Mengatasi Hasil Cetakan Printer Jelek

2 min read

10 Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Jelek: Semua Merk Printer – Printer adalah salah satu perangkat keras pelengkap di komputer atau PC yang sering kita temui.

Fungsi printer itu sendiri adalah untuk mencetak berbagai jenis dokumen pada kertas. Dan memang di dunia sekarang ini, keberadaan printer sangat berguna untuk memudahkan pekerjaan kita.

Kita dapat membuat berbagai dokumen penting di atas kertas tanpa harus menulisnya secara manual.

Cara Mengatasi Hasil Cetak Bergaris

Mengatasi Hasil Cetakan Printer Jelek

Namun seperti barang elektronik pada umumnya, printer tentu terkadang suka rewel dan mengalami beberapa masalah.

Mungkin yang sering terjadi dan Anda alami adalah ketika cetakan dihancurkan dan ada garis-garis di atasnya. Padahal dokumen yang kami cetak bersih dan tidak mengandung garis.

Apa yang terjadi? Apakah printer rusak? Eitsss, jangan langsung mengambil kesimpulan, silakan coba beberapa tips kuat dari kami di bawah ini.

1. Ubah Kualitas Cetak menjadi Tinggi

Saat mencetak dokumen, kita dapat memilih kualitas hasil. Biasanya secara default akan diatur ke standar.

Tetapi jika Anda mengalami masalah seperti hasil bergaris, cobalah untuk meningkatkan kualitas ke Tinggi. Mungkin ini bisa memperbaiki masalah, silakan coba sendiri.

2. Periksa Infusi Printer

Jika Anda menggunakan printer yang masih menggunakan sistem IV, jangan lupa untuk memeriksanya. Periksa apakah tinta mengalir dengan benar dan tidak terhalang.

Jika ada sesuatu yang menyebabkan tinta tidak mengalir dengan benar, hasil cetak printer juga akan bermasalah.

3. Ganti Cartride dengan yang baru

Komponen ini memang sangat penting tetapi juga sering mengalami masalah. Jika dia sudah cukup umur, maka tentu saja kinerjanya tidak sama lagi.

Dan ketika printer mulai mengalami banyak masalah, kartrid yang dicurigai rusak. Seiring dengan penggunaannya, komponen ini akan tiba saatnya untuk diganti dengan yang baru.

Jangan terlalu pelit karena ini akan membuat printer lebih awet dan tidak mudah rusak.

4. Garansi jika masih berlaku

Jika printer yang Anda gunakan masih cukup baru atau baru dibeli, cobalah untuk membuat klaim garansi. Ini akan lebih efisien dan sederhana, terutama jika Anda tidak ingin memperbaikinya rumit.

Mungkin ada cacat produksi yang menyebabkan printer tidak mencetak dokumen dengan benar.

5. Coba Bersihkan Kartrid

Ini adalah pengetahuan umum jika ada masalah dengan printer cetak, maka kartrid harus diperiksa terlebih dahulu.

Komponen yang satu ini memang sangat vital dan penting untuk hasil cetakan. Coba periksa di bagian kartrid, lihat apakah ada tinta yang mungkin menggumpal atau semacamnya.

Pastikan komponen ini bisa berfungsi dengan baik sehingga hasilnya juga bagus.

6. Ganti Tinta dalam Kartrid

Untuk memastikan bahwa kartrid dapat berfungsi sebagaimana mestinya, coba ganti konten tinta. Hapus dan bersihkan yang lama lalu ganti dengan tinta baru menggunakan suntikan.

Mungkin ada masalah dengan tinta yang tidak lagi bagus. Metode ini terbukti cukup efektif untuk berbagai masalah dengan cetakan printer.

7. Bersihkan Bagian Encoder

Apa itu encoder? Coba lihat bagian belakang cartridge. Ada komponen yang cukup panjang untuk disebut Encoder. Objek yang satu ini berfungsi sebagai sensor.

Karena itu, perannya sangat penting untuk menentukan hasil cetak printer. Jika sudah lama digunakan, maka enkoder juga perlu dibersihkan dari tinta atau debu yang tumpah.

8. Gunakan Fitur Head Cleaning

Selama ini, printer juga semakin pintar. Sekarang mereka juga bisa ‘membersihkan’ diri mereka sendiri. Dalam hal ini kita dapat menggunakan fitur pembersihan kepala yang tertanam di dalamnya.

Silakan masuk ke Control Panel, pilih Hardware and Sound dan klik Devices and Printers. Di sana Anda tinggal memilih fitur Cleaning / Deep Cleaning, harap tunggu prosesnya selesai.

Biasanya masalah dengan cetakan printer bergaris akan segera teratasi.

9. Ubah ke Mode Hanya Warna

Jika metode di atas masih belum bisa menjadi solusi untuk masalah ini, coba yang berikutnya. Di perangkat lunak perkantoran, silakan tekan CTRL + P, lalu pergi ke Properties dan pindah ke tab menu Maintenance.

Kemudian pilih opsi Pengaturan Kartrid Tinta, di sana Anda berubah menjadi Hanya Warna lalu OK. Selesai, coba lakukan proses pencetakan lagi.

10. Bawa ke Tempat Layanan

Untuk yang terakhir, mereka yang macet tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya. Lebih baik kamu serahkan pada ahlinya.

Ada orang yang mengerti dan bisa mengetahui apa penyebab dan solusi untuk masalah ini. Daripada menjadi rusak, lebih baik menghabiskan sedikit uang.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Mengatasi Hasil Cetakan Printer Jelek. Semoga artikel di atas dapat membantu anda menangani masalah pada printer anda.

Terimkasih telah membaca dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu Printer?

Printer adalah alat yang berfungsi untuk mencetak.

Apa Itu Encoder?

Coba lihat bagian belakang cartridge. Ada komponen yang cukup panjang untuk disebut Encoder .

Bagaimana Cara Merawat Printer?

Lakukan Head Cleaning Seminggu sekali pada printer anda.

error: Content is protected !!