Layanan Google Play Force Close

1 min read

Cara Mengatasi Layanan Google Play Force Close – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi layanan google play yang sering terhenti atau force close.

Hal ini sering terjadi, pada kenyataannya, beberapa orang melakukan hal ekstrim untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan cara hard reset pada Android yang menyebabkan semua data hilang dan seperti baru lagi.

Itu tidak salah, itu juga salah satu cara untuk mengatasi Layanan Google Play telah berhenti, tetapi menurut saya terlalu ekstrim untuk dilakukan.

Nah, di sini kami akan bagikan Cara Mengatasi Layanan Google Play telah berhenti tanpa hard reset, atau flash atau instal ulang dan lainnya. Bagaimana caranya? Simak saja pembahasan berikut ini.

Penyebab

Menurut beberapa referensi masalah ini dapat muncul karena menumpuk cache pada aplikasi Google Play Service itu sendiri.

Selain cache, terkadang versi aplikasi Layanan Google Play yang telah kedaluwarsa dapat menjadi penyebabnya. Karena aplikasi ini akan diperbarui secara otomatis ketika versi baru diluncurkan.

Tetapi jika ponsel Anda sangat jarang terhubung ke internet, proses pembaruan akan tertunda dan akibatnya aplikasi menjadi kesalahan dan terus berhenti.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Force Close

cara mengatasi layanan google play force close

1. Hapus Data Cache

Salah satu penyebab Google Play Service berhenti adalah karena cache menumpuk. Untuk membersihkan data aplikasi ini melalui Pengaturan Seluler> Manajer Aplikasi.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Masuk ke Setting Ponsel > App Manager / App Terinstall.
  • Selanjutnya Tampilkan aplikasi sistem.
  • Cari aplikasi bernama Layanan Google Play / Google Play Service.
  • Kemudian silahkan pilih menu Penyimpanan lalu pilih Hapus Memori / Hapus Data.
  • Terakhir Restart Ponsel anda untuk memulihkan aplikasi.

2. Update Versi Aplikasi 

Layanan Google Play biasanya akan diperbarui secara otomatis. Tetapi jika ponsel Anda gagal memperbarui aplikasi ini secara otomatis, Anda dapat memperbarui secara manual dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Download dan install aplikasi yang bernama Play Service Info (Update) via Play Store.
  • Setelah terisntall silahkan jalankan aplikasinya, lalu pada halaman awal pilih tombol Play Store. Maka anda akan di arahkan ke halaman aplikasi Layanan Google Play.
  • Silahkan klik tombol Update untuk melakukan pembaruan aplikasi.

3. Izinkan Semua Aktifitas

Aplikasi Layanan Google Play memerlukan beberapa izin untuk mengakses ke beberapa aplikasi lain di ponsel Anda agar dapat berjalan secara normal.

Maka Anda harus mengizinkan semua layanan yang dibutuhkan oleh aplikasi ini. Untuk membuka semua izin, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk ke Pengaturan ponsel.
  • Pilih menu App Manager/App Terinstall.
  • Cari aplikasi Layanan Google Play.
  • Kemudian pilih menu Izin.
  • Lalu aktifkan semua izin akses seperti Kalender, Kamera, Kontak, Lokasi, Microfon, Penyimpanan, dan Telepon.

Apabila cara di atas sudah dicoba dan masih error, maka solusi terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengembalikan pengaturan telepon ke pabrik atau yang sering disebut soft reset.

Tetapi perlu diingat bahwa sebelum mengatur ulang ponsel Anda, Anda harus terlebih dahulu membuat cadangan semua data penting pada ponsel Anda.

Artikel Lainnya :

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab sekaligus Cara Mengatasi Layanan Google Play terhenti yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id