Pengertian CPU Lengkap

2 min read

Pengertian CPU Lengkap: Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Komponen CPU – Setiap laptop atau perangkat komputer harus terdiri dari 2 komponen, perangkat lunak dan perangkat keras.

Keduanya sama pentingnya dan saling mendukung satu sama lain sehingga ia dapat bekerja secara optimal. Pada kesempatan ini kita akan membahas salah satu perangkat keras yang bisa dibilang sangat penting, yaitu CPU.

Tentu saja Anda terbiasa dengan perangkat keras ini. Sebagian besar pasti mengetahui hal ini dari luar, tetapi apakah Anda tahu arti dan fungsi CPU?

Ketika kita berbicara tentang CPU, akan ada banyak hal yang dapat kita diskusikan. Bukan hanya soal apa fungsinya, tetapi dalam satu objek ini ada juga banyak komponen yang memiliki fungsi berbeda.

Untuk detail lebih lanjut, silakan baca ringkasan berikut.

Apa Itu CPU?

Pengertian CPU

Berikut ini merupakan pengertian CPU secara lengkap yang akan kami bahas.

Pengertian CPU atau Central Prosessing Unit adalah salah satu perangkat keras PC untuk menerima dan kemudian memproses perintah yang dimasukkan oleh pengguna.

Secara sederhana kita dapat menyebut CPU sebagai otak perangkat. Ini adalah tempat di mana semua data diproses sebelum dirilis lagi sebagai output melalui perangkat keras lainnya.

Fungsi CPU

Kami telah menyebutkan sedikit tentang penggunaan perangkat keras yang satu ini. Tetapi Anda perlu tahu bahwa fungsi CPU tidak hanya itu.

Ada banyak tugas yang harus dilakukan karena prosesor adalah pusat dari semua aktivitas di perangkat. Berikut ini beberapa kegunaan CPU:

  • Memproses semua bentuk instruksi yang dimasukkan oleh pengguna.
  • Berfungsi untuk mengontrol dan mengontrol perangkat input dan output.
  • Mengambil data dari memori lalu diproses.
  • Befungsi untuk memastikan ALU bekerja dengan baik.
  • Setelah memproses data, CPU akan menyimpannya dalam memori.

Cara Kerja Dari CPU

Mungkin banyak dari Anda yang terkejut dan bingung, bagaimana benda yang tampak kecil ini dapat melakukan berbagai pekerjaan sekaligus.

Bagaimana proses dan proses melakukan perintah yang dimasukkan sampai dikeluarkan dalam bentuk output. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang cara kerja CPU dari awal hingga akhir.

Pertama adalah ketika suatu perintah dimasukkan oleh pengguna, data akan diambil dari penyimpanan dan sementara disimpan dalam RAM.

Unit kontrol akan mulai bekerja dan memilah-milah, instruksi akan dimasukkan ke dalam program penyimpanan dan data akan dimasukkan ke dalam penyimpanan yang berfungsi.

Kemudian CU akan mengambil instruksi dan data kemudian ditransfer ke registri. Jika pesanan dalam bentuk perhitungan aritmatika, itu akan diserahkan ke ALU dan kemudian disimpan dalam akumulator.

CU akan mengambil hasil ini dan kemudian menyimpannya dalam RAM dan mengeluarkannya melalui perangkat keras.

Jenis CPU

jenis cpu

Dari waktu ke waktu nama prosesor terus dikembangkan oleh berbagai perusahaan dan vendor.

Banyak orang bertanya, “Apa itu merek CPU komputer yang bagus?” Mungkin sekarang prosesor Intel dan AMD adalah yang paling populer di antara yang lain.

Namun selain 2 merek ini masih ada banyak produk lainnya. Berikut adalah contoh dan merek serta tipe CPU yang paling terkenal saat ini.

  • Prosesor Intel.
  • AMD (Advanced Micro Processor).
  • Prosesor Apple.
  • Prosesor IBM.
  • Via.
  • Prosesor ARM.
  • Prosesor IDT.
  • Prosesor Transmeta.
  • Prosesor Cyrix.

Komponen CPU

komponen cpu

Karena tugasnya yang cukup berat, CPU juga terdiri dari beberapa bagian, yang masing-masing memiliki fungsi sendiri.

Untuk meningkatkan pemahaman kita tentang prosesor, berikut adalah beberapa komponen yang ada pada CPU dan penggunaannya.

1. Arithmetic Logic Unit (ALU)

ALU adalah bagian dari CPU yang berfungsi untuk memproses perhitungan aritmatika dan beberapa perintah logis lainnya.

Ketika ada perintah yang membutuhkan perhitungan aritmatika yang dimasukkan dari pengguna, prosesor akan memerintahkan ALU untuk memprosesnya.

2. Control Unit (CU)

CU adalah bagian yang digunakan untuk mengontrol komponen lain di komputer.

ALU kadang-kadang juga bekerja atas perintah Unit Kontrol ini, mengikuti tugas-tugas lengkap Unit Kontrol.

  • Mengontrol alat Input / Out.
  • Mengambil instruksi di memori utama.
  • Mengambil data di memori defauld atau memori yang utama jika perlu diproses.
  • Mengirimkan instruksi ke pada ALU ketika ada perhitungan aritmatika dan logika.
  • Mengawasi jaring ALU.
  • Simpan hasil pemrosesan data ke memori utama.

3. Registry

Register adalah mereka yang memiliki akses ke kecepatan tinggi, yang tugasnya adalah menyimpan data yang sedang diproses, bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data sementara sementara sedang diproses untuk diproses lebih lanjut.

Mungkin Anda terbiasa dengan file registri. Ini adalah file atau tempat di mana semua data aktivitas komputer disimpan.

Jika ada kegiatan yang mempengaruhi pengaturan atau data lain, maka itu akan langsung disimpan dalam sistem registry. Mungkin registry bisa dianalogikan dengan memori seperti di otak manusia.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian CPU Lengkap: Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Komponen CPU, semoga dapat membantu anda memahami pengertian dari CPU.

Terima kasih dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu CPU?

CPU atau Central Prosessing Unit adalah salah satu perangkat keras PC untuk menerima dan kemudian memproses perintah yang dimasukkan oleh pengguna.

Fungsi CPU?

CPU berfungsi untuk memproses semua bentuk instruksi yang dimasukkan oleh pengguna.

Merk-merk Dari CPU?

Berikut ini merupakan beberapa merk dari CPU diantaranya Prosesor Intel, AMD (Advanced Micro Processor), Prosesor Apple, Prosesor IBM.

5 Fakta Menarik Tentang GPS

Dinda
1 min read

Call Center Siloam

Dinda
2 min read
SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id