Definisi Domain

3 min read

Definisi Domain: Jenis, Contoh, dan Fungsi Domain – Komputer selain terdiri dari komponen perangkat keras dan perangkat lunak juga disusun oleh beberapa komponen yang mendukung komputer di jaringan.

Misalnya Alamat IP, DNS, dan banyak lainnya. Alamat IP itu sendiri adalah alamat komputer yang digunakan sebagai alamat komputer yang terkandung dalam suatu jaringan.

Untuk struktur atau struktur Alamat IP sendiri terdiri dari 4 bagian dan setiap bagian dibatasi oleh titik dan memiliki nilai rentang 0 – 255.

Dan Anda perlu tahu ada banyak server ketika kita berselancar di internet / melakukan browsing dan setiap server jelas IP ini berbeda sehingga Anda tidak mendapatkan alamat yang salah saat mengakses situs web.

Seperti situs web ini, pasti memiliki IP yang berbeda dari yang lain. Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai definisi domain yang bisa digunakan tanpa harus mengetik IP.

Tapi tahukah Anda mengapa kami dapat mengunjungi situs web tanpa menggunakan IP-nya? misalnya, kami dapat mengunjungi isikuota.co.id tanpa harus mengetik IP meskipun IP merupakan alamatnya, karena ada komponen dukungan web yang mungkin tidak Anda ketahui.

Apa Itu Domain?

definisi domain

Dengan menggunakan domain di situs web kami, kami tidak perlu mengingat / mengetik alamat IP pada mesin pencari agar situs web kami dapat dikunjungi, tetapi hanya dengan alamat URL yang sudah kami kunjungi.

Definisi domain adalah nama pengenal untuk mengidentifikasi server web yang biasa disebut server web atau bisa juga menjadi server email pada jaringan komputer atau jaringan internet sehingga dampaknya lebih mudah diakses oleh pengguna saat browsing di internet.

Hal lain yang dapat dirasakan adalah bahwa jika Anda menggunakan domain secara otomatis semuanya telah diatur dan dikelola oleh Domain Name Server atau yang biasa disingkat dengan DNS.

Dan secara otomatis domain yang Anda tuliskan mesin pencari terhubung langsung ke IP server.

Kesimpulannya, alamat IP komputer adalah perantara yang berkomunikasi untuk komputer, sedangkan domain berfungsi antara komputer dan manusia / pengguna.

Domain Name System atau DNS memiliki hierarki atau level yang dibagi dari level tertinggi ke level terendah. Urutannya adalah Top Level Domain, lalu Second Level Domain, dan yang terakhir adalah level terendah.

Jenis Domain

Dan setiap level atau hierarki domain jelas memiliki karakteristik atau karakteristik yang berbeda. Contohnya adalah sebagai berikut:

1. Top Level Domain

Domain yang satu ini terletak di belakang atau setelah suatu periode dan contohnya adalah .org, .net, .com, .gov, .co.id, dll. Sehingga domain ini sering disebut sebagai ekstensi domain.

Selain menjadi ekstensi domain, Top Level Domain juga dibagi menjadi beberapa kategori dan salah satunya disebut sebagai Kode Tingkat Atas Domain Negara disingkat (ccTLD).

Misalnya, domain .sg adalah untuk Negara Singapura, dan .id untuk Negara Indonesia.

2. Level Domain Kedua

Domain berikutnya terletak di sebelah kiri domain tingkat atas, misalnya isikuota.co.id lalu “isikuota” adalah domain tingkat kedua.

Tidak hanya di domain tingkat atas, tingkat kedua juga memiliki kode Negara dan biasanya disebut Kode Tingkat Kedua Domain Negara (ccSLD) yang ternyata menjadi bagian dari ccTLD.

Dan ccSLD sendiri sebenarnya terletak antara SLD dan ccTLD sehingga Anda tidak bingung, misalnya, Indonesia.id adalah domain ccSLD di mana “Indonesia” adalah sebagai SLD, lalu “.id” sebagai ccTLD.

3. Tingkat Domain Ketiga

Untuk jenis ini lebih ke istilah subdomain, tempat nama sebelum domain tingkat kedua.

Misalnya, www.isikuota.co.id. Sekarang www adalah domain tingkat ketiga, yang bisa berupa www atau gratis lainnya tergantung pada apa yang ingin Anda ketahui.

Semua domain yang saya jelaskan di atas telah diatur oleh lembaga ICANN internasional, yang merupakan singkatan dari Internet Corporation untuk Nama dan Nomor yang Ditugaskan.

Dan untuk domain yang mengandung elemen atau kode negara biasanya diatur biasanya diatur oleh Negara itu sendiri.

Contoh – Contoh Domain

domain

Ada banyak domain yang tentu saja memiliki karakteristik khusus yang berkaitan dengan jenis situs web, berikut adalah contohnya:

1. Domain .net

Domain .net adalah domain yang banyak digunakan saat ini. Domain .net juga sebenarnya adalah domain tingkat atas umum.

Kata net sendiri berasal dari “jaringan”, yang awalnya ditujukan untuk situs web dengan teknologi jaringan dan penyedia layanan internet.

Tetapi semakin di sini penggunaan domain .net semakin banyak digunakan oleh publik dan biasanya digunakan untuk mengganti domain .com

2. Domain .com

Rekomendasi domain berikutnya adalah domain .com. Kata com berasal dari “komersial” yang awalnya untuk situs web komersial komersial dan sekarang terbuka untuk umum.

Beberapa contoh situs yang memakai domain ini ialah youtube, twitter, facebook, dll.

3. Domain .co.id

Domain ini digunakan untuk tujuan komersial

4. Domain .org

Domain yang keempat ialah .org berasal dari “organisasi” yang berarti organisasi.

Domain ini awalnya dimaksudkan oleh organisasi nirlaba tetapi sekarang aturannya telah dihapus dan domain ini telah digunakan untuk sekolah dan proyek yang bersifat open source, dan juga dapat digunakan oleh komunitas laba.

5. Domain .biz

Domain ini digunakan untuk situs bisnis atau situs web.

6. Domain .info

Domain ini digunakan untuk situs web informasi atau situs web.

7. Domain .edu

Domain ini digunakan untuk situs atau situs pendidikan dan terbatas pada pendidikan.

8. Domain .name

Domain ini digunakan untuk situs web keluarga atau pribadi atau situs web.

9. Domain. mil

Domain ini digunakan untuk situs atau situs web militer atau militer angkata.

10. Domain .tv

Domain ini digunakan untuk situs Hiburan atau situs web seperti Televisi, Radio atau majalah.

Fungsi Domain

Mungkin banyak orang menganggap fungsi domain yang dipasang di situs web hanya untuk memudahkan pengguna mengunjungi situs web tanpa harus menulis alamat IP mereka, tetapi selain itu domain tersebut memiliki fungsi yang lebih luas yaitu:

  • Menjadi identitas unik atau berbeda dari situs web lain
  • Menjadi ciri khas
  • Memiliki domain unik membuat situs web mudah ditemukan

Saran saya sebelum mencari atau memilih domain adalah memilih yang unik untuk menjadi ciri khas kita nanti, selain menghindari penggunaan simbol (-) dan angka di domain Anda.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Definisi Domain: Jenis, Contoh, dan Fungsi Domain, semoga dapat membantu anda dalam mencari domain yang sesuai kebutuhan anda.

Terima kasih dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu Domain?

Domain adalah nama pengenal untuk mengidentifikasi server web yang biasa disebut server web.

Tujuan Domain .co.id?

Domain ini digunakan untuk tujuan komersial.

Contoh domain?

Beberapa contoh domain diantaranya .com, .org, .co.id, .net, dll.