Merawat Charger HP

Posted on

Tips Merawat Charger HP Agar Lebih Awet Tidak Cepat Rusak – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips cara merawat charger HP yang sering kali kita asal saja dalam menggunakannya, akibatnya charger akan cepat rusak.

Charger merupakan komponen penting dalam penggunaan ponsel. Sayangnya, terkadang ada banyak pengguna ponsel yang tidak menggunakan charger dengan baik dan benar, dan tidak peduli dengan perawatannya.

Ini sering menyebabkan kerusakan pada charger. Meskipun merawat charger sama pentingnya dengan merawat ponsel. Memang, harga charger di pasaran sekarang cenderung murah.

Tapi itu tidak berarti Anda bisa menggunakan charger secara asal-asalan. Namun, tidak ada yang ingin charger cepat rusak. Langsung saja berikut beberpa tips dalam merawat chareger agar tetap awet.

Tips Merawat Charger HP Yang Baik dan Benar

tips merawat charger hp

1. Gunakan Charger Original

Selalu gunakan charger asli sehingga kualitas dan daya tahan lebih baik. Charger asli juga akan membuat kualitas baterai Anda lebih lama karena daya yang dibutuhkan oleh baterai sama dengan daya yang disediakan oleh charger Anda.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan charger dari debu agar kualitas kinerjanya tidak terganggu oleh kotoran.

2. Cabut Charger Saat Penuh

Ketika pengisian sudah penuh, Anda harus segera mencabut charger dari steker. Ini untuk menghindari pengisian berlebih baterai ponsel Anda. selain itu, charger yang berfungsi terlalu sering akan membuat kualitasnya menurun dengan cepat.

3. Tidak Boleh Terlalu Sering Melepas Kabel USB

Charger yang cepat rusak biasanya disebabkan oleh seringnya melepas kabel USB. Ini dapat menyebabkan port di dalam charger menjadi longgar. Akibatnya proses pengisian menjadi tidak seimbang.

Jika memungkinkan, Anda dapat menggunakan kabel USB lain untuk menghubungkan ponsel dengan berbagai perangkat. Pasang kabel USB ke charger dengan hati-hati agar port tidak mudah rusak.

4. Kabel Charger Tidak Boleh Digulung

Seringnya menggulung kabel charger akan membuat kabel cepat putus. Ini karena ketika Anda menggulung kabel akan lebih mudah terjepit dan mudah rusak.

Solusinya adalah ketika setelah mengisi ulang baterai, gulung kabel dengan tekukan minimum. Anda dapat menggunakan alat khusus untuk menggulung kabel sehingga pengisi daya tetap awet.

5. Hal Yang Perlu Diperhatikan

Berikut hal yang perlu diperhatikan apabila Anda ingin mencharge HP Anda :

  • Sesuaikan jenis pengisi daya dengan jenis ponsel dan kapasitas baterai.
  • Isi daya saat ponsel Anda tidak aktif. Dengan begitu, proses pengisian akan lebih cepat dan lebih efektif.
  • Pastikan posisi charger di colokan harus pas atau tidak longgar untuk menghindari overheating yang dapat merusak charger.
  • Jika instruksi bilah baterai pada ponsel berhenti bergerak atau muncul pernyataan bahwa baterai sudah penuh, segera cabut pengisi daya. Jika tidak dilepas, itu bukan hanya pengisi daya yang rusak, tetapi juga baterai ponsel juga.
  • Mengawasi proses pengisian daya ponsel, jangan meninggalkannya dalam waktu lama.

Artikel Lainnya :

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Merawat Charger HP Agar Lebih Awet Tidak Cepat Rusak. Semoga bermanfaat.