Kelebihan WordPress Dibanding Blogspot

3 min read

15 Kelebihan WordPress dibanding Blogspot / Blogger – Untuk blogger, tentu saja Anda sudah mengenal platform blogger dan wordpress. Kedua platform ini adalah platform blogging paling terkenal dan paling banyak digunakan oleh blogger di seluruh dunia.

Apa Itu WordPress?

Kelebihan WordPress Dibanding Blogspot

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Lebih dari 30% situs web dibuat di WordPress dan persentasenya masih akan meningkat.

Secara umum, sistem manajemen konten adalah aplikasi web yang memungkinkan pemilik, editor, dan penulis untuk mengelola situs web dan menerbitkan konten tanpa terlebih dahulu harus menguasai istilah teknis dan bahasa pemrograman.

Apa Itu Blogspot?

Kelebihan WordPress Dibanding Blogspot

Blogger adalah salah satu user interface ramah pertama untuk blogger. Pyra Labs, pencipta asli Blogger, memulai perusahaan kecil ini di San Francisco di tengah maraknya dot com.

Kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin Anda bertanya mana yang lebih baik antara wordpress dan blogspot?

Jika Anda berbicara tentang mana yang lebih baik, sebenarnya keduanya sama-sama baik, kedua platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun menurut saya sendiri, wordpress lebih baik untuk blogging karena optimasi lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan blogspot.

Nah pada kesempatan ini saya akan menjelaskan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh wordpress jika dibandingkan dengan blogspot.

Namun di sini saya hanya menjelaskan kelebihan wordpress, tapi tentu saja ada juga kelebihan blogspot jika dibandingkan dengan wordpress. Karenanya artikel ini dapat dipertimbangkan jika Anda ingin mulai membangun situs web.

Kelebihan WordPress dibanding Blogspot

Kelebihan WordPress Dibanding Blogspot

Jika Anda ingin membuat situs web profesional, wordpress bisa menjadi pilihan yang tepat. Inilah kelebihan wordpress dibandingkan dengan blogspot.

1. Dapat membuat halaman yang tidak termasuk daftar posting

Jika Anda menggunakan platform wordpress, Anda dapat membuat daftar posting dengan halaman terpisah dan tidak menjadi satu.

Menu terpisah ini hanya tersedia di platform wordpress dan tidak dimiliki oleh platform blogspot. Jika ada, halaman tersebut mungkin telah diedit oleh pemilik situs web.

2. Lengkap dengan ping otomatis

Jika Anda menggunakan platform wordpress, setiap kali Anda membuat posting, platform ini akan otomatis melakukan ping.

Fitur ini tentu akan membuat pengguna platform ini mendapatkan lebih banyak manfaat karena dapat memberi tahu ping penyedia layanan jika ada posting baru yang dibuat.

3. Banyak tema yang bisa digunakan

Di WordPress kita dapat memilih banyak tema yang dapat menyegarkan mata kita. Mulai dari tema gratis hingga tema berbayar.

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda tinggal memilih tema yang ingin Anda gunakan kemudian aktivasi dan setelah itu tema tersebut langsung dipasang di situs web Anda. Jadi untuk pemula tidak perlu repot dalam hal ini.

4. Permalink SEO Friendly

Jika Anda menggunakan platform wordpress maka Anda dapat menggunakan permalink sesuai keinginan. Lain halnya jika Anda menggunakan blogspot, Anda tidak dapat mengubah permalink di blogspot yang Anda inginkan.

Jadi dengan menggunakan wordpress Anda dapat mengatur permalink Anda sehingga seo friendly.

5. Memungkinkan pengguna untuk menginstal plugin

Jika Anda menggunakan wordpress, Anda dapat menginstal plugin di situs web Anda sendiri. Di WordPress sendiri ada banyak plugin yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda mengelola situs web Anda.

Maka dengan plugin ini Anda akan dipermudah ketika mengelola dan mengoptimalkan situs web Anda sendiri.

6. Dapat digunakan oleh lebih dari satu orang

Apa yang unik tentang platform ini adalah bahwa selain pemilik situs web orang lain juga dapat menggunakan situs web asalkan orang tersebut telah diberi wewenang oleh pemilik situs web.

Sehingga orang tersebut dapat diberikan berbagai wewenang mulai dari admin, editor, kontributor, penulis dan sebagainya. Sebenarnya blogspot juga memiliki fitur yang sama, tetapi wordpress ini lebih mudah dalam hal pendaftaran.

7. Fitur navigasi lengkap

Keuntungan lain yang dimiliki oleh platform wordpress adalah navigasi lengkap dan memudahkan penggunanya.

Meskipun gratis, Anda masih disajikan dengan tampilan dashboard yang menarik dan tidak mengecewakan. Selain itu Anda juga dapat mengubah tampilan dasbor Anda sendiri menggunakan plugin.

8. Mudah terhubung dengan SOSMED

Anda perlu tahu bahwa wordpress dapat Anda hubungkan dengan berbagai jenis media sosial yang Anda miliki seperti Yahoo, Facebook, Twitter, Google dan berbagai media sosial lainnya.

Dengan begitu, setiap kali Anda mengunggah posting, tautan posting akan secara otomatis muncul di berbagai media sosial yang Anda tautkan.

9. Memiliki fitur cadangan

Untuk membuat data Anda lebih aman, wordpress juga menyediakan fitur cadangan di mana Anda dapat membuat cadangan semua posting Anda agar aman.

Misalnya ada sesuatu yang tidak Anda inginkan dan tiba-tiba semua posting Anda hilang, oleh karena itu Anda dapat mengantisipasinya dengan melakukan backup terlebih dahulu sehingga Anda dapat mengunggah kembali posting Anda.

10. Lebih fleksibel

Menurut saya wordpress juga lebih fleksibel daripada blogspot. Di blogspot kita tidak terlalu bebas untuk menyesuaikan situs web kita sendiri, tetapi di WordPress kita diberikan berbagai kebebasan dan kenyamanan.

Dengan ini para pengguna dapat mengembangkan situs web seperti yang mereka inginkan.

11. Dapat digunakan offline tanpa internet

Kelebihan lain yang tidak kalah buruknya adalah kita bisa menggunakan wordpress tanpa menggunakan koneksi internet.

Tetapi sebelum itu Anda harus menginstal server web lokal menggunakan xampp dan sejenisnya.

Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan di situs web Anda tanpa harus terhubung ke internet.

12. Komentar ramah

Jika Anda termasuk orang yang ingin banyak orang mengomentari situs web Anda maka wordpress adalah pilihan yang tepat. Karena wordpress adalah platform blogging yang sangat ramah terhadap komentar.

Anda dapat melihat komentar di bawah postingan Anda, cara mengomentari posting itu sangat mudah karena hanya membutuhkan email, situs web, nama, dan komentar Anda.

13. Terhubung dengan banyak platform

WordPress adalah platform blog yang terhubung ke berbagai platform lain seperti buddypress, gravatar, akismet, bbpress, dan polladaddy.

Tidak hanya itu, wordpress juga memiliki fitur untuk mengimpor data dari Blogger, b2evolution, TextPattern, grayMetter dan sebagainya.

14. Baca Lebih Mudah

Seperti yang Anda semua tahu bahwa ketika kita ingin membuat lebih banyak membaca di blogspot maka kita harus mengubah html.

Tetapi di wordpress Anda tidak perlu mengubah html seperti di blogspot. Ini tentu bisa menjadi nilai tambah untuk platform wordpress.

15. Dilengkapi data menu statistik

WordPress menampilkan data statistik lengkap dari pengunjung di dasbor. Data menunjukkan data statistik lengkap, termasuk halaman paling populer, asal pengunjung, pencarian terbanyak, dan masih ada banyak data statistik yang bisa Anda temukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda tentang Kelebihan WordPress Dibanding Blogspot, semoga bermanfaat.

Sebenarnya kedua platform ini sama-sama mudah digunakan, tetapi dalam hal optimasi SEO, WordPress lebih baik jika dibandingkan dengan Blogpsot (hanya pendapat).

Baca Juga:

F.A.Q

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia.

Apa Itu Blogspot?

Blogger/Blogspot adalah salah satu user interface ramah pertama untuk blogger. Pyra Labs, pencipta asli Blogger, memulai perusahaan kecil ini di San Francisco di tengah maraknya dot com.

Lebih Baik WordPress Atau Blogspot?

Menurut saya, wordpress lebih baik untuk blogging karena optimasi lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan blogspot.

error: Content is protected !!