Pengertian Google Documents

Posted on

Pengertian Google Documents: Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan – Pernahkah Anda mendengar tentang Google Documents? Seperti namanya, ini tentu saja merupakan layanan yang berasal dari perusahaan Google.

Tapi apa fungsi dari layanan yang satu ini? Karena ada kata Doc maka seharusnya ada keterkaitan nya dengan dokumen.

Dan jika Anda penasaran dan ingin tahu segalanya tentang Google Documents, silakan baca penjelasan berikut ini.

Alih-alih Google Documents, mungkin Anda lebih terbiasa dengan layanan Google Drive. Google Drive sendiri adalah layanan penyimpanan online paling populer saat ini.

Kita dapat menyimpan berbagai file atau file pribadi di sana secara gratis. Lalu bagaimana dengan Google Documents? Berikut ini merupakan pengertian google documents yang perlu anda ketahui.

Apa Itu Google Documents

Google Documents

Google Documents adalah situs web yang berbentuk suite kantor yang tergabung dalam layanan Google Drive.

Awalnya, ini juga merupakan layanan penyimpanan online tetapi kemudian perannya digantikan oleh Google Drive.

Dengan Google Documents Anda dapat dengan mudah membuat dan mengedit dokumen online. Hebatnya, Anda bisa membuat dokumen bersama dengan orang lain.

Sejarah Google Documents

Awalnya, Google Documents berasal dari dua produk terpisah, Writely dan Google Spreadsheets.

Writely adalah pengolah kata berbasis web yang dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak Upstartle dan diluncurkan pada Agustus 2005.

Spreadsheets, diluncurkan sebagai Google Labs Spreadsheets pada 6 Juni 2006, berasal dari akuisisi produk XL2Web oleh 2Web Technologies. Fitur asli Writely termasuk kolaborasi pengeditan teks dan kontrol akses.

Menu, pintasan keyboard, dan kotak dialog serupa dan sesuai dengan harapan kami sama seperti pengolah kata desktop seperti Microsoft Word atau OpenOffice.org Writer.

Google Documents dapat digunakan (melihat dan mengedit) dalam mode offline menggunakan Google Gears.

Fitur Dasar di Google Documents:

  • Edit dan simpan file
  • Mengunggah file
  • Tetapkan hak akses
  • Bekerja secara offline dokumen
  • Terjemahkan dokumen
  • Fasilitas melihat riwayat revisi

Fungsi Google Documents

Fungsi google docs adalah membuat dokumen, mengubah, mengedit dokumen seperti txt, doc, docx, pdf yang terkait dengan dokumen dan file lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Google Documents

apa kelebihan dan kekurangan fungsi google docs Meskipun ini adalah sekolah yang cukup tua, tetapi layanan yang satu ini juga tetap populer.

Google Docs sendiri juga memiliki serangkaian kelebihan dan kekurangan. Apa yang anda pikirkan? Mari kita simak berikut ini.

Kelebihan Google Documents:

  • Risiko kehilangan data Anda dapat dihindari.
  • Dukungan dan dukungan lengkap.
  • Memiliki berbagai fitur seperti pemeriksaan ejaan dll.
  • Dapat diakses di mana saja dan kapan saja.
  • Dapat digunakan pada berbagai sistem operasi.
  • Pengguna dapat mengontrol akses ke file.

Kekurangan Google Documents:

  • Membutuhkan koneksi internet untuk digunakan.
  • Hanya dapat diakses secara online.

Perbedaan Google Document dan Google Drive

Nah kita sudah mengetahui pengertian, sejarah serta kelebihan dan kelemahan Google Drive, lalu apa perbedaan Google Document dengan Google Drive? berikut adalah penjelasan nya.

Apa Itu Google Drive

Google Drive adalah layanan dari Google yang berfungsi sebagai penyimpanan cloud online Google yang diluncurkan pada tanggal 24 April 2012, layanan ini merupakan layanan ekstensi dari Google Documents dan mengubah tautan docs.google.com menjadi drive.google. com.

Google sendiri menyediakan kapasitas gratis di Google Drive untuk penggunanya sebesar 15 GB dan dapat ditingkatkan ke premium dengan biaya tambahan.

Layanan Google Drive itu sendiri sekarang banyak terhubung dan disinkronkan dengan aplikasi lain milik layanan Google, seperti Google Mail, Layanan Pemrosesan Foto Google, Blogger, Kontak Google, Google +, dan layanan lainnya.

Maka Perbedaan terbesarnya ialah Google Document di khusukan untuk menyimpan file yang spesifik berupa document, sedangkan Google drive dapat menyimpan semua Type file.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian Google Documents: Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam memahami tentang google documents.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga: