Pengertian Deep Web

5 min read

Pengertian Deep Web Lengkap: Isi Deep Web, dan Cara Mengaksesnya – Pernahkah kamu melakukan Browsing? Tentunya hampir semua orang sudah melakukan aktivitas tersebut.

Tetapi ketika Anda browsing, biasanya hanya blog atau situs web yang akan muncul. Tetapi apakah Anda tahu jika Anda menyelidiki lebih dalam, Anda mungkin dapat menemukan atau memasuki Deep Web.

Tapi, tahukah Anda apa itu Deep Web? Jadi, jika Anda tidak mengetahuinya, kami akan memberikan artikel tentang pengertian Deep Web dan cara mengaksesnya.

Kami berharap jika Anda telah membaca artikel ini, anda tidak akan penasaran lagi dengan Deep Web.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lanjut kepembahaan di bawah ini.

Pengertian Deep Web

Pengertian Deep Web

Deep Web adalah kumpulan konten Word Wide Web atau sering dalam WWW singkat yang tidak dapat diindeks atau ditemukan oleh mesin pencari biasa seperti Google, Yahoo !, Bing, dan lainnya.

Walaupun tidak terlihat, tetapi masih dapat diakses menggunakan alat khusus.

Menurut hasil penelitian bahwa konten situs yang digolongkan ke Deep Web sangat banyak yaitu hampir 96%. Jadi akses ke situs-situs seperti Google, Facebook dan lainnya hanya 4%.

Menurut reset juga, sebagian besar konten di Deep Web berisi database hasil penelitian. Namun, di Indonesia sendiri, banyak yang keliru tentang Deep Web.

Karena, hampir setiap orang yang mengulas Deep Web menggambarkan bahwa konten yang terkandung di Deep Web adalah konten negatif dan tempat berkumpul bagi peretas sehingga Anda harus berhati-hati.

ISI Deep Web

Dalam memenag Deep Web ada beberapa situs yang membeli dan menjual narkotika, pornografi, peretasan, kekerasan dan sebagainya.

Hampir semua situs di dalam Deep Web menggunakan domain dot onion. Tetapi Deep Web yang menggunakan domain dot onion hanya sebagian kecil dari sisi gelap Deep Web yang biasanya disebut Dark Web.

Jika Anda ingin mengunjungi situs Deep Web, Anda harus menggunakan alat khusus sehingga Anda dapat mengunjunginya.

Karena domain onion akan terhubung melalui jaringan onion atau Jaringan TOR. Tetapi jumlah situs sangat kecil, hanya 0,3% dari total web.

Jika Anda dapat membuat situs, tetapi situs tersebut hanya dapat diakses oleh kantor, maka situs yang Anda buat sudah dapat disebut Deep Web.

Karena tidak dapat diindeks oleh mesin pencari dan terlebih dahulu harus memasukkan jaringan lokal untuk mengaksesnya.

Kita dapat membayangkan bahwa internet sebagai nama toko yang dapat Anda lihat dan gudang privasi adalah bagian yang tidak terlihat dari Deep Web.

Dan sebagian kecil dari Deep Web yang tidak memiliki nama toko adalah toko Dark Web.

Dengan kekeliruan antara Deep Web dan Dark Web, ini membuat namanya lebih legendaris. Karena nampaknya internet yang sebenarnya adalah Dark Web.

Banyak orang yang memiliki keinginan tinggi untuk mengunjungi Deep Web (hal yang sebenarnya mereka kunjungi adalah Dark Web).

Perlu digarisbawahi bahwa Deep Web dan Dark Web adalah dua hal yang berbeda.

Dark Web adalah kumpulan Deep Web atau hanya sebagian kecil dari Deep Web.

Jadi jika Anda ingin mengaksesnya, Anda memerlukan alat dan jalur yang khusus. Salah satu alat yang dapat Anda gunakan adalah TOR Network.

Cara Mengakses Deep Web (Dark Web)

Jaringan Onion Router atau disingkat oleh TOR biasanya disebut jaringan bawang sebagai server yang dapat membuat penggunanya anonim di internet.

Cara kerjanya adalah mengarahkan lalu lintas internet Anda ke lebih dari 3 relay sebelum mencapai tujuan.

Singkatnya, komputer yang Anda gunakan akan melalui komputer lain secara bergantian dan acak sampai setidaknya 3 dari lebih dari 4000 komputer yang merupakan peserta dalam jaringan TOR dapat mengakses situs.

Karena keamanan berlapis, jaringan ini disebut jaringan onion atau dalam bahasa indonesia yaitu bawang.

Dengan menggunakan jaringan TOR, maka identitas Anda tidak akan diketahui oleh siapa pun sehingga identitas Anda akan tetap aman.

Namun data yang anda kirim masih tidak aman, karena jaringan TOR hanya mengenkripsi data ke pintu keluar ‘Relay Out’ saja.

Jaringan TOR diceritakan dalam film MR.Robot Episode 1, bahwa Elliot dapat membuka kedok anak di bawah umur yang mengedarkan konten seks dengan mengendalikan Exit Relay atau Node dari jaringan TOR.

Jika Anda ingin menjadi seorang hacker, maka langkah pertama yang sangat penting adalah Anda harus tahu dan tahu jaringannya. Itulah modal utama Anda sebagai peretas pemula.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa Deep Web (Dark Web) ada?

Dark Web ada karena merupakan perwujudan dari kumpulan situs domain dot onion yang melanggar hukum tetapi masih dapat diakses melalui saluran khusus

Secara umum, pemilik situs domain onion biasanya akan menyembunyikan identitas mereka, karena jika mereka mempublikasikan situs mereka di internet maka mereka akan sangat mudah dilacak.

Jika Anda ingin mengunjungi Web Gelap Anda dapat menggunakan TOR Browser yang dapat Anda unduh [DI SINI].

Jika Anda menggunakan TOR Browser, maka Anda dapat membuat identitas Anda sendiri dan membuat alamat IP virtual sehingga alamat IP asli Anda dapat dilindungi dengan aman.

Tetapi jika Anda masih merasa tidak aman, Anda dapat membuat TOR Browser Anda terhubung ke proxy atau VPN Anda terlebih dahulu.

Karena itu, bukan hanya alamat IP Anda yang disembunyikan, tetapi juga fakta bahwa Anda menggunakan jaringan TOR.

TIPS Mengakses DeepWeb: Agar Aman

Untuk dapat mengakses Deeweb pastikan Anda melakukan prosedur berikut, tujuannya adalah untuk dapat mengamankan semua kegiatan yang terkait dengan Deep Web.

1. Jika Anda menggunakan TOR Browser

Jangan mengunduh atau memasang plugin, karena TOR Browser memiliki fitur noscrip yang akan menonaktifkan semua plugin yang dapat menjalankan skrip.

Seperti javascript, sehingga browser Anda tidak dieksploitasi oleh program jahat seperti BeEF, yang berarti bahwa browser Anda akan dikontrol oleh situs yang menjalankan BeEFing, itu akan memiliki efek mencuri cookie dan sebagainya.

Singkatnya, jika Anda mengaktifkan plugin, maka Anda dalam bahaya, tetapi setelah Anda tahu untuk tidak mengaktifkan plugin maka Anda akan aman.

2. Jangan Unduh Konten, File, atau Aplikasi apa pun di WEB Jauh

Karena konten yang Anda unduh bukan jaminan bebas dari virus. Biasanya file di Deep Web adalah trajon. Mungkin Anda melihat beberapa file dalam jpg, png dan sebagainya, tetapi ketika mereka dieksekusi itu harus melalui proses instalasi terlebih dahulu seperti format exe.

Nah, jika Anda menemukan sesuatu seperti itu, maka jangan lakukan proses instalasi. Karena Backdor biasanya selalu termasuk dalam program yang harus diinstal atau dijalankan.

3. Hindari memasukkan Identitas, Email, Nama Pengguna dan Kata Sandi

Jangan mendaftarkan email, nama pengguna, atau kata sandi Anda jika informasinya sama dengan yang Anda gunakan di akun berharga lainnya. Jika perlu, buat email khusus baru.

4. Mengetahui Exitnode pada jaringan TOR

Pada komputer sukarelawan terakhir di jaringan TOR, data tidak akan dienkripsi. Sekarang disinilah exitnode dapat menjalankan man dalam serangan tengah meskipun itu hanya terjadi beberapa ribu.

Dengan kata lain Anda tidak aman jika koneksi yang Anda gunakan tidak menggunakan https. Jadi gunakan Browser TOR untuk mengakses Web Gelap saja.

Jika Anda ingin berselancar seperti biasa, jangan gunakan jaringan TOR, gunakan jalur https normal.

5. Jangan Unduh Via Torrent

Jika Anda ingin mengunduh file di Deep Web, jangan unduh melalui torrent, karena jika Anda melalui torrent, komputer Anda akan langsung terhubung ke komputer sumber dari mana file yang Anda unduh berasal.

Jadi tidak ada gunanya jika Anda menggunakan jaringan TOR. Jika Anda mengikuti tips di atas, maka Anda tidak perlu berlebihan ketika mengunjungi Deep Web sampai Anda menutup webcam laptop Anda.

karena untuk mengakses laptop Anda, seorang peretas setidaknya harus memerlukan alamat IP Anda, sementara alamat IP Anda telah disembunyikan oleh jaringan TOR atau peretas harus menunggu kewaspadaan Anda menghilang dan menginstal backdor.

Jadi seorang hacker tidak mungkin menghabiskan waktu dan energi hanya untuk melihat wajah kita. Maka keamanan kita semakin aman.

Struktur Deep Web

Pertama kali Anda masuk ke Deep Web, Anda pasti bingung karena Anda tidak memiliki peta sebagai referensi. Namun, jangan khawatir Anda dapat menggunakan Hiden Wiki di Browser TOR.

Dalam Hiden Wiki sudah tercantum nama-nama situs berbahaya seperti slickroad di mana ada perdagangan narkoba, situs perdagangan konten seks di bawah umur, pembunuhan dan sebagainya.

Karena situs itu dibuat untuk tujuan komersial, maka biasanya mata uang yang digunakan untuk membeli dan menjual adalah mata uang virtual seperti Bitcoin.

Biasanya alamat situs Deep Web dengan guild dibuat secara acak sehingga tidak mudah diingat dan sulit untuk dikunjungi atau dicari.

Penutup

Nah, itu artikel dari Kami tentang pengertian Deep Web dan bagaimana mengaksesnya.

Nah, jadi sekarang Anda sudah tahu pengertian dan cara memasuki Deep Web kan? Semoga artikel yang diberikan kami dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya, terima kasih.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu Deep Web?

Deep Web adalah kumpulan konten Word Wide Web atau sering dalam WWW singkat yang tidak dapat diindeks atau ditemukan oleh mesin pencari biasa.

Apa Itu Dark Web?

Dark Web adalah kumpulan Deep Web atau hanya sebagian kecil dari Deep Web.

Apa Perbedaan Deep Web dan Dark Web?

Deep Web adalah sisi internet yang tidak dapat di akses oleh mesin pencarian biasa/umum, sedangkan dark Web ialah sisi Deep web yang biasanya berisi hal-hal di dunia internet.

error: Content is protected !!