Cara Mengatasi Touchscreen Bermasalah

3 min read

Cara Mengatasi Touchscreen Bermasalah – Smartphone dan Tablet akan sangat membantu menyelesaikan pekerjaan kami, dengan smartphone kami dapat menjalankan berbagai fitur Android, Anda dapat memainkan game dan membuka aplikasi langsung di ponsel Android Anda.

Sebagian besar ponsel android dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup bagus, mengingat harga sebuah smartphone android cukup ramah di kantong kita. Selain itu spesifikasi yang ditawarkan berupa komponen perangkat keras yang cukup baik, seperti prosesor yang digunakan dan layar yang digunakan.

Sekarang mengenai layar adalah bagian yang sangat penting dari keberadaannya pada perangkat android, yang menjadi masalah ketika layar sentuh yang digunakan rusak atau error. Nah, jika seperti ini, sulit untuk menjalankan aplikasi dan fitur di Android lagi.

Tidak sedikit dari beberapa masalah yang sering muncul ketika ada masalah pada layar dengan tingkat respons layar sentuh Android, misalnya, tingkat respons sensitif terlalu lambat atau mungkin juga karena terlalu cepat dan terkadang juga masalah layar sentuh yang tidak merespons kemacetan.

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa ponsel Android Anda rusak, termasuk karena ada aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan penggunaan RAM yang besar, tentu saja ini akan membuat RAM membeku dan akhirnya membuat layar tidak merespons. Lalu karena perlindungan LCD yang tidak pas, nah, berikut cara memperbaiki smartphone android layar sentuh yang rusak.

Untuk dapat Mengatasi Touchscreen Bermasalah, ada cara mudah, ini adalah metode dasar yang disebabkan oleh masalah kecil pada smartphone Android, dan kemudian bagaimana menangani error dalam bentuk layar Android sebagai berikut.

Cara Mengatasi Touchscreen Bermasalah

Mengatasi Touchscreen Bermasalah pada Handphone Android

1. Layar sentuh yang terlalu sensitif atau kurang sensitif

Masalah pertama yang mungkin Anda alami ketika layar sentuh terlalu sensitif atau kurang sensitif untuk disentuh, kita dapat mengatasinya dengan mudah dengan melakukan perbaikan pada tingkat sensitivitas seperti di bawah ini:

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengkalibrasi smartphone Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi: Kalibrasi Layar.
  • Kemudian restart smartphone android terlebih dahulu, lalu coba jalankan toucscreen pada smartphone android

2. Keluarkan Kartu SIM, Baterai dan MicroSD

Hapus semua komponen di atas untuk menetralisir kondisi smartphone Android, dengan merilis komponen ini beberapa menit. Dengan begitu bisa mengatasi layar sentuh yang terkadang tidak merespons.

3. Bersihkan Smartphone & Tablet Android

Untuk mengatasinya Anda perlu melakukan perawatan rutin pada perangkat Android, Anda perlu membersihkan layar Android, tetapi sebelum itu, matikan Android terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat membersihkan ponsel Android Anda dengan menggunakan tisu yang dilembabkan dengan alkohol isopil.

Kemudian Anda dapat membersihkan ponsel Android Anda dengan menggunakan tisu yang dilembabkan dengan alkohol isopil.

4. Lakukan Reset Pabrik. (Tidak direkomendasikan)

Ketika fitur layar sentuh benar-benar rusak pada Android maka Anda dapat mengatur ulang Android ke pengaturan pabrik, cara ini biasa disebut factory reset.

Namun, pengaturan ulang pabrik tidak disarankan karena dapat menghapus data dalam memori internal dan akan mengembalikan pengaturan pada Android seperti sebelumnya.

Pastikan sebelum melakukan reset pabrik, Anda terlebih dahulu mencadangkan data jika diperlukan pada flash atau PC, seperti cara mereset android ke pengaturan pabrik sebagai berikut.

  • Matikan ponsel android Anda terlebih dahulu.
  • Setelah itu, tekan dan tahan tombol Volume Naik + HOME + Daya bersamaan
  • Kemudian gunakan Volume Naik untuk memilih menu Reset pabrik / Hapus data Jika Anda
  • kemudian tekan tombol power untuk mulai mengatur ulang android Anda. Saat diatur ulang, Anda hanya perlu menunggu sampai prosesnya selesai.
  • Setelah selesai, Anda harus memilih menu Reboot System Now

Reset Android ke pengaturan awal untuk dapat mengatasi layar sentuh tidak dianjurkan, pastikan Anda mencoba menunjuk ke 1 hingga 3 terlebih dahulu.

Catatan: Reset Pabrik berbeda untuk setiap ponsel.

5. Kalibrasi layar

Layar tidak rusak seperti retak atau pecah tetapi lambat merespons, maka cara yang bisa diambil adalah dengan mengkalibrasi. Metodenya adalah:

  • Pilih menu pengaturan Klik tampilan Kemudian, klik kalibrasi dan layar akan secara otomatis kosong putih Jangan panik mengapa layar menjadi putih, itu pertanda bahwa layar sedang dikalibrasi
  • Klik layar putih dan ikuti instruksi pada layar sampai proses kalibrasi selesai Layar akan kembali normal saat disentuh dan tidak lambat lagi.

6. Multitouch Tester

Aplikasi ini bisa dibilang merupakan aplikasi android yang bermanfaat bagi siswa. Jika Anda merasa layar sentuh mulai error, lambat dan banyak lag, jika mudah panik dan banyak uang segera bawa ke layanan, kan?

Bagaimana mungkin seorang anak yang masih meminta uang dari orang tua. Jadi jangan menganggap mulai kesalahan, lambat dan banyak lag di layar pasti rusak. Coba dulu dengan cara sederhana yaitu mengunduh aplikasi Multitouch Tester.

  • Unduh aplikasi Multitouch Tester
  • Instal aplikasi dan tunggu hingga proses instalasi selesai
  • Jalankan aplikasi, anda akan diminta menempelkan jari dan menjalankan jari anda di layar, jika ada ada bagian yang tak terhitung itu tandanya layar android anda rusak.

6. Memaksa pembacaan GPU

Salah satu alasan layar mengalami gangguan adalah karena sektor transisi yang buruk. Jadi, gunakan pembacaan Force GPU untuk meringankan elemen di layar. Untuk mengaktifkan fitur ini ada dua cara:

  • Pertama, Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Paksa pembacaan GPU. Kedua, jika tidak ada menu opsi pengembang, Anda hanya perlu pergi ke Pengaturan -> Tentang telepon -> Opsi Pengembang

7. Ganti komponen

Cara memperbaiki layar sentuh Android dengan kesalahan terbaru adalah dengan mengganti komponen. Ada kalanya tanpa berpikir, layar ponsel kita rusak karena telah jatuh atau rusak parah di layar.

Jika Anda sudah menyukai ini, cara terbaik adalah membeli layar baru terutama jika telah merusak LCD atau bagian dalamnya. Namun, jika satu-satunya bagian kaca luar yang rusak tanpa LCD Anda masih bisa bernapas lega, setidaknya tidak harus menghabiskan begitu banyak uang untuk menggantinya dengan yang baru.

Bagaimana, apakah layar sentuh Anda benar? Pastikan untuk memeriksa ulang layar, karena layar sentuh rusak karena penyebab sepele atau fatal seperti jatuh. Jadilah cerdas merawat perangkat dan bagian-bagiannya termasuk layar sentuh, karena layar menjadi bagian penting untuk ponsel. Jika rusak, sudah selesai.

Jika masalah pada layar sentuh masih terjadi, maka saya sarankan untuk memperbaiki ke pusat layanan atau konter tempat ponsel itu dibeli. Pastikan untuk memilih pusat layanan tepercaya untuk menyelesaikan masalah layar sentuh android Anda.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk Mengatasi Touchscreen Bermasalah yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

Baca Juga:

F.A.Q

Mengapa Touchscreen Bermasalah?

Ada banyak alasan mengapa ponsel Android Anda rusak, salah satunya karena ada aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan penggunaan RAM yang besar, tentu saja ini akan membuat RAM membeku dan akhirnya membuat layar tidak merespons.

Masalah Apa Yang Sering Muncul?

Layar tidak Responship atau lambat.

Apakah Harus Mengganti Komponen?

Tidak harus, mengganti komponen bisa di lakukan apabila ketika sudah di lakukan cara-cara di atas namun layar masih tetap bermasalah.

SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id