Pengertian Cloud Computing

2 min read

Pengertian Cloud Computing: Cara Kerja, Jenis, Kelebihan & Kelemahan – Pernahkah Anda mendengar istilah cloud computing? Mungkin banyak dari Anda masih tidak terbiasa dengan satu kata ini.

Daripada cloud computing, mungkin istilah penyimpanan cloud terdengar lebih akrab bagi Anda. Kedua kata ini mungkin masih memiliki beberapa kesamaan.

Kali ini kita akan mengeksplorasi secara seksama apa itu cloud computing, jenis, manfaat dan risiko serta contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing

Banyak sekali pemahaman tentang penyimpanan cloud menurut para ahli, tetapi kami akan membahasnya dalam bahasa yang lebih sederhana dan lebih mudah dipahami.

Apa itu Cloud Computing?

Cloud computing adalah sistem komputasi yang memanfaatkan teknologi cloud (internet). Dalam penyimpanan cloud, semua jenis data dan aplikasi tidak disimpan di komputer tetapi disimpan di server internet.

Untuk dapat menggunakannya, pengguna dapat mengakses data dan menjalankan aplikasi dengan memanfaatkan jaringan internet.

Misalnya, kami menyediakan perangkat komputer yang dapat dihubungkan ke internet. Dengan teknologi cloud computing, kita dapat menyimpan dan mengakses data dan aplikasi di server.

Kita dapat langsung menggunakan aplikasi seperti Microsoft Word tanpa harus melakukan instalasi yang sebenarnya di komputer kita.

Selain itu, media penyimpanan yang kami gunakan juga tersedia di server sehingga tidak ada hard disk dengan kapasitas besar yang diperlukan pada perangkat kami.

Cara Kerja Cloud Computing System

Seperti disebutkan di atas, dalam sistem cloud computing semua jenis data dan aplikasi ada di server.

Sebagai pengguna, kami akan menggunakan internet untuk dapat terhubung ke server untuk membuka, menyimpan, atau menjalankan program yang ada.

Jika pengguna melakukan pemesanan, data input akan diteruskan ke server melalui jaringan internet.

Kemudian server akan memproses dan memberikan respons yang akan dikirim kembali ke komputer pengguna dalam bentuk tampilan. Perubahan data yang terjadi karena aktivitas pengguna akan selalu disimpan di server.

Jenis Cloud Computing

Jenis Cloud Computing

Ada beberapa jenis layanan penyimpanan cloud yang tersedia saat ini, untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat di bawah.

1. Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS)

Perangkat lunak jenis ini sebagai layanan layanan akan menyediakan aplikasi dan semua persyaratan yang siap digunakan.

Sehingga pengguna dapat langsung menggunakan aplikasi dan fitur yang ada tanpa membuatnya terlebih dahulu.

Contoh aplikasi pada penyimpanan ini adalah salesforece dan office365.

2. Platform as a Service (PaaS)

Untuk jenis ini seperti menyediakan tanah untuk menjalankan aplikasi. Layanan yang dimaksud di sini bisa dalam bentuk kerangka kerja, sistem operasi atau database.

Semua infrastruktur sudah siap sehingga pengguna hanya perlu membangun aplikasi sendiri.

Contoh aplikasi pada penyimpanan ini adalah Google App Engine dan Windows Azure.

3. Infrastruktur sebagai Layanan (IaaS)

Jenis berikutnya yang disediakan hanya infrastruktur TI yang dibangun di atas awan. Layanan infrastruktur di sini dapat berupa fisik seperti memori hard disk, jaringan dll.

Jenis infrastruktur juga disesuaikan dengan permintaan pengguna, jika mereka ingin memutakhirkannya dapat menghubungi penyedia server cloud.

Contoh aplikasi pada penyimpanan ini adalah Rackspace dan Amazon EC2.

Kelebihan dan Kelemahan Cloud Computing

Setiap hal harus memiliki kelebihan dan kekurangan serta penyimpanan cloud. Berikut ini kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan saat menggunakan sistem cloud computing.

Kelebihan Cloud Computing:

  • Karena semua data kita akan disimpan di server, kita tidak perlu media penyimpanan yang besar. Kami juga tidak perlu repot menginstal aplikasi karena sudah tersedia di server.
  • Karena cloud computing memanfaatkan jaringan internet, maka kita dapat mengakses semua data yang ada kapan saja, di mana saja saat terhubung ke internet. Dengan ini, semua pekerjaan menjadi lebih fleksibel dan lebih mudah dilakukan di mana saja.
  • Semua infrastruktur penyimpanan dalam penyimpanan cloud disesuaikan dengan permintaan pengguna. Kami dapat meningkatkan kapasitas jika Anda ingin menyimpan data yang lebih besar tanpa harus memindahkannya seperti di penyimpanan fisik.

Kelemahan Cloud Computing:

  • Karena menggunakan jaringan, sebagai pengguna kita harus terkoneksi ke internet agar dapat mengakses data yang ada di server. Tanpa jaringan internet kami tidak dapat menggunakan layanan ini. Selain itu biaya yang dikeluarkan untuk keperluan internet bisa sangat besar jika data yang diunggah dan diunduh besar.
  • Seperti yang kita diskusikan di atas, semua data kita akan disimpan di server. Tentu saja layanan ini akan membutuhkan biaya sendiri untuk menyewa server. Jika data yang disimpan di sana besar, maka biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Pengertian Cloud Computing: Cara Kerja, Jenis, Kelebihan & Kelemahan, semoga dapat membantu dan menambah wawasan anda.

Terima kasih telah membaca dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa itu cloud computing?

Cloud computing adalah sistem komputasi yang memanfaatkan teknologi cloud (internet).

Apa itu Saas?

SaaS adalah Software as a Service yaitu layanan Cloud yang disediakan dalam bentuk perangkat lunak.

Sebutkan contoh IaaS?

Contoh aplikasi pada penyimpanan ini adalah Rackspace dan Amazon EC2.

Call Center Grab

Dinda
2 min read

Game Hack Tool

Dinda
3 min read