Fingerprint tidak berfungsi

1 min read

Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi Semua HP – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapat tips cara mengatasi masalah fingerprint tidak berfungsi atau error untuk semua merek HP.

Hampir semua merek smartphone sudah menambahkan pemindai sidik jari sebagai fitur keamanan. Bahkan ada beberapa smartphone kelas menengah kebawah yang juga menawarkan fitur ini kepada pelanggan mereka.

Dengan fitur ini, kita tidak lagi khawatir tentang data kami, dan menjadi lebih mudah untuk dibuka. Masalah yang sering terjadi pada sidik jari ini adalah tidak berfungsi, atau kesalahan sidik jari.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kami sudah menyediakan beberapa cara yang bisa Anda coba. Simak penjelasannya.

Penyebab Fingerprint Tidak Berfungsi

Tetapi sebelum pada cara mengatasinya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa penyebab fingerprint tidak berfungsi, agar Anda tahu bagaimana cara mencegah supaya Anda tidak merusak sensor fingerprint secara tidak sengaja.

Beberapa faktor yang menyebabkan sensor fingerprint tidak berfungsi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terkena gesekan benda keras (seperti kunci) saat berada di saku atau tas.
  • Perangkat lunak memiliki bug dalam pembaruan terbaru.
  • Tangan berminyak atau kotor.
  • Sensor memiliki kerusakan permanen.

Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi

cara mengatasi fingerprint tidak berfungsi

1. Bersihkan Jari Anda

Tangan yang kotor tentu bisa membuat sidik jari tidak berfungsi dengan baik, coba bersihkan tangan Anda dari debu, minyak atau keringat. Dengan membersihkannya, biasanya sensor akan lebih sensitif dalam menscan jari Anda.

2. Bersihkan Sensor Fingerprint

Scanner tidak bisa terkena noda minyak atau debu sedikitpun, oleh karena itu Anda dapat membersihkannya dengan minyak kayu putih dan kain halus/tisu dengan perlahan dan hati-hati.

3. Restart Ponsel

Matikan ponsel Anda lalu keluarkan (Opsional) baterai, microSD, dan SIM dan biarkan selama beberapa menit sehingga semua energi yang tersimpan di Smartphone hilang. Jika sudah, silakan hidupkan lagi.

4. Hapus Data Sidik Jari

Dengan menghapus data sidik jari pergi ke Pengaturan> Manajer Aplikasi > Semua. Selanjutnya pilih Sidik Jari dan tekan tombol “Hapus Data”.

Setelah data terhapus Anda bisa coba mendafarkan sidik jari baru, dan coba apakah sensor berfungsi dengan baik.

5. Reset Pengaturan Pabrik

Jika semua metode di atas tidak berfungsi, Anda dapat mencoba mengatur ulang perangkat Anda. Sebelumnya cadangkan data Android terlebih dahulu sebelum mengatur ulang karena semua data pada perangkat akan dihapus.

Artikel Lainnya :

Nah, itulah beberapa Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi Semua HP yang bisa Anda coba lakukan. Semoga bermanfaat.

SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id