Computer Security

2 min read

Computer Security: Definisi dan Jenis Computer Security Menurut Ahli – Dalam artikel ini, kami akan memberikan gambaran tentang Computer Security atau keamanan komputer baik dalam pengertian dan definisi komputer dan juga jenis-jenis keamanan komputer.

Sebagai gambaran umum Computer Security atau keamanan komputer, yaitu keamanan informasi yang diterapkan pada komputer dan jaringan mereka.

Computer Security atau keamanan komputer bertujuan untuk membantu pengguna mencegah penipuan dan mendeteksi upaya penipuan dalam sistem berbasis informasi.

Maka gambaran umum dari sistem computer security adalah upaya yang diterapkan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer dalam suatu sistem.

Penerapan computer security dalam kehidupan sehari-hari berguna untuk menjaga agar semua sumber daya sistem tidak terganggu dan diubah oleh pihak lain yang tidak memiliki izin dan tidak berwenang.

Pendekatan yang biasanya diterapkan untuk meningkatkan computer security adalah dengan menerapkan mekanisme keamanan dalam perangkat keras dan dalam sistem operasi.

Dan juga memberikan batasan pada akses fisik komputer untuk computer security itu sendiri.

Definisi Computer Security dan Jenisnya

Pengertian Computer Security

Definisi Computer Security Menurut Para Ahli

Menurut Gollmann pada tahun 1999, dinyatakan bahwa: “Pemahaman tentang keamanan komputer terkait dengan perlindungan / pencegahan diri dan deteksi penyusup yang tidak dikenal dalam sistem komputer”.

Menurut John D. Howard dalam bukunya yang berjudul “Sebuah Analisis insiden keamanan di internet” mengatakan bahwa:

“Memahami keamanan komputer adalah tindakan mencegah perangkat dari serangan oleh pengguna komputer atau akses jaringan yang tidak bertanggung jawab”.

Jenis Computer Security

Setelah Anda tahu tentang pengertian computer security, ada baiknya Anda mengetahui tipenya. Berikut ini adalah jenis-jenis keamanan komputer berdasarkan keamanan sistem.

1. IDS / IPS

Instrusion detection system (IDS) dan Intrusion Prevention system (IPS) adalah sistem yang digunakan untuk melindungi dan mendeteksi sistem keamanan dari serangan eksternal dan internal.

Dalam IDS yang didasarkan pada jaringan komputer, IDS akan menerima salinan paket yang ditujukan ke host IDS yang kaku akan memeriksa paket-paket ini.

Jika paket yang mengancam dan berbahaya ditemukan, IDS akan memberikan peringatan data administrator / manajer dari sistem.

Karena paket yang sedang diperiksa adalah salinan dari paket asli, jika menemukan paket yang mengancam dan berbahaya, paket tersebut masih akan mencapai host yang sedang dituju.

IPS lebih aktif daripada IDS. IPS bekerja bersama dengan firewall, IPS dapat membuat keputusan apakah suatu paket dapat diterima atau tidak oleh sistem.

Kemudian jika IPS menemukan bahwa paket yang dikirim adalah paket kaya, maka IPS akan memberi tahu firewall pada sistem untuk menolak paket data.

Dalam mengimplementasikan keputusan apakah paket data berbahaya atau tidak, IDS dan IPS dapat menggunakan metode “Deteksi intrusi berbasis anomali” dan “Sistem deteksi intrusi berbasis tanda tangan”.

2. Port Scanning

Jenis keamanan pada sistem ini adalah bahwa metode Pemindaian Port yang umumnya digunakan oleh hacker untuk mencari tau port apa yang terbuka pada computer networking system.

Cara kerjanya dapat diilustrasikan dengan mengirim paket inisiasi koneksi ke masing-masing port yang telah ditentukan.

Karena itu, jika pemindai port menerima jawaban dari port lain, maka akan ada aplikasi yang berfungsi saat menerima koneksi pada port tersebut.

3. Security Information Management

Salah satu alat yang sering digunakan oleh administrator atau manajer keamanan jaringan komputer adalah Security Information Management (SIM).

Manajemen keamanan informasi ini memiliki fungsi untuk menyediakan semua informasi yang berkaitan dengan pengamanan jaringan komputer terpusat dan terpusat.

Seiring perkembangannya, SIM (Security Information Management) tidak hanya difungsikan untuk mengumpulkan banyak data dari semua perangkat keamanan di jaringan komputer.

Tetapi juga memiliki kemampuan untuk memproses dan menganalisis data melalui teknik korelasi dan permintaan data sehingga mampu menyediakan data yang lebih lengkap.

Serta dapat melaporkan peringatan dari setiap serangan yang mengganggu keamanan komputer.

Dengan menggunakan SIM, administrator atau manajer jaringan komputer dapat mengetahui secara efektif jika serangan atau gangguan terjadi.

Sehingga dapat membuat penanganan lebih cepat dan lebih terarah, sehingga organisasi keamanan jaringan komputer menjadi lebih aman dan terjamin.

4. Packet Fingerprint

Jenis keamanan pada sistem ini adalah dengan melakukan Packet Fingerprint, di mana dalam keamanan ini kita dapat mengetahui peralatan apa yang ada di jaringan komputer.

Ini sangat berguna terutama dalam organisasi besar di mana terdapat berbagai jenis peralatan jaringan komputer dan sistem operasi yang digunakan.

Sehingga akan lebih mudah untuk mengontrol penggunaan jaringan suatu sistem untuk banyak komputer yang terhubung.

5. Topologi Jaringan

Topologi Hibrid

Dalam jaringan komputer ada beberapa jaringan yang dapat dibagi menjadi beberapa kelompok jaringan internal dan kelompok jaringan eksternal, antara lain yang disebut Zona DeMilitarized (DMZ).

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Computer Security: Definisi dan Jenis Sistem Menurut Ahli, semoga dapat menambah pengetahuan dan membantu anda dalam menjaga keamanan komputer anda.

Terima kasih telah membaca dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu Computer Security?

Computer Security adalah upaya yang diterapkan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer dalam suatu sistem.

Apa Itu IDS / IPS?

IDS / IPS adalah sistem yang digunakan untuk melindungi dan mendeteksi sistem keamanan dari serangan eksternal dan internal.

Apa Itu DMZ?

Suatu area yang digunakan untuk berinteraksi dengan pihak luar.