Pengertian Data Lengkap

2 min read

Pengertian Data Lengkap: Fungsi Data, Kegunaan dan Jenis Data – Kami yakin Anda terbiasa dengan istilah ‘data’. Tetapi Kami juga yakin bahwa Anda akan bermasalah jika disuruh menjelaskan definisi data tersebut.

Betulkan? Meskipun mungkin sebagian besar dari kita lebih kurang akrab dengan kata data. Namun, jika disuruh menjelaskannya masih banyak yang bingung. Ini adalah hal yang masuk akal jadi jangan khawatir.

Nah kali ini Kami akan membahas dan menganalisis secara menyeluruh semua hal yang menyangkut data. Mulai dari pengertian, fungsi manfaat dan berbagai macam data.

Semoga dengan penjelasan kami ini akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik. Ingin tahu? Tanpa berlama-lama, silakan merujuk ke ringkasan yang telah kami susun.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, tentu saja kita harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan data itu. Mungkin istilah data lebih dekat kaitannya dengan dunia komputer dan teknologi.

Pengertian Data

Pengertian Data Lengkap

Secara sederhana, data dapat didefinisikan sebagai kumpulan informasi atau informasi yang diperoleh dari pencarian atau pengamatan tertentu.

Atau Data adalah kumpulan informasi berupa fakta yang dikumpulkan berupa angka, kata-kata, simbol atau citra, melalui sumber- sumber tertentu.

Data dapat dianggap sebagai data mentah karena belum ‘diproses’. Data tersebut kemudian diproses melalui penelitian dan penelitian untuk mendapatkan informasi yang valid.

Data biasanya juga diproses untuk mendapatkan solusi dari masalah tertentu.

Fungsi data

Apa gunanya data itu? Kami akan membahasnya agar mudah dimengerti. Biasanya kumpulan data akan dikumpulkan dan kemudian diproses melalui riset.

Riset Ini untuk mendapatkan jawaban, informasi atau solusi untuk masalah tertentu. Himpunan data menjadi referensi untuk penelitian dan penelitian yang dilakukan.

Melalui data yang ada, kita dapat menarik kesimpulan dan mendapatkan informasi yang lebih valid.

Jenis Data

Data juga ternyata ada berbagai jenis, biasanya dibedakan berdasarkan beberapa faktor. Misalnya, dari sumber, waktu pengambilan, dll. Berikut adalah beberapa jenis data yang perlu Anda ketahui:

Jenis Data Berdasarkan Sumber

Pengelompokan pertama didasarkan pada sumber data. Ini akan dibagi menjadi data primer dan sekunder. Inilah penjelasan lengkapnya:

Data Primer

Data Primer adalah Data yang diperoleh dari suatu objek secara langsung. Misalnya melalui penelitian pada suatu objek untuk mendapatkan jumlah data yang dibutuhkan.

Data Sekunder

Data Sekunder adalah Jenis data ini biasanya tidak diperoleh melalui penelitian langsung melainkan dari sumber yang sudah ada sebelumnya seperti buku atau jurnal.

Jenis Data Berdasarkan Waktu Pengambilan

Tipe kedua didasarkan pada waktu pengumpulan atau perolehan data. Dibagi menjadi 2 jenis yaitu data periodik dan data cross section. Lihatlah penjelasan berikut:

Data Periodik

Data Periodik adalah Data yang biasanya diperoleh melalui survei dalam periode tertentu. Contoh mudahnya adalah sensus penduduk yang selalu dilakukan dalam periode tertentu.

Data Cross Section

Cross Section Data adalah Data yang diperoleh dan dikumpulkan pada suatu waktu. Contoh mudahnya adalah data nilai siswa yang diperoleh setelah ujian.

Jenis Data Berdasarkan Sifatnya

Untuk yang terakhir kami akan mengklasifikasikan mereka sesuai dengan propertinya. Mereka dibagi menjadi 2 yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Apa itu? Silakan baca penjelasan berikut:

Data kualitatif

Data Kualitatif adalah Data yang biasanya berupa verbal, simbol atau gambar.

Data Kuantitatif

Data Kuantitatif adalah Data dari jenis pernyataan yang dibuat ini bisa berupa angka, dll.

Penutup

Demikian penjelasan singkat dan lengkap tentang pemahaman data, fungsi dan tipe. Semoga dengan penjelasan yang kami rangkum di atas Anda dapat memahami definisi apa itu data, manfaat kegunaan dan jenisnya

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu Data?

Data adalah kumpulan informasi berupa fakta yang dikumpulkan berupa angka, kata-kata, simbol atau citra, melalui sumber- sumber tertentu.

Apa Saja Jenis Data?

Jenis Data Berdasarkan Sumber, Jenis Data Berdasarkan Waktu Pengambilan, Jenis Data Berdasarkan Sifatnya

Apa Itu Data Kuantitatif?

Data Kuantitatif adalah Data dari jenis pernyataan yang dibuat ini bisa berupa angka, dll.

Call Center Grab

Dinda
2 min read

Game Hack Tool

Dinda
3 min read