Pengertian Fiber Optik

3 min read

Pengertian Fiber Optik Lengkap: Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan – Dalam jaringan komputer, tentu saja ada beberapa komponen pendukung seperti komputer server, komputer klien, sakelar, dan kabel sebagai penghubung dan distributor data antar komputer.

Pada saat ini ada beberapa jenis kabel yang sering digunakan dalam jaringan komputer seperti Twisted dan Coaxial. Memang, kedua jenis kabel ini sering digunakan dari dulu hingga sekarang.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, banyak orang yang menginginkan kecepatan sehingga mereka dapat mentransfer data lebih cepat, maksimal, dan efisien.

Sebenarnya kedua jenis kabel di atas yaitu Twisted dan Coaxial dapat memenuhi standar. Namun, harus dituntut adanya inovasi baru yang memiliki berbagai kelebihan.

Kecepatan akses yang tinggi dalam suatu jaringan tentunya merupakan salah satu hal yang diprioritaskan, terutama untuk keperluan mengunduh / mengunggah data, streaming, dan browsing.

Inilah latar belakang munculnya kabel Fiber Optic. Pada artikel ini kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang Pengertian Fiber Optik. Mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja, kelebihan dan kekurangan.

Apa Itu Serat Optic

Pengertian Fiber Optik

Serat optik adalah kabel yang memiliki fungsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari satu titik ke titik lainnya.

Tentu saja bahan utama kabel Fiber Optik ini terbuat dari fiber glass dan plastik yang sangat halus, bahkan melebihi kehalusan rambut manusia.

Berbeda dengan kabel jenis lain yang menggunakan tembaga sebagai bahan utama.

Ada dua jenis mode transmisi dalam kabel Fiber Optic ini. Pertama adalah Single Mode yang akan memanfaatkan sinar laser untuk media transmisi.

Yang kedua adalah Multi Mode yang akan menggunakan media LED sebagai transmisinya. Multi Mode biasanya sering digunakan dalam instalasi jaringan dengan kelas menengah ke atas.

Apa Fungsi Serat Optik

Serat optik memiliki fungsi yang hampir sama dengan jenis kabel jaringan lain yang menghubungkan satu komputer ke komputer lain dalam lingkup jaringan komputer tertentu. Yang membedakannya dari jenis kabel jaringan lainnya adalah pada kecepatan akses tinggi dan kemampuan transfer data yang lebih cepat.

Untuk kecepatan transfer data, kabel Serat Optik ini memiliki kecepatan transfer data hingga Gigabit per detik. Selain itu, karena tidak membawa arus listrik maka kabel jenis ini tidak akan terpengaruh oleh gangguan elektromagnetik. Dengan begitu ia akan tetap stabil dalam proses pengiriman data.

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, tentu saja harus dibayar mahal. Oleh karena itu kabel Serat Optik ini tidak digunakan oleh sembarang orang. Biasanya kabel Fiber Optik ini digunakan oleh perusahaan berskala besar dan operator telekomunikasi yang lebih sering memilih untuk menggunakan kabel Fiber Optic ini. Saat ini ada banyak penyedia layanan internet yang menggunakan Serat Optik karena lebih cepat dan lebih stabil.

Bagaimana Cara Kerja Serat Optik

Sudah sedikit dibahas sebelumnya bahwa kabel Fiber Optic ini tidak menghantarkan listrik tetapi melakukan cahaya. Listrik yang diperoleh akan dikonversi menjadi bentuk sinyal cahaya dan kemudian dialirkan ke tujuan data yang akan dikirim.

Dengan begitu, Serat Optik sangat cocok digunakan di daerah dengan banyak gangguan elektromagnetik.

Jika kabel Twisted dan Coaxial yang lebih panjang akan mempengaruhi kecepatan transfer data, maka ini tidak berlaku untuk kabel Fiber Optic ini.

Karena bahan baku, yang terbuat dari serat kaca murni, dapat membuat cahaya untuk mengirimkan data secara terus menerus tanpa memikirkan panjang kabel yang digunakan.

Inti atau inti kabel Serat Optik ini menggunakan cara kerja dengan menggunakan cermin untuk menghasilkan refleksi internal total atau refleksi total pada bagian serat kaca.

Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik

Meskipun memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kabel jaringan lain, itu tidak berarti kabel Fiber Optic ini tidak memiliki kekurangan sama sekali.

Jauh di bawah ini kami akan menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan kabel Fiber Optic ini.

Apa Kelebihan Serat Optik

  1. Karena tidak menggunakan arus listrik, kabel Fiber Optic akan bebas dari gangguan dari sinyal elektromagnetik dan sinyal radio. Selain itu, kabel Fiber Optic memiliki daya tahan yang cukup kuat sehingga banyak digunakan oleh perusahaan – perusahaan besar.
  2. Meskipun memiliki kecepatan akses data yang tinggi, kemungkinan kehilangan data sangat rendah, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang validasi data.
  3. Karena tidak menggunakan arus listrik, maka kemungkinan untuk korsleting juga tidak akan terjadi, sehingga dalam hal ini keamanan data juga akan terjamin.
  4. Memiliki kecepatan transfer data dengan kapasitas besar dan transmisi jarak jauh. Dengan kecepatan hingga Gigabytes per detik, itu akan memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk memilih bandwidth tinggi.
  5. Meski memiliki kemampuan hebat, bentuk fisik kabel Serat Optik ini agak lebih kecil dibandingkan dengan jenis kabel jaringan lainnya karena terbuat dari serat kaca dan plastik yang kecil, tipis dan halus.

Apa Kekurangan Serat Optik

  1. Harus sangat memperhatikan penempatan kabel Fiber Optic. Karena pemasangan kabel Fiber Optic di jalur belok harus memiliki sudut melengkung sehingga proses menjalankan data akan lebih lancar dan tidak terhambat.
  2. Kerugian terbesar dari Fiber Optics adalah ia memiliki harga yang cukup mahal. Ini memang wajar, karena bahan yang digunakan dan pemasangannya. Karenanya pengguna kabel Fiber Optik ini bukan sembarang orang. Tetapi perusahaan besar atau penyedia layanan komunikasi yang membutuhkan akses data cepat.
  3. Selain harga dan biaya pemasangan yang cukup mahal, perawatan kabel Fiber Optic juga membutuhkan sedikit biaya. Melihat peralatan yang digunakan juga tidak murah.

Penutup

Demikian artikel dari kami tentang Pengertian Fiber Optik yang perlu Anda ketahui. Khusus untuk Anda yang ingin membangun jaringan menggunakan kabel Fiber Optic.

Meski memiliki harga yang relatif mahal, namun dengan melihat keunggulan dan kelebihan yang bisa kita dapatkan sangat wajar jika banyak perusahaan menggunakan kabel Fiber Optic ini.

Terimakasih Telah Membaca dan sampa Berjumpa di Artikel Kami Selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu Fiber Optik?

Serat optik adalah kabel yang memiliki fungsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari satu titik ke titik lainnya.

Apa fungsi Fiber Optik?

Menghubungkan satu komputer ke komputer lain dalam lingkup jaringan komputer tertentu.

Bagaimana Cara Kerja Fiber Optik?

Fiber Optic ini tidak menghantarkan listrik tetapi menghantarkan cahaya. Listrik yang diperoleh akan dikonversi menjadi bentuk sinyal cahaya dan kemudian dialirkan ke tujuan data yang akan dikirim.