Cara Memindahkan Aplikasi / Data Game ke SD Card Tanpa Root

1 min read

Cara Memindahkan Aplikasi / Data Game ke SD Card Tanpa Root – Setiap orang tentu memiliki perangkat Android dengan spesifikasi yang berbeda-beda, terutama kapasitas memori internal yang kecil.

Nah, dengan minimnya tempat penyimpanan data di android kita, tentu saja ini menjadi masalah besar dimana kita tidak bisa menginstal aplikasi terlalu banyak.

Terlebih lagi setiap aplikasi Biasanya memiliki data atau file cache yang dibutuhkan memori internal.

Cara untuk memindahkan data aplikasi android ke SD Card sebenarnya sangat mudah, terutama bagi pengguna yang memiliki sistem operasi berbasis Kitkat dan Lollipop.

Bagaimana tidak, OS versi terbaru ini karena bisa mengenali aplikasi mana yang bisa dipindahkan ke SD Card. Namun tentu saja tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke memori eksternal.

Untuk meringankan ruang penyimpanan internal Android Anda, di sini kami memiliki cara yang dapat Anda gunakan untuk memindahkan aplikasi ke SD Card tanpa root.

Namun agar game tidak lag/break setelah dipindahkan ke memori eksternal, kami merekomendasikan menggunakan SD Card Class 10 agar transfer data saat game dijalankan dapat berjalan dengan normal.

Memindahkan Aplikasi / Data Game ke SD Card Tanpa Root

memindahkan game ke sd card tanpa root

Pertama kami akan membahas untuk ponsel Android yang belum di-root. Tetapi syarat untuk dapat memindahkan data game ke kartu SD tanpa root Anda harus menggunakan Android 8.1 (Oreo).

Karena pada Android Oreo sudah memiliki fitur untuk memindahkan data aplikasi atau game tanpa harus memasang folder. Silakan lihat langkah-langkah untuk memindahkannya di bawah ini.

  • Pastikan Anda telah memasang Kartu SD ke ponsel Anda.
  • Masuk ke Setelan Ponsel > Manager Aplikasi.
  • Cari game tempat Anda ingin memindahkan data.
  • Masuk ke Storage, maka akan ada status penyimpanan, pilih CHANGE kemudian pilih Kartu SD / SD Card.memindahkan game ke sd card
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Ekspor, untuk melanjutkan langkah pilih tombol MOVE di bagian bawah.
  • Tunggu hingga proses pemindahan data game selesai.

Proses pemindahan tergantung pada ukuran data game yang dipindahkan, semakin besar data game, proses pemindahan akan lebih lama.

Selama proses memindahkan data game ke Kartu SD, Anda tidak dapat membuka atau memainkan game.

memindahkan game ke sd card

Setelah proses selesai, status penyimpanan data game akan berubah menjadi Penyimpanan Eksternal.

Artikel Lainnya :

Demikianlah Cara Memindahkan Aplikasi / Data Game ke SD Card Tanpa Root. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.