Cara Mengatasi Mobile Legend Tidak Dapat Dibuka

7 min read

Cara Mengatasi Mobile Legend Tidak Dapat Dibuka Dan Penyebabnya – Halo sahabat ditulisan ini saya akan membahas tentang game mobile legends terutama masalah pada game ini yaitu game tidak bisa di buka.

Oke Kita bahas tuntas sekarang.

Apa Itu Mobile Legends?

Mobile Legends adalah game online yang populer dan dicintai oleh berbagai kelompok, game ini termaksud kategori game moba yang di mainkan 5 vs 5, dan terdapat banyak keunggulan dari pada game moba lain.

Ini memang masuk akal karena game Mobile Legends ini memiliki fitur yang sangat menarik dan ada juga banyak pahlawan, dan skin.

Ada banyak pahlawan yang bisa digunakan di Mobile Legends. Salah satu pahlawan yang menarik perhatian dalam permainan ini adalah pahlawan Gatot Kaca, yang merupakan tokoh boneka Indonesia.

Dengan pahlawan Gatot Kaca ini, maka tentu saja pemain dari Indonesia akan semakin memainkan game ini.

Karena banyaknya game yang serupa, hanya game Mobile Legends yang hanya membawa karakter pahlawan dari Indonesia saat itu.

Namun di balik kesuksesan dan popularitas, ternyata beberapa pengguna game ini mengalami beberapa masalah termasuk game tidak dapat dibuka, Mobile Legends hanya memuat, Mobile Legends hanya macet saat memuat.

Tentu saja beberapa dari masalah ini membuat pengguna game Mobile Legends merasa tidak nyaman dan terganggu.

Karenanya dalam artikel ini saya akan memberikan informasi tentang penyebab dan cara untuk mengatasi game Mobile Legends yang tidak dapat dibuka atau macet pada saat memuat.

Untuk lebih jelasnya, lihat diskusi di bawah ini.

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa game Mobile Legends tidak dapat dibuka atau macet saat memuat.

Namun secara umum, penyebab ini adalah kelalaian dan kesalahan penggunanya. Lihatlah penjelasan berikut.

Penyebab Mobile Legends Tidak Bisa Di Buka

Mengatasi Mobile Legend Tidak Dapat Dibuka

1. Tidak ada koneksi internet

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa game Mobile Legends adalah game online. Jadi itu berarti Anda harus selalu terhubung ke koneksi internet sehingga Anda dapat membuka dan memainkan game.

Pastikan juga koneksi internet yang Anda gunakan stabil dan tidak rusak sehingga Anda dapat menikmati kesenangan dan kesenangan bermain game Mobile Legends ini.

2. Tidak Kompatibel dengan Perangkat

Penyebab selanjutnya mengapa game Mobile Legends tidak dapat dibuka mungkin karena ketidakcocokan antara kedua pihak yang pertama versi sistem operasi dan kedua smartphone android yang Anda gunakan dalam game Mobile Legends itu sendiri.

Karena jika ingin memainkan game ini, ada spesifikasi perangkat minimum yang perlu diperhatikan.

Sekarang spesifikasi minimum ponsel cerdas android yang Anda gunakan untuk dapat menginstal atau menginstal game Mobile Legends ini yaitu perangkat android Anda memiliki setidaknya sistem operasi Android versi 4.03 dan yang lebih tinggi.

Jadi jika smartphone Android Anda tidak dapat menginstal game ini, maka mungkin karena sistem operasi Android Anda masih dalam versi lama.

3. Virus

Alasan yang satu ini hanya dapat terjadi jika Anda menginstal game Mobile Legends dengan versi mod atau hack yang berbau seperti curang.

Bisa juga karena Anda mengunduh game ini melalui situs web dan blog yang tersebar di internet.

Di game Mobile Legends ini, ada beberapa item khusus yang hanya bisa digunakan dengan membelinya.

Namun, ada beberapa orang yang memahami pengkodean dan melihat celah dalam game ini dan membuat versi curang dan bajakan dengan membuka semua item yang seharusnya tidak bisa dibeli secara gratis.

Tetapi Anda harus ingat bahwa membuat versi mod atau cheat game Mobile Legends ini tidak mudah.

Karenanya pembuat game versi cheat atau mod ini akan menyisipkan beberapa kode iklan dan virus lain yang dapat membahayakan Anda di masa depan.

Karena itu sangat disarankan jika Anda ingin menginstal aplikasi atau game, instal dari versi asli pengembang saja.

4. Memori Penuh

Meskipun pada awalnya jumlah data yang dibutuhkan untuk menginstal game Mobile Legends hanya membutuhkan kurang dari 100 MB, tetapi pada kenyataannya ada beberapa perangkat android yang membutuhkan lebih dari 1 GB untuk menyimpan semua data dari game Mobile Legends ini.

Kapasitas memori baik memori internal maupun RAM sangat penting karena dapat memengaruhi kesehatan dan kinerja smartphone.

Karena Anda perlu tahu bahwa dua penyimpanan ini memiliki banyak pekerjaan dan juga memiliki pengaruh lebih dari yang lain.

5. Tidak Pernah Diperbarui

Penyebab permainan Mobile Legends tidak dapat dibuka atau macet pada saat memuat mungkin karena versi game Mobile Legends yang Anda pasang sudah usang atau terlalu tua.

Tujuan utama diperbarui pada aplikasi atau game adalah untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan di versi sebelumnya dan menambahkan beberapa fitur baru yang lebih menarik.

Dengan kemunculan fitur-fitur menarik ini akan memanjakan penggunanya dalam menggunakan aplikasi atau game.

Karenanya, jika pengembang game Mobile Legends mengeluarkan pembaruan atau pembaruan.

Maka Anda harus mengikuti pembaruan atau pembaruan tersebut agar Anda tidak ketinggalan fitur atau pahlawan baru di Mobile Legends.

Cara Mengatasi Mobile Legend Tidak Dapat Dibuka

Mengatasi Mobile Legend Tidak Dapat Dibuka

Setelah kami membahas apa yang menyebabkan game Mobile Legends tidak dibuka atau macet saat memuat.

Selanjutnya kita akan membahas tentang cara mengatasi game Mobile Legends yang tidak dapat dibuka.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba jika game Mobile Legends yang Anda mainkan tidak dapat dibuka.

1. Terhubung ke internet

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa alasan mengapa game Mobile Legends tidak dapat dibuka atau dimuat terus-menerus ketika dibuka adalah karena tidak ada koneksi internet.

Karena game Mobile Legends ini adalah game online, artinya Anda harus selalu terhubung atau terhubung ke internet agar Anda dapat memainkannya.

Dan yang lebih penting, periksa paket internet Anda sebelum Anda memainkan game ini. Karena jangan sampai Anda telah mengaktifkan data seluler di Android, tetapi kuota internet Anda sudah habis.

Sekarang untuk pengguna wifi, maka Anda dapat bertanya langsung ke penyedia layanan WiFi mengapa itu tidak dapat digunakan untuk bermain Mobile Legends.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengundang apakah data internet atau WiFi Anda aktif atau tidak.

Cara memeriksa data seluler

Untuk memeriksa data seluler, Anda dapat membuka menu Pengaturan> Jaringan & Internet> silakan periksa sendiri di opsi Jaringan seluler.

Bagaimana cara memeriksa WiFi

Untuk memeriksa wifi Anda dapat pergi ke menu Pengaturan> Jaringan & Internet> maka Anda dapat mengaktifkan jaringan WiFi.

Catatan: Langkah-langkah ini dilakukan pada peta android Saya Xiaomi Note 5 Pro dengan sistem operasi 8.0.1 (Oreo).

Jika Anda mencobanya di perangkat Android lain, mungkin Anda akan mendapat sedikit perbedaan. Karena itu sesuaikan menurut perangkat yang Anda gunakan.

2. Bersihkan Cache

Cara mengatasi game Mobile Legends tidak dapat dibuka atau dilanjutkan memuat saat berikutnya dibuka dengan menghapus cache game Mobile Legends.

Metode yang satu ini adalah salah satu cara yang sering digunakan ketika ada masalah dengan aplikasi atau game. Bagi Anda yang tidak mengerti apa itu cache.

cache adalah tempat untuk menyimpan sementara file dan data dalam suatu aplikasi.

Karenanya Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih dapat menghapusnya kapan saja jika terjadi masalah. Sekarang berikut ini adalah cara untuk menghapus cache di game Mobile Legends.

Untuk menghapus cache dari game Mobile Legends Anda dapat pergi ke menu Pengaturan> Aplikasi & Pemberitahuan> pilih game Mobile Legends> Kosongkan Cache.

Catatan: Langkah-langkah ini dilakukan pada peta android Saya Xiaomi Note 5 Pro dengan sistem operasi 8.0.1 (Oreo).

Jika Anda mencobanya di perangkat Android lain, mungkin Anda akan mendapat sedikit perbedaan. Karena itu sesuaikan menurut perangkat yang Anda gunakan.

Selain menggunakan metode di atas, Anda juga dapat menghapus cache menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti CC Cleaner, 360 Security, DU Battery, dan sebagainya lebih mudah karena Anda hanya perlu mengklik untuk menghapus cache dari suatu aplikasi atau game.

3. Hapus Data

Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi game Mobile Legends yang muncul “Sayangnya Mobile Legends telah berhenti” atau tidak dapat dibuka adalah dengan menghapus data pada game Mobile Legends.

Metode ini bisa dibilang lebih efektif karena tidak hanya riwayat dihapus, tetapi juga data masuk seperti kata sandi dan alamat email.

Tapi jangan khawatir karena Anda masih bisa memainkan game Mobile Legends selama Anda masih ingat email atau kata sandi yang Anda gunakan sebelumnya.

Jadi Anda tidak akan bermain dan memulai permainan ini dari awal lagi. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menghapus data game Mobile Legends.

Untuk menghapus data game Mobile Legends Anda dapat pergi ke menu Pengaturan> Aplikasi & Pemberitahuan> pilih game Mobile Legends> Hapus Data.

Catatan: Langkah-langkah ini dilakukan pada peta android Saya Xiaomi Note 5 Pro dengan sistem operasi 8.0.1 (Oreo).

Jika Anda mencobanya di perangkat Android lain, mungkin Anda akan mendapat sedikit perbedaan. Karena itu sesuaikan menurut perangkat yang Anda gunakan.

4. Pembaruan Game Mobile Legends

Seperti yang sudah dijelaskan saya di atas bahwa salah satu penyebab game Mobile Legends tidak dapat dibuka adalah karena game yang Anda instal sudah usang atau memiliki versi lama.

Tujuan pembaruan ini pada game Mobile Legends adalah untuk memperbaiki bug atau kesalahan sistem di versi sebelumnya.

Selain itu pembaruan ini juga biasanya menghadirkan beberapa fitur baru untuk memanjakan penggunanya.

Meski begitu ternyata ada beberapa pembaruan yang tidak berjalan lancar dan malah justru membawa masalah lain seperti game tidak stabil, sering menutup diri atau foredclosed, dan sebagainya.

Tapi jangan khawatir karena biasanya pengembang akan segera memperbaikinya sehingga pemain Mobile Legends tidak beralih ke game lain.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbarui atau memperbarui game Mobile Legends sehingga Anda dapat memainkan game Mobile Legends lagi dan tidak terjebak saat memuat. Lihatlah langkah-langkah berikut.

Untuk memperbarui atau memperbarui game Mobile Legends, silakan buka Google Play Store> pilih Aplikasi Saya & Game> cari game Mobile Legends> klik Perbarui.

5. Instal ulang

Jika masalah tidak dapat diselesaikan dengan cara di atas, maka Anda dapat menggunakan metode berikut dengan menginstal ulang game Mobile Legends.

Jika game Mobile Legends yang Anda instal adalah versi mod atau cheat, maka hapus segera.

Karena bisa jadi suatu hari akun Anda akan diblokir atau diambil alih oleh mod atau pembuat aplikasi cheat.

Untuk membuat game seperti game Mobile Legends ini, pengembang game ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga membutuhkan dana yang cukup besar.

Karena itu untuk memberikan dukungan kepada pengembang aplikasi ini, akan lebih baik jika Anda hanya menginstal versi aslinya.

Sebelum Anda menginstal ulang game Mobile Legends, Anda harus terlebih dulu menghapus instalasi game Mobile Legends dengan masuk ke Pengaturan> Aplikasi & Pemberitahuan> pilih Mobile Legends> klik Copot Instalasi.

Catatan: Langkah-langkah ini dilakukan pada peta android Saya Xiaomi Note 5 Pro dengan sistem operasi 8.0.1 (Oreo).

Jika Anda mencobanya di perangkat Android lain, mungkin Anda akan mendapat sedikit perbedaan. Karena itu sesuaikan menurut perangkat yang Anda gunakan.

Jika Anda berhasil menginstal game Mobile Legends, Anda juga harus menghapus cache dari game Mobile Legends menggunakan bantuan aplikasi penghapus cache khusus yang banyak tersedia di Google Play Store.

Jika Anda sudah dapat menginstal game Mobile Legends lagi. Anda harus ingat bahwa game Mobile Legends yang Anda instal haruslah dari Google Play Store, bukan dari sumber lain yang tidak ada izin.

Dengan begitu masalah game Mobile Legends yang tidak dapat dibuka atau macet pada saat memuat tidak akan terulang lagi di hari lain.

6. Mulai ulang ponsel

Metode selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah dalam game Mobile Legends adalah dengan me-restart perangkat android yang Anda gunakan.

Metode yang satu ini adalah mematikan dan menghidupkan kembali perangkat android yang Anda gunakan. Karena itu bisa jadi masalah yang ditemukan pada perangkat android yang Anda gunakan.

Meskipun kemungkinan ini sangat kecil, tidak ada salahnya untuk Anda coba. Untuk metode ini saya tidak akan menjelaskan lebih lengkap tentang cara me-restart perangkat android.

Karena pasti kalian sudah sering melakukan hal yang satu ini.

7. Pembaruan Android

Seperti yang dijelaskan saya di atas, game Mobile Legends hanya kompatibel pada perangkat Android dengan sistem operasi Android versi 4.03 dan di atasnya.

Karena itu jika Anda masih bersikeras ingin memainkan game Mobile Legends ini, maka Anda harus terlebih dahulu memeriksa sistem operasi android yang Anda gunakan.

Cara untuk memeriksanya adalah sebagai berikut.

Untuk memeriksa versi android Anda dapat pergi ke menu Pengaturan> Sistem>About Phone> Android Versi. Jika versi masih dalam versi lama, harus perbarui dulu.

Catatan: Langkah-langkah ini dilakukan pada peta android Saya Xiaomi Note 5 Pro dengan sistem operasi 8.0.1 (Oreo).

Jika Anda mencobanya di perangkat Android lain, mungkin Anda akan mendapat sedikit perbedaan. Karena itu sesuaikan menurut perangkat yang Anda gunakan.

8. Laporkan bug

Sekarang cara mengatasi Mobile Legend tidak dapat dibuka terakhir yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi game Mobile Legends yang tidak dapat dibuka atau dimuat adalah dengan melaporkan bug atau kesalahan sistem kepada pengembang.

Cara ini saya tulis karena mungkin ada banyak di luar sana yang merasakan hal yang sama seperti yang terjadi di game Mobile Legends Anda.

Oke itulah cara mengatasi Mobile Legend tidak dapat dibuka yang dapat saya sampaikan dalam diskusi tentang penyebab dan cara untuk mengatasi game mobile legends tidak dapat dibuka atau macet pada saat memuat.

Semoga dapat bermanfaat untuk kalian dan terima kasih.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu Mobile Legends?

Termaksud kategori game moba yang di mainkan 5 vs 5.

Masalah Pada Mobile Legends?

Tidak dapat dibuka, Mobile Legends hanya memuat, Mobile Legends macet saat memuat, pesan peringatan muncul “Sayangnya Mobile Legends telah berhenti”

Cara Mengatasi?

Bersihkan Cache, Hapus Data, Periksa Pembaruan Game Mobile Legends, Instal ulang

error: Content is protected !!