Mempercepat Koneksi Internet Android

Posted on

Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Work – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips bagi Anda yang merasa koneksi internet di ponsel Androidnya lemot.

Kehadiran internet sekarang seperti kebutuhan primer yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir semua pekerjaan sekarang membutuhkan koneksi internet.

Namun, masalah muncul karena koneksi internet di Indonesia di Indonesia tidak stabil. Namun, tenanglah, ada cara untuk mempercepat koneksi internet yang bisa Anda lakukan.

Sebelum membahas lebih lanjut, kita membahas terlebih dahulu mengapa internet tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Banyak yang berpendapat salah satu alasannya adalah karena menjamurnya pengguna ponsel pintar atau smartphone.

Agar dapat digunakan secara optimal, smartphone itu sendiri harus dapat terhubung ke internet. Dengan koneksi yang baik, kegunaan akan semakin dimanfaatkan.

Selain itu, mungkin sebagian dari kita merasa bahwa ketika internet mati, hidup terasa hampa. Internet lemot saja kita sudah ngambek, apalagi mati.

Nah, untuk itulah kami mempunyai beberapa tips yang mungkin bisa membantu masalah Anda. Oke, langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

cara mempercepat koneksi internet di android

1. Gunakan Jaringan 3G/4G Only

Jika ponsel android Anda memiliki dukungan untuk jaringan 3G dan 4G, sesuaikan kecepatan jaringan dengan dua opsi ini.

Untuk mengaktifkan jaringan 3G dan 4G cukup mudah, masuk ke menu pengaturan> lainnya> jaringan seluler> mode jaringan> pilih hanya jaringan 3G atau 4G.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Pengoptimal Kecepatan 3G/4G, fungsi aplikasi ini adalah untuk mempercepat koneksi Internet hingga 200%.

2. Setting User Agent

Terdapat banyak situs web yang dibuat responsif untuk menyesuaikan tampilan secara otomatis ketika dibuka melalui perangkat seluler seperti ponsel cerdas.

Meski begitu, terkadang masih ada orang yang tampaknya dipaksa untuk menggunakan tampilan web komputer di ponsel mereka. Padahal ini akan membuat koneksi internet lebih berat.

Untuk mengakali itu, Anda dapat mengubah agen pengguna di browser menjadi seluler. Perubahan agen pengguna ini dimaksudkan untuk memampatkan data sesuai dengan tampilan pada ponsel/mobile.

3. Hapus Cache

Aplikasi yang menyimpan cache jika dibiarkan diam akan lebih besar dan lebih memberatkan kinerja smartphone Anda.

Selain kinerja, cache yang terakumulasi akan membuat proses pemuatan data menjadi berat. Untuk membuat koneksi internet Anda di ponsel pintar Android Anda lebih cepat, bersihkan cache secara teratur.

Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master. Atau juga Anda dapat dengan mudah menghapus cache melalui menu Pengaturan > Penyimpanan > Cache, lalu pilih Hapus Cache.

4. Gunakan VPN

Terdapat banyak aplikasi VPN yang tersedia di Google Play Store, Anda cukup pilih yang mana yang memiliki peringkat bagus.

Selain dapat mempercepat koneksi internet, aplikasi VPN juga dapat digunakan untuk membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Pastikan Anda terhubung ke IP di negara yang tepat.

Artikel Lainnya :

Nah, itulah beberapa Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android Work yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.