Fitur Tersembunyi WhatsApp

4 min read

13 Fitur Tersembunyi WhatsApp: Keren, Unik dan Berguna – Siapa yang mengira bahwa aplikasi perpesanan WhatsApp ternyata memiliki sejumlah fitur tersembunyi yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

Meski disembunyikan, tetapi sebenarnya fitur tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang tahu cara mengaksesnya. Sejumlah fitur ini dapat memudahkan penggunanya dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah menjaga privasi, mengelola konsumsi data, dan menyimpan percakapan dalam bentuk teks.

Fitur Tersembunyi WhatsApp

Fitur Tersembunyi WhatsApp

Nah di artikel ini kami akan membahas tentang fitur tersembunyi WhatsApp yang harus Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

1. Menyembunyikan “Last Seen”

Aplikasi obrolan WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk dapat melihat terakhir kali online yang lain.

Tetapi jika dirasa mengganggu privasi, maka Anda dapat menyembunyikan tanda “Terlihat Terakhir” atau “Last Seen”. Metode ini juga sangat mudah.

Anda hanya perlu masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih tab Akun & Privasi. Di sana Anda akan menemukan bar yang bertuliskan “Last Seen”. Klik tab, maka opsi lain akan muncul pop up.

Anda dapat memilih Semua Orang (semua orang dapat melihat), Kontak Saya (hanya kontak Anda yang dapat melihat), dan Tidak Ada (tidak terlihat oleh siapa pun).

2. Menyimpan Percakapan Dalam Bentuk Teks

Jika Anda orang yang rapi dan suka menyimpan berbagai jenis percakapan, maka fitur ini akan sangat cocok untuk Anda. Karena Anda dapat menyimpan berbagai percakapan dalam bentuk teks.

Metode ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu membuka tab obrolan tempat Anda ingin menyimpan obrolan dalam bentuk teks.

Kemudian klik ikon titik 3 yang terletak di sudut kanan atas, lalu pilih Lainnya, lalu pilih Obrolan Email.

Lalu selanjutnya Anda dapat memilih apakah Anda ingin memasukkan berbagai media dalam percakapan atau hanya teks. Jika demikian, sebuah email akan muncul untuk mengirim percakapan.

3. Percakapan Cadangan

Fitur ini memungkinkan Anda membuat cadangan data percakapan. Dengan begitu jika Anda mengganti telepon, maka semua percakapan WhatsApp di ponsel lama Anda dapat dipulihkan.

Metode ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu Pengaturan, lalu pergi ke tab Obrolan & Obrolan Cadangan.

Nantinya sejumlah pengaturan akan muncul untuk menyimpan data cadangan percakapan di Google Drive.

Masukkan saja akun Gmail Anda yang Anda miliki dan atur aplikasi untuk secara otomatis membuat cadangan untuk jangka waktu tertentu.

Kemudian nanti proses pencadangan akan berjalan secara otomatis dalam periode waktu yang ditentukan.

4. Menghentikan Unduhan Otomatis

Secara umum, jika kami berbagi foto dan media lain yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp, mereka akan secara otomatis diunduh.

Ini dapat menghasilkan konsumsi daya, paket data, dan kapasitas memori yang cukup besar.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengubah pengaturan sehingga semua media yang diterima melalui WhatsApp tidak diunduh secara otomatis.

Cara mengaturnya juga mudah, Anda hanya perlu pergi ke menu Pengaturan> Penggunaan Data> Pengunduhan Otomatis Media.

Ada tiga pilihan yang bisa Anda pilih, saat menggunakan data seluler, saat terhubung pada WiFi, atau saat roaming.

Di setiap opsi ini, Anda dapat memilih media apa yang akan diunduh secara otomatis atau tidak diunduh sama sekali.

5. Membuat Huruf Tebal & Miring

Anda perlu tahu bahwa WhatsApp sekarang dapat menampilkan huruf dalam format tebal atau miring, miring atau miring, dan dicoret atau dicoret.

Anda dapat membuat teks dengan memasukkan karakter khusus sebelum dan sesudah kata yang ingin Anda buat.

Agar kata-kata yang Anda buat menjadi tebal, maka gunakan tanda bintang (*) di antara kata-kata yang diinginkan, misalnya * isikuota.co.id * seperti gambar berikut.

Teks Whatsaap Menjadi Tebal Bold

Untuk membuat miring, gunakan tanda garis bawah ( _ ) antara kata-kata yang diinginkan, misalnya _ isikuota.co.id _ seperti gambar berikut.

Teks Whatsapp Menjadi Miring

Dan untuk membuat kalimat dicoret, gunakan tanda (~) antara kata-kata yang diinginkan, misalnya ~ isikuota.co.id~ seperti gambar di bawah.

Teks Whatsapp dicoret

6. Blokir Kontak

Jika Anda sering mendapatkan pesan spam atau pesan sampah yang mengganggu dari orang asing, maka untuk mengatasi masalah ini Anda dapat dengan mudah memblokir kontak orang itu.

Caranya juga sangat mudah, yaitu membuka percakapan orang yang dituju, lalu klik ikon titik 3 di sudut kanan atas, lalu pilih Blokir. Seberapa mudah bukan?

7. Tanda Bintang

Anda dapat membintangi setiap percakapan di WhatsApp. Tanda bintang berfungsi untuk mencatat informasi penting yang ingin Anda tandai.

Caranya adalah, pilih pesan yang ingin Anda tandai, lalu klik dan tahan selama beberapa detik. Kemudian Bintang akan muncul di tajuk WhatsApp. Kemudian klik tanda Bintang.

Jika Anda ingin melihat berbagai pesan yang telah ditandai dengan bintang, maka Anda hanya perlu mengklik ikon titik 3 di sudut kanan atas. Kemudian pilih tab yang bertuliskan “Pesan Berbintang”.

Tentunya sangat mudah dan bermanfaat bukan.

8. Membalas Pesan yang Telah Tenggelam Dalam Grup

Jika Anda ingin mengutip pesan dalam grup dan ingin membalasnya, maka Anda harus menekan lama pada pesan tersebut. Dan kemudian beberapa ikon akan muncul yang dapat Anda pilih.

Salah satunya adalah ikon panah yang terletak di paling kiri. Anda hanya perlu menekannya sekali.

Maka WhatsApp akan secara otomatis mengutip pesan yang ingin Anda balas. Setelah selesai menulis balasan, kirim pesan.

Dengan begitu anggota grup akan mengerti bahwa Anda mendiskusikan obrolan yang lebih spesifik yang dibesarkan oleh satu orang.

9. Colek Teman di Grup

WhatsApp memiliki fitur untuk menyebutkan atau menyodok teman yang berada di grup percakapan yang sama. Dengan fitur ini, pengguna yang menjadi anggota grup akan lebih waspada ketika disebutkan.

Fitur ini masih akan memaksa sistem untuk membuat suara notifikasi ketika pengguna disebutkan.

Meskipun kru percakapan telah dibuat dalam mode diam atau bisu. Sebelumnya, jika pengguna membisukan grup, sistem tidak akan mengeluarkan bunyi notifikasi apa pun.

Jadi pengguna sering tidak menyadari bahwa mereka diundang untuk berbicara dalam grup WhatsApp.

Anda dapat menggunakan fitur penyebutan dengan mengetikkan tanda “@” (tanpa tanda kutip). Setelah mengetikkan simbol “@” di kolom percakapan, itu akan muncul dari deretan nama kontak yang terdapat dalam grup.

Anda dapat mengetik nama kontak yang Anda inginkan atau memilih satu dari daftar kontak yang dibesarkan oleh WhatsApp.

10. Sembunyikan Tanda Baca

Setiap pesan yang kami kirim saat telah dibaca akan dilambangkan dengan tanda centang biru. Tetapi jika Anda tidak ingin orang lain tahu status pesan Anda telah dibaca atau belum, maka Anda dapat mengubahnya.

Untuk cara masuk ke menu Pengaturan> Akun & Privasi> gulir ke bawah dan pilih menu Baca Tanda Terima. Hapus centang atau hapus centang pada bagian untuk menonaktifkannya.

11. Pantau Perjalanan Teman Secara Real-Time

Anda yang sering mendapat tugas di lapangan atau sering bertemu dengan klien di luar kantor.

Fitur “Lokasi Langsung” baru WhatsApp tentu sangat berguna, karena Anda dapat berbagi titik lokasi sambil memantau perjalanan teman Anda secara real-time.

Cara berbagi lokasi cukup mudah, buka obrolan teman atau grup, lalu tekan opsi Lokasi dan pilih “Share Live Location”.

Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melacak lokasi Anda dan mengatur berapa lama, dari 15 menit, 1 jam atau 8 jam.

12. Kirim Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

Sekarang Anda dapat mengirim hampir semua format file di WhatsApp. Anda juga dapat mengirim foto resolusi penuh di WhatsApp tanpa mengurangi kualitas.

Cara Anda harus mengirimkannya melalui lampiran dokumen, berikut adalah langkah-langkahnya. Buka WhatsApp dan klik logo lampiran, pilih Dokumen. Kemudian, pilih foto yang ingin Anda kirim.

13. Konversi video ke GIF

Akhir-akhir ini, gambar GIF memang lebih populer di media sosial. Anda juga dapat membuat GIF dari video dengan mudah di WhatsApp. Cara Anda ingin mengirim video, atur momen yang tepat, lalu klik format GIF.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang 13 Fitur Tersembunyi WhatsApp: Keren, Unik dan Berguna, semoga dapat membantu dan menambah wawasan anda dalam mengenal fitur-fitur apa saja yang terdapat pada WhatsApp.

Terima kasih telah membaca dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu WhatsApp?

WhatsApp ialah aplikasi berbagi pesan instan untuk smartphone baik android maupun iOS.

Cara Menyembunyikan Tanda Baca WA?

Caranya masuk ke menu Pengaturan> Akun & Privasi> gulir ke bawah dan pilih menu Baca Tanda Terima

Cara Menebalkan Teks WA?

Caranya mudah, anda hanya tinggal menggunakan tanda bintang (*) di antara kata-kata yang diinginkan.