Database Manager Terbaik

3 min read

Database Manager Terbaik – Untuk programmer dan pengembang aplikasi, database sangat diperlukan dan sangat penting untuk menyimpan data yang mereka miliki dan gunakan.

Database sangat penting sekali dalam proses pengembangan perangkat lunak yang sedang kita kerjakan. Basis data sangat berguna karena sebagai tempat untuk data yang diperlukan terkait dengan aplikasi yang mereka kembangkan.

Apa itu Basis data?

Basis data adalah kumpulan data yang disimpan di dalam komputer yang dapat diproses atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi.

Mendefinisikan basis data mencakup spesifikasi dalam bentuk tipe data, struktur data dan juga batasan pada data yang kemudian disimpan.

Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai repositori penyimpanan data untuk diproses lebih lanjut. Basis data penting karena dapat mengatur data, menghindari duplikasi data, menghindari hubungan yang tidak jelas antara data dan pembaruan yang rumit.

Untuk menyederhanakan pengelolaan basis data, diperlukan aplikasi pengelola basis data. Aplikasi manajer basis data memungkinkan Anda untuk mengubah, melihat, menghapus atau membuat data menjadi basis data.

Kali ini saya akan memberi Anda informasi tentang Database Manager Terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membantu menyederhanakan pekerjaan Anda.

Berikut beberapa database manager terbaik 2019

Database Manager Terbaik 2019 Gratis dan Mudah Dijalankan

1. Database Manager Terbaik : PHPMyAdmin

PHPMyAdmin adalah salah satu basis data yang paling banyak digunakan oleh banyak orang.

Banyak pengembang web menggunakan database ini untuk menyimpan data mereka. PHPMyAdmin mendukung basis data seperti: MariaDB, MySQL dan Drizzle. Anda dapat menggunakan PHPMyAdmin secara bebas dan memiliki lisensi GNU GPL.

PHPMyAdmin adalah aplikasi pengelola basis data berbasis web, jadi Anda harus menggunakan peramban web untuk menjalankan basis data ini. Ada beberapa fitur phpMyAdmin, termasuk yang berikut:

  1. Mendukung operasi MySQL seperti melihat, menyalin, dan menghapus basis data.
  2. Memiliki tampilan web yang menarik.     
  3. Dapat menjalankan perintah SQL.     
  4. Tetapkan pengguna MySQL dan hak aksesnya.     
  5. Tandai pernyataan SQL apapun.     
  6. Impor dari SQL dan CSV.     
  7. Dapat mengelola prosedur dan pemicu yang tersimpan.     
  8. Mengekspor data ke berbagai format seperti: SQL, PDF, XML, CSV, dan sebagainya.

2. Database Manager Terbaik : DBVisualizer

DBVisualizer adalah alat untuk basis data berbasis GUI.

Basis data ini dapat Anda jalankan di berbagai platform, sehingga Anda dapat menggunakannya pada sistem operasi seperti Linux, Windows, dan MacOS. DBVisualizer memiliki fitur-fitur utama yang mendukung berbagai jenis basis data.

3. Database Manager Terbaik : MySQL Workbench

MySQL Workbench adalah alat berbasis GUI yang dapat digunakan untuk mengelola database Anda sendiri.

Database ini mendukung MySQL Server dari versi 5.1 dan di atasnya. MySQL Workbench memiliki beberapa fitur, termasuk:

  1. Buat skema database.
  2. Buat koneksi dan kelola koneksi dengan server database.
  3. Dapat bermigrasi dari Microsoft Access, SQLite, Microsoft SQL Server, Sybase ASE, PostreSQL, SQL Anywhere, dan objek RDMS lainnya ke dalam MySQL.
  4. Dapat mengelola admin server, yaitu: administrasi pengguna, pemulihan dan cadangan, pemantauan kinerja server MySQL dan banyak lagi.

4. SQL Power Architect

SQL Power Architect adalah manajer basis data yang mendukung banyak jenis basis data, termasuk: Sybase, Oracle, PostgreSQL, Informix, SQL Server, DB2, H2, SQLite, dan MySQL.

Sama seperti manajer basis data lainnya, SQL Power Architect memiliki fitur untuk mengelola objek dalam basis data seperti membuat basis data, menghapus basis data, membuat dan menghapus tabel, mengimpor dan mengekspor basis data ke dalam file, dan sebagainya.

5. HeidiSQL

HeidiSQL adalah alat yang digunakan untuk mengelola database yang ditujukan untuk pengembang web yang menggunakan Microsoft SQL, MySQL Server, dan PostgreSQL sebagai databasenya.

Sama seperti manajer basis data lainnya, HeidiSQL memiliki fitur untuk melihat dan mengubah data, membuat tabel dan mengubah tabel, prosedur, tampilan, peristiwa, dan pemicu, HeidiSQL juga dapat digunakan untuk mengimpor dan mengekspor struktur basis data.

6. pgAdmin

pgAmdin adalah manajer basis data yang umumnya digunakan untuk PostgreSQL berbasis GUI.

Selain itu, pgAdmin juga bebas digunakan karena bersifat open source. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan pgAdmin di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, Linux, Solaris, dan FreeBSD.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan pgAdmin di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, Linux, Solaris, dan FreeBSD.

7. SQuireel SQL

Manajer basis data berikutnya adalah Squireel SQL, basis data ini dibuat menggunakan JAVA. Sama seperti manajer basis data pada umumnya, fungsi utama Squireel SQL ialah untuk membuat dan melihat tabel, menjalankan perintah SQL, dan fitur lain pada umumnya yang dimiliki oleh manajer basis data lainnya.

8. phpPgadmin

Basis data berikutnya adalah phpPgadmin, manajer basis data ini adalah basis data berbasis web untuk PostgreSQL. Anda dapat menggunakan manajer basis data ini secara gratis atau gratis, sehingga Anda dapat menggunakan basis data ini untuk mengelola data yang Anda miliki.

9. Toad for MySQL

Manajer basis data gratis terbaik yang direkomendasikan terakhir oleh kami adalah Toad untuk MySQL. Fitur utama dari Toad untuk database MySQL adalah efisiensi dan kecepatan manajemen database dan eksekusi query. Namun sayangnya Toad MySQL ini hanya mendukung MySQL untuk databasenya.

Demikian sedikit informasi dan ulasan yang dapat kami sampaikan kepada Anda tentang 9 manajer basis data gratis terbaik untuk menyederhanakan pekerjaan pengembang, semoga bermanfaat.

Dengan menggunakan basis data di atas Anda dapat menyimpan data yang Anda miliki secara gratis tanpa biaya. Tentu saja keberadaan basis data ini akan sangat membantu para pengembang dalam pekerjaannya.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu Database?

Adalah kumpulan data yang disimpan di dalam komputer yang dapat diproses atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi.

Kenapa Database Sangat Penting?

Database sangat penting untuk proses pengembangan perangkat lunak yang sedang kita kerjakan untuk menyimpan data-data yang kita miliki.

Apa Fungsi Aplikasi Pengelola Basis data?

Aplikasi manajer basis data memungkinkan Anda untuk mengubah, melihat, menghapus atau membuat data menjadi basis data.

error: Content is protected !!