Mengenal Fingerprint

4 min read

Fingerprint: Sejarah, Pengertian, Jenis Serta Fungsi dan Cara Kerjanya – Tentu saja Anda sudah terbiasa sekarang dengan fitur keamanan yang canggih seperti sidik jari.

Sekarang banyak smartphone Android menggunakan fitur sidik jari di bidang keamanan mereka seperti menyalakan ponsel mereka dan sebagainya.

Selain itu, sidik jari juga sangat banyak digunakan, terutama di kantor-kantor yang menggunakannya untuk alat absensi karyawan.

Tidak aneh jika kantor sudah menggunakan keamanan sidik jari ini karena sidik jari ini tidak dapat dipalsukan karena itu sebabnya banyak kantor menggunakannya untuk sistem kehadiran.

Ini karena sidik jari menggunakan sidik jari untuk pengakuan, setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda sehingga sulit dipalsukan.

Dan seperti yang Anda semua tahu, ada banyak smartphone Android dan iPhone yang sudah mulai menggunakan sidik jari sebagai kunci keamanan pada Smartphone.

Nah kali ini kami akan membahas tentang pengertian sidik jari beserta fungsi dan cara kerja sidik jari tersebut.

Sejarah Singkat Fingerprint

Pada tahun 1880, Dr. Henry Faulds, seorang dokter Skotlandia di Tokyo, Jepang menerbitkan sebuah artikel dalam jurnal ilmiah “Nature”.

Di mana ia membahas sidik jari sebagai alat identifikasi pribadi, dan penggunaan tinta printer sebagai metode untuk memperoleh sidik jari ini.

Pada 1882 seorang bernama Alphonse Bertillion, antropolog dari Prancis, menemukan metode pengukuran tubuh untuk menciptakan formula yang digunakan untuk keperluan mengklasifikasikan individu.

Formula Bertillion melibatkan pengukuran dari bagian tubuh seseorang dan merekam pengukuran ini di kartu. Metode klasifikasi ini dikenal sebagai sistem Bertillion.

1892 seorang bernama Francis Galton, seorang Antropolog dari Inggris dan sepupu dari Charles Darwin, menerbitkan buku pertama nya tentang sidik jari. Dalam bukunya, Francis Galton mengidentifikasi individualitas dan keunikan pada sidik jari.

Karakteristik unik sidik jari, seperti yang diidentifikasi oleh Galton, sering disebut “detail galton”.

1903 William West – Will West, ketika seorang pria bernama Will West memasuki penjara Leavenworth, dia menggunakan metode menumpuk seperti tahanan lainnya.

Ternyata setelah diperiksa ada satu tahanan yang memiliki nama, wajah dan postur tubuh yang mirip dan bahkan hampir sama dengan Will West.

Ia dinamai William West ketika jutaan metode mulai dipertanyakan keakuratannya. Jadi penggunaan sidik jari dalam mengidentifikasi dan mengklasifikasikan individu mulai meningkat.

Setelah 1903, banyak sistem penjara mulai menggunakan sidik jari sebagai alat identifikasi utama.

Jadi bisa dibilang Will West dan William West yang membuat sistem sidik jari terkenal sampai sekarang Dr. Henry Faulds dan Sir Francis Galton yang memperkenalkan dan mengkonfirmasi keberadaan sistem sidik jari

Apa Itu Fingerprint?

Fingerprint

Fingerprint atau sidik jari adalah perangkat elektronik yang menggunakan sensor pemindaian untuk mengetahui sidik jari seseorang dengan tujuan memverifikasi identitas orang tersebut.

Sensor sidik jari ini sekarang banyak digunakan dalam peralatan elektronik seperti pintu masuk, telepon pintar, absensi karyawan dan berbagai perangkat elektronik lainnya yang harus memiliki tingkat keamanan tinggi dan hanya boleh diakses oleh orang yang memiliki izin.

Sebelum sidik jari ini ada, semua data diamankan menggunakan kata sandi atau sistem keamanan ID, dan beberapa juga menggunakan pola tertentu dalam mengamankan data.

Namun sejak munculnya keamanan sidik jari ini seperti pola dan kata sandi mulai ditinggalkan dan orang-orang mulai beralih menggunakan sidik jari untuk mengamankan data penting.

Dahulu sidik jari ini hanya bisa digunakan pada perangkat elektronik, tetapi seiring bertambahnya usia teknologi juga semakin canggih.

Sekarang sidik jari dapat digunakan untuk mengamankan data yang ada di setiap Smarthone penggunanya.

Sedangkan aplikasi sidik jari pada alat absensi karyawan digunakan untuk mencegah penipuan karyawan yang dapat merugikan perusahaan.

Dengan sidik jari ini, setiap karyawan harus bertanggung jawab atas kehadiran mereka di tempat kerja.

Selain itu, aplikasi fitur sidik jari di pintu masuk seperti brankas juga sangat berguna untuk meminimalkan akses dari orang asing.

Dengan menggunakan sidik jari ini, hanya orang-orang tertentu yang memiliki akses dari pintu brankas dan hanya dapat dibuka oleh orang-orang yang memiliki izin. Jadi keamanan barang di brankas sangat terjaga.

Jenis Serta Fungsi Fingerprint

Secara umum, sidik jari memiliki fungsi untuk mengamankan dan sebagai media verifikasi, serta ID, kata sandi, dan pola untuk mengamankan data.

Hanya saja sidik jari menggunakan sidik jari manusia sebagai media verifikasi. Sidik jari manusia ini akan digunakan untuk ID Kunci Utama. Ada beberapa jenis serta fungsi sidik jari, seperti berikut ini.

1. FingerPrint pada Smartphone

Ini tidak biasa bagi kita untuk melihat Smartphone yang menggunakan sidik jari untuk media keamanannya.

Smartphone yang memiliki sidik jari biasanya merupakan rilis terbaru dari smartphone seperti Apple, Vivo, Xiaomi, Oppo dan sebagainya.

Beberapa merek smartphone sudah mulai menanamkan sistem keamanan sidik jari di smartphone baru yang mereka buat.

Sidik jari pada Smartphone pertama kali ditempatkan di bagian belakang smartphone.

Tetapi sekarang ada sidik jari yang tergabung dengan tombol beranda, jadi ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses keamanan.

Namun tidak berhenti sampai di situ, bahkan dikabarkan bahwa kini ada Smartphone yang menggeser sensor sidik jari di bawah Lyara sehingga sepertinya lebih canggih dan modern.

2. FingerPrint Absensi

Di sejumlah perusahaan besar mereka menggunakan sensor sidik jari sebagai media untuk kehadiran karyawan sehingga karyawan meningkatkan tanggung jawab dan disiplin mereka.

Ini karena setiap sidik jari seseorang berbeda sehingga sidik jari seseorang tidak bisa dipalsukan.

Karenanya karyawan akan melakukan segala upaya untuk memenuhi tanggung jawab mereka dan mencoba untuk datang tepat waktu saat bekerja.

Sidik jari di kantor kini telah menjadi referensi lengkap di kantor lain. Ini karena alat absensi yang menggunakan sensor sidik jari dapat menghasilkan data kehadiran yang akurat dan cukup lengkap untuk dipertimbangkan untuk pengambilan keputusan bagi manajer menengah.

3. FingerPrint Pada Brankas atau Pintu

Seperti yang telah kami jelaskan, ada juga pintu yang telah menerapkan sistem keamanan sidik jari.

Pintu yang menggunakan sensor sidik jari biasanya merupakan pintu khusus, misalnya pintu dari rumah mewah atau pintu dari bos.

Tetapi mungkin Anda juga sering atau tidak pernah melihat atau mendengar brankas untuk barang-barang berharga seperti emas, uang, sertifikat, dan sebagainya menggunakan sistem keamanan sidik jari.

Dulunya brankas menggunakan sistem keamanan pola dan kata sandi untuk mengamankan barang-barang berharga di dalamnya, tetapi ini tidak terasa cukup aman.

Ini karena mungkin ada orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan kata sandi dan pola aman. Sementara itu, jika Anda menggunakan sidik jari, tidak sembarang orang bisa membuka dan mengakses brankas.

Cara Kerja FingerPrint

Secara sederhana cara kerja sensor sidik jari adalah dengan merekam data dari sidik jari untuk pertama kali untuk digunakan sebagai referensi.

Setelah itu data dari sidik jari akan disimpan dalam basis data sebagai referensi.

Ketika ada seseorang yang ingin mengakses perangkat yang memiliki sensor sidik jari terpasang, itu akan memindai sidik jari orang itu dan mencocokkannya dengan sidik jari di database.

Sistem akan mencocokkan apakah ada sidik jari yang sama dengan sidik jari orang yang mengakses perangkat atau tidak dalam basis data yang sebelumnya dibuat.

Jika sidik jari sama dengan di database, akses akan dibuka. Tetapi jika setelah dipindai dan tidak ada sidik jari yang sama dengan orang yang mengaksesnya di basis data maka akses akan ditolak dan akan tetap ditutup.

Penutup

Demikian artikel kami tentang Fingerprint: Sejarah, Pengertian, Jenis serta Fungsi dan Cara Kerjanya, semoga dapat membantu dan menambah wawasan anda.

Terima kasih telah membaca dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya 🙂

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu Fingerprint?

Fingerprint adalah perangkat elektronik yang menggunakan sensor pemindaian untuk mengetahui sidik jari seseorang.

Apa Fungsi Fingerprint?

Berfungsi untuk mengamankan dan sebagai media verifikasi, serta ID, kata sandi, dan pola untuk mengamankan data.

Contoh Jenis Fingerprint?

Salah satu contohnya yaitu fingerprint pada smartphone.