> Tentang.
  • Android: Pengaturan -> Tentang Telepon.
  • Sony Ericssson (model lama): ketik * kanan * kiri * kiri * menggunakan tombol.
  • Sony Ericsson atau BlackBerry model baru: Pilihan -> Status.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian IMEI Lengkap: Fungsi, Bagian IMEI dan Cara Melihat HP IMEI, semoga dapat membantu anda dalam memahami tentang IMEI.

Terima kasih dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Tentang GPS

Dinda
1 min read

Call Center Siloam

Dinda
2 min read
SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id