Pengertian Google Drive

2 min read

Pengertian Google Drive dan Fungsi Google Drive – Apa itu Google Drive? Anda pasti pernah mendengar Google Drive bukan? apa lagi buat anda yang menggunakan smartphone Android biasanya pasti akan ada aplikasi default Google Drive.

Mungkin ada banyak yang tahu apa itu Google Drive, tapi tidak sedikit juga yang hanya bisa menggunakannya dan tidak tahu apa itu sebenarnya Google Drive kan ?

Pada kesempatan ini kami akan membahas artikel berjudul Pengertian Google Drive dan Fungsi Google Drive yang Harus Anda Ketahui, pertimbangkan juga artikel di bawah ini dengan cermat.

Berikut ini merupakan pengertian google drive yang perlu anda ketahui.

Apa Itu Google Drive?

Pengertian Google Drive

Google Drive adalah layanan dari Google yang berfungsi sebagai penyimpanan cloud online Google yang diluncurkan pada tanggal 24 April 2012, layanan ini merupakan layanan ekstensi dari Google Documents dan mengubah tautan docs.google.com menjadi drive.google. com.

Google sendiri menyediakan kapasitas gratis di Google Drive untuk penggunanya sebesar 15 GB dan dapat ditingkatkan ke premium dengan biaya tambahan.

Layanan Google Drive itu sendiri sekarang banyak terhubung dan disinkronkan dengan aplikasi lain milik layanan Google, seperti Google Mail, Layanan Pemrosesan Foto Google, Blogger, Kontak Google, Google +, dan layanan lainnya.

Terutama untuk pengguna ponsel Android, biasanya hampir di semua aplikasi default pada perangkat smartphone mereka, mereka dapat terhubung dan menyinkronkan ke Google Drive.

Fungsi Google Drive

1. Google Drive Untuk Menyimpan File Dokumen Penting

Dengan memanfaatkan layanan penyimpanan Google ini, kita dapat menggunakannya untuk menyimpan dokumen atau file kita yang sangat penting.

Dengan menyimpan dokumen atau file penting kita, ini akan aman sepanjang waktu file tidak akan hilang selama kita tidak menghapus file atau dokumen.

Selain dari itu juga jika kita menyimpannya di Google Drive kita dapat mengakses file kita di mana saja dan kapan saja, asalkan kita terhubung ke jaringan internet dan dapat mengakses akun Google Drive kita.

2. Google Drive untuk Berbagi File

Kita dapat berbagi file dengan siapa pun menggunakan Google Drive, kita cukup mengunggah file yang ingin kita bagikan dengan orang lain di Google Drive.

Lalu setelah itu Anda dapat menyalin dan menyalin semua yang perlu Anda lakukan adalah mengirim tautan file yang diunggah ke orang yang ingin kita bagikan.

Sehingga mereka dapat langsung mengunduh file dari tautan yang kita berikan sebelumnya.

Hal-hal seperti ini tentu akan sangat mudah bagi kita untuk bekerja, terutama ketika mengirim file ke orang-orang yang cukup jauh dari kita.

3. Google Drive Sebagai Hosting

Google Drive sendiri dapat dimanfaatkan sebagai hosting untuk blog atau situs web kita.

Hosting itu sendiri adalah memori penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan satu set pembangun sumber daya dan konten dari blog atau web.

Google Drive sebagai hosting misalnya adalah ketika Anda membuat blog menggunakan platform gratis dari google adalah blogger.

Ketika Anda mengunggah gambar, atau video, dan file lain melalui blogger, file dan dokumen akan disimpan di Google Drive akun email kita.

4. Google Drive digunakan untuk Cadangan Data

Mungkin sebagian dari Anda bingung di mana tempat yang paling cocok untuk membackup data yang kita miliki, kan?

Ya mungkin google drive adalah salah satu solusi yang tepat untuk Anda semua jika Anda bingung tentang ke mana harus membuat cadangan data.

Dengan kapasitas google drive yang menurut kami relatif besar, kita dapat mencadangkan data data kita ke Google Drive.

Terutama jika kita ingin membuat cadangan foto dari ponsel Android kita, kita dapat menggunakan Foto Google dan kita dapat langsung mencadangkan semua foto di perangkat kita ke akun Google Drive.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian Google Drive dan Fungsi Google Drive, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam memahami apa itu google drive.

Baca Juga:

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

error: Content is protected !!