Pengertian CMS Lengkap

2 min read

Pengertian CMS Lengkap: Jenis dan Contoh CMS Gratis – Seiring dengan perkembangan teknologi, CMS memiliki perkembangan yang sangat pesat dan banyak CMS yang telah muncul.

CMS menjadi salah satu tools andalan untuk membuat blog di dunia blogging terutama untuk pemula, yang dasarnya tidak semua orang memahahami bagaimana cara membuat blog dari awal, tetapi hanya bisa menulis isi blog.

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang apa itu CMS, jenis serta contohnya. Berikut ini merupakan pengertian CMS lengkap.

Apa Itu CMS?

Pengertian CMS

Pengertian CMS (Content Management System) adalah aplikasi perangkat lunak atau situs web yang memiliki tujuan untuk memudahkan manajemen (mengedit, mengunggah, menambahkan, dll.) Konten dalam situs web blog atau aplikasi web tanpa harus dilengkapi dengan pengetahuan bahasa pemrograman dan hal – hal yang bersifat teknis.

Karena itu, dengan CMS orang biasa dapat membuat blog atau situs web yang segera dibuat dan pengguna hanya mengelola konten situs web tanpa gangguan dari web master.

Selain itu, manajemen file-file didalam CMS sangat lah terstruktur, di setiap bagian antara isi dan tampilan desain terpisah.

CMS sangat fleksibel, membuat CMS banyak dikembangkan oleh banyak pihak lain, terutama jika CMS memiliki kemajuan yang sangat cepat dan terus mengalami perubahan atau pembaruan sistem secara teratur.

Oleh karena itu, para programer lebih memilih untuk mengembangkan aplikasi CMS daripada harus membuat aplikasi situs web baru.

Jenis-jenis CMS

jenis CMS

CMS juga dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis situs web seperti:

  • Website atau blog pribadi.
  • Website bisnis, organisasi , perusahaan, atau komunitas.
  • Website atau toko online E-Commerce.
  • Situs Portal.
  • Situs Galeri Foto, dll.

Contoh CMS

Jadi apa sajakah contoh CMS? Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa contoh CMS yang banyak digunakan oleh banyak orang dan sebenarnya masih banyak lagi beragam CMS di internet.

1. WordPress CMS

Jika Anda sudah lama berkecimpung di dunia web dan blog, tentunya Anda sudah mengenal CMS WordPress, tetapi jika Anda tidak mengetahuinya, CMS WordPress adalah CMS yang dikategorikan menjadi CMS jenis blog.

Meskipun CMS sebenarnya adalah sebuah blog, jangan salah bahwa ada banyak programer yang ingin membuat dan menggunakan wordpress sebagai profil perusahaan mereka.

Bahkan untuk bisnis online seperti membuat toko online. Selain ramah pengguna, WordPress CMS juga memiliki beragam layanan dan fitur.

Selain itu, banyak dukungan dari berbagai komunitas yang telah menyebar luas.

2. Joomla CMS

Joomla CMS banyak digunakan untuk membuat situs web seperti situs web pribadi, situs web toko online, situs web profil perusahaan. Dengan Joomla CMS, Anda dapat membangun situs web yang kuat.

Meskipun WordPress CMS juga kuat, CMS Joomla lebih kompleks dari pada CMS WordPress dan memiliki sistem manajemen yang lebih rumit dibandingkan dengan CMS WordPress.

3. Aura CMS

Aura CMS adalah CMS yang dibuat oleh anak-anak Indonesia. Namun, Aura CMS masih memiliki banyak kelemahan dibandingkan dengan beberapa contoh CMS di atas.

Tetapi jika Anda dapat mengembangkan Aura CMS, maka Aura CMS akan setara dengan beberapa contoh CMS yang sudah populer saat ini.

4. CMS Opencart

Opencart CMS adalah CMS yang khusus dibuat untuk membuat situs web toko online.

Namun, ada juga banyak developer atau individu yang menggunakan CMS OpenCart untuk membuat toko online milik pribadi. Fitur-fitur dalam OpenCart CMS cukup lengkap karena khusus untuk E-Commerce.

Tetapi kelemahan CMS OpenCart adalah SEO, tetapi untuk manajemen konten, CMS OpenCart dapat dikatakan cukup mudah.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang CMS Opencart, Anda dapat mengunjungi situs web CMS Opencart secara langsung [DI SINI].

5. Drupal CMS

Dengan menggunakan Dupal CMS, Anda bisa membuat bermacam jenis halaman di web, dari membuat blog sederhana hingga membuat forum online dengan komunitas besar.

Meskipun desain CMS Drupal tidak sebagus CMS Joomla, ia memiliki kelebihan lain yang sangat mudah untuk disesuaikan.

Tidak hanya itu, CMS Drupal juga memiliki beberapa modul tambahan yang jarang ditemukan di beberapa CMS lain dan tentu saja menarik, seperti untuk URL serach engine friendly dan alat pencarian, serta agregator berita.

6. CMS Moodle

Nama CMS Moodle mungkin saja masih sedikit asing di telinga Anda. Karena CMS Moodle biasanya digunakan oleh lembaga sekolah.

Moodle CMS adalah CMS yang khusus dibuat untuk aplikasi E-Learning. Fitur E-Learning di Moodle CMS sangat lengkap, mulai dari tes online, forum, dan sebagainya.

Namun, manajemen CMS Moodle agak rumit dan membutuhkan pemahaman tentang cara menggunakannya.

7. CMS Prestashop

Seperti Opencart CMS, Prestashop CMS juga dibuat khusus untuk membuat situs web toko online dengan mudah.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian CMS Lengkap: Jenis dan Contoh CMS Gratis, semoga dapat membantu dan menambah wawasan anda mengenai pengertian CMS.

Terima kasih telah membaca dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu CMS?

CMS adalah aplikasi perangkat lunak atau situs web yang memiliki tujuan untuk memudahkan manajemen mengedit konten dalam situs web blog.

Contoh CMS?

Contoh-contoh CMS diantaranya yaitu WordPress CMS, Joomla CMS, Aura CMS, dll.

Jenis-jenis CMS?

Jenis-jenis CMS diantaranya yaitu Website atau blog pribadi, Website bisnis, perusahaan, komunitas atau organisasi.

error: Content is protected !!