5 Fakta Menarik Tentang GPS

Posted on

5 Fakta Menarik Tentang GPS Yang Jarang Diketahui – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai fakta-fakta menarik mengenai GPS yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Apa Itu GPS?

GPS (Global Positioning System) adalah sistem untuk menentukan lokasi bumi menggunakan bantuan menyelaraskan sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang kemudian akan mengirim sinyal gelombang mikro ke bumi.

Sinyal ini akhirnya diterima oleh penerima di permukaan, dan kemudian digunakan untuk menentukan lokasi, arah, kecepatan, dan waktu.

Ada beberapa sistem yang mirip dengan penggunaan GPS, termasuk Galileo Uni Eropa, GLONASS Rusia, dan juga IRNSS India.

5 Fakta Menarik Tentang GPS

fakta menarik tentang gps

1. Dapat Mengukur Luas Sebuah Bangunan

Surveyor Amerika Serikat ternyata menggunakan aplikasi GPS ini untuk mengukur berapa banyak bangunan yang bergeser setelah pemboman yang pernah terjadi di Kota Oklahoma, Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, fungsi aplikasi GPS yang satu ini bahkan dapat membantu menyelesaikan masalah area bangunan seseorang, baik untuk membangun rumah, kantor, atau bahkan bangunan.

2. Dapat Digunakan Sebagai Pelacak Hewan

Salah satu tersangka narkotika pernah ditangkap setelah melacak penyu menggunakan aplikasi GPS di Rock Creek Park. Ternyata, fungsi GPS lain yang tidak banyak diketahui orang juga bisa dijadikan pelacak binatang.

GPS ini dapat dipasangkan pada perangkat keras atau ransel hewan, sehingga nantinya ketika hilang dapat ditemukan dengan lebih mudah.

3. Pernah Digunkan Untuk Mempelajari Hewan Rusa

Amerika Serikat ternyata menggunakan GPS untuk mempelajari perilaku dan kebiasaan rusa ketika mencari dan makan makanan.

Jadi, jika saat ini penggunaan GPS untuk seseorang yang mengemudi di jalan dilarang, Anda masih dapat menggunakan GPS untuk hal-hal lain, seperti yang dilakukan para ilmuwan di atas. Sehingga penggunaan GPS tetap bermanfaat.

4. Memiliki 24 Satelit

Ketika pertama kali mulai beroperasi, aplikasi GPS tampaknya membutuhkan setidaknya 11 satelit untuk mendukung proses pengiriman dan penerimaan sinyal.

Namun seiring dengan perkembangan saat ini, 12 satelit lagi ditambahkan untuk memenuhi kebutuhan fitur yang kini semakin canggih, tentunya.

5. Mengorbit Bumi Dalam Waktu 2 Hari

Satelit GPS akan mengirim sinyal informasi ke bumi sampai akhirnya diterima oleh navigator GPS. Prosesnya tentu saja akan memakan waktu hingga 2 hari untuk satelit GPS untuk dapat mengorbit diri ke bumi.

Artikel Lainnya :

Demikianlah pembahasan mengenai 5 Fakta Menarik Tentang GPS Yang Jarang Diketahui oleh orang banyak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.