Definisi ISP

3 min read

Definisi ISP: Fungsi, Cara Kerja dan Contoh ISP di Indonesia – Sekarang kita dapat berbagi data dan informasi dengan sangat mudah dan cepat walaupun jaraknya sangat jauh menggunakan teknologi yang disebut Internet.

Selain itu, dengan internet ini Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah tanpa harus membayar biaya mahal.

Tetapi Anda perlu tahu bahwa untuk mengakses internet membutuhkan koneksi, nah koneksi ini didapat dengan berlangganan ke ISP (Internet Service Provider).

Bagi Anda yang akrab dengan dunia jaringan, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ISP.

Tetapi ada juga beberapa orang yang tidak tahu pentingnya ISP, kebanyakan orang hanya tahu bahwa untuk terhubung ke internet diperlukan perangkat yang disebut modem.

Padahal sebenarnya untuk bisa menghubungkan intenret maka Anda harus berlangganan ke ISP. ISP ini akan menentukan biaya yang harus Anda bayar saat menggunakan paket internet yang diinginkan.

Jadi dengan ISP ini Anda dapat mengakses internet untuk keperluan yang Anda inginkan.

Jadi bagi Anda yang tidak mengerti apa itu ISP sebenarnya, kami berikut ini akan menjelaskan pengertian ISP dan fungsinya serta beberapa contoh ISP di Indonesia.

Definisi ISP

Internet Service Provider

Istilah ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider. Jika kita mengartikan satu per satu maka internet berarti jaringan komunikasi yang menghubungkan orang di seluruh dunia.

Service berarti layanan yang disediakan, dan Provider berarti penyedia layanan.

Jadi jika kita mengartikan Pengertian ISP adalah penyedia layanan internet yang digunakan untuk media komunikasi dan informasi secara global.

Jadi untuk dapat mengakses internet, Anda memerlukan koneksi untuk terhubung ke internet. ISP ini akan menyediakan koneksi bagi Anda untuk dapat mengakses internet. Anda dapat terhubung ke internet Anda dengan ISP ini.

Fungsi ISP

Berdasarkan pemahaman ISP di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa ISP ini berfungsi sebagai penyedia layanan internet untuk semua orang. Selain itu, ada juga beberapa fungsi ISP lainnya, berikut adalah beberapa fungsi:

  • ISP dapat membuat pengguna untuk dapat terhubung ke gateway internet yang paling dekat dengan pengguna.
  • ISP memudahkan pengguna untuk dapat mengakses semua informasi yang berasal dari internet atau WWW.
  • ISP memungkinkan penggunanya untuk melakukan obrolan suara melalui jaringan internet.
  • ISP menyediakan layanan kepada para pra-pengguna dalam bentuk perlindungan agar dapat terhindar dari virus dengan menyediakan antivirus.
  • Pengguna dapat menggunakan layanan surat / email elektronik menggunakan ISP.

Cara Kerja ISP

Untuk mengakses internet, Anda harus berlangganan ISP terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan layanan ISP menggunakan kabel, modem atau nirkabel.

Setelah Anda memiliki ISP dan terhubung ke ISP, ISP akan meneruskan permintaan atau data Anda ke jaringan internet sesuai dengan permintaan Anda yang kemudian diterjemahkan oleh router.

Router ini akan menentukan jalur atau rute permintaan Anda ke tujuan.

Contoh ISP di Indonesia

Di Indonesia, ISP sering disebut PIJI (Penyedia Layanan Internet), yang awalnya berasal dari penyedia layanan telepon. Berikut ini adalah beberapa ISP yang ada dan terkenal di Indonesia.

1. IndiHome – Telkom Speedy

Telkom Speedy

Salah satu ISP paling terkenal di Indonesia adalah IndiHome (Indonesia Digital Home), yang merupakan produk PT Telkom Indonesia yang menyediakan layanan Triple Play yang terdiri dari Internet Rumah, Telepon Rumah, dan TV Interaktif.

Sekarang IndiHome sudah menggunakan teknologi kabel Fiber Optic yang membuat layanan mereka memiliki keunggulan dibandingkan layanan ISP lainnya.

2. Centrin

Centrin adalah ISP yang dimiliki oleh PT Centrin Online, Centrin didirikan pada 28 Oktober 1987 dengan nama Centrin Utama.

Centrin menyediakan layanan untuk terhubung ke internet, mereka sudah menggunakan infrastruktur canggih, mereka menyediakan layanan koneksi hingga 160 Mbps.

3. Biznet

Biznet Network adalah salah satu layanan telekomunikasi dan multimedia yang menyediakan layanan internet, jaringan, pusat data dan komputasi awan.

Biznet Network didirikan pada tahun 2000, awalnya hanya berfokus pada pasar dunia korporat. Biznet juga menggunakan jaringan Fiber Optic untuk layanannya dan memiliki pusat data terbesar di Indonesia.

4. First Media / FasNet

first media

First Media didirikan pada tahun 1994 dengan nama Broadband Multimedia.

First Media juga menawarkan layanan Triple Play seperti IndiHome, yaitu internet berkecepatan tinggi dan tidak terbatas, komunikasi berkecepatan tinggi dan berkapasitas besar, dan TV kabel digital.

Sekarang First Media menjalankan layanan mereka menggunakan teknologi dari kabel Hybrid Fiber Coaxial (HFC) yang memiliki frekuensi 870 MHz.

5. MNC Play Media

MNC Play didirikan pada 23 Januari 2013, di bawah kepemimpinan MNC Kabel Mediacom (MKM), mereka fokus pada penyediaan layanan jaringan menggunakan teknologi jaringan Fiber Optic.

Ada beberapa layanan yang disediakan oleh MNC Play, salah satunya adalah layanan internet dengan koneksi yang sangat cepat hingga 1000 Mbps, kemudian ada juga layanan tv kabel dan layanan interaktif lainnya.

6. Indosat IM2

ISP lain yang terkenal di Indonesia adalah IM2 yang dimiliki oleh PT Indosat IM2, IM2 telah ada sejak tahun 1996. Selain menawarkan layanan internet, IM2 juga menawarkan layanan hosting dan penyewaan domain.

Penutup

Demikian lah artikel kami tentang Definisi ISP: Fungsi, Cara Kerja dan Contoh ISP di Indonesia, semoga dapat membantu anda dalam mengetahui definisi ISP.

Terima kasih dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu ISP?

ISP adalah penyedia layanan internet yang digunakan untuk media komunikasi dan informasi secara global.

Apa Fungsi ISP?

ISP dapat membuat pengguna untuk dapat terhubung ke gateway internet yang paling dekat dengan pengguna.

Apa Itu Biznet?

Biznet adalah salah satu layanan telekomunikasi dan multimedia yang menyediakan layanan internet, jaringan, pusat data dan komputasi awan.