CloudMAX Telkomsel

3 min read

CloudMAX Telkomsel: Layanan Penyimpanan Data dari Telkomsel – Penyimpanan cloud mungkin bukan sesuatu yang asing lagi di kalangan milenial saat ini.

Menyimpan data di dunia maya bukanlah fitur baru yang dikembangkan oleh pengembang canggih saat ini.

Ada banyak penyedia layanan yang menyediakan layanan penyimpanan data online dan bahkan dapat dinikmati secara gratis seperti Dropbox, Google Drive dan satu drive yang dirilis oleh Microsoft.

Ada juga yang menyediakan fitur penyimpanan data online atau berbayar. Layanan Google Drive, Dropbox, dan OneDrive sebenarnya juga menawarkan fitur berbayar untuk menyediakan lebih banyak ruang penyimpanan.

Namun, karena harga yang ditawarkan masih terlalu tinggi untuk masyarakat Indonesia, maka lebih banyak orang memilih untuk memanfaatkan fitur gratis walaupun mereka harus menggunakan beberapa email.

Tahukah Anda, Telkomsel sebagai salah satu operator seluler terbesar di Indonesia rupanya juga menyediakan layanan penyimpanan data online bernama CloudMAX Telkomsel.

Telkomsel sebagai perusahaan yang biasanya bergerak dalam pengadaan jaringan telekomunikasi dan internet sepertinya merasakan kebutuhan untuk menawarkan fitur menarik seperti ini yang terintegrasi dengan ponsel dan nomor telepon yang digunakan.

Dapat dikatakan bahwa fitur yang ditawarkan oleh Telkomsel adalah yang pertama disediakan oleh perusahaan telekomunikasi di Indonesia.

Sederhananya, CloudMAX Telkomsel adalah layanan yang dapat digunakan oleh pengguna Telkomsel untuk menyimpan data online.

Telkomsel menjanjikan fitur keamanan data aman yang dapat diakses kapan saja, di mana saja.

Bagi mereka yang tidak tahu lebih banyak tentang CloudMAX Telkomsel, pada kesempatan ini kita akan membahas Apa itu Cloud Max Telkomsel.

Berapa harganya dan bagaimana cara menggunakannya. Bagi yang penasaran, silakan merujuk ke artikel lengkap kali ini.

Apa Itu CloudMAX Telkomsel

CloudMAX Telkomsel

CloudMAX Telkomsel adalah fitur penyimpanan media atau penyimpanan data seperti file video, foto, dokumen atau lainnya yang disimpan dalam bentuk cloud.

Telkomsel CloudMAX mampu menyediakan ruang penyimpanan hingga 100 GB.

Fitur Telkomsel memungkinkan pengguna untuk dapat menyimpan dan mengunduh semua media yang disimpan melalui CloudMAX, baik melalui aplikasi mobile, PC atau browser web.

Namun, itu baik untuk pengguna yang ingin menggunakan CloudMAX, itu akan dikenakan biaya alias tidak gratis.

Namun anda tidak perlu risau, karena harga paket yang ditawarkan Telkomsel untuk mereka yang mau menggunakan fitur paket CloudMAX lumayan terjangkau,

dan bahkan bisa di bilang sangat murah dibandingkan dengan media penyimpanan online berbayar lainnya.

Fitur CloudMAX pertama kali disajikan pada bulan Februari 2018 sebagai fitur cadangan digital pertama atau media yang dirilis oleh perusahaan telekomunikasi di Indonesia.

Fitur berbasis aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses CloudMAX Telkomsel kapan saja dan di mana saja.

Alasan mengapa Telkomsel merilis media penyimpanan digital seperti ini adalah karena Telkomsel menyadari bahwa pelanggan sering berbagi media atau dokumen melalui telepon pintar.

Atau juga perangkat komputer tetapi sering kali terganggu oleh keterbatasan memori pada perangkat tersebut.

Sehingga harapannya dengan merilis Telkomsel CloudMAX dapat menjadi solusi bagi pelanggan kartu perdana merah ini dengan kapasitas memori internal yang terbatas.

Pertumbuhan pengguna layanan cloud juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Di sisi lain paket tersebut juga menyediakan fitur backup dan restore yang sangat berguna bagi pelanggan.

Beberapa fitur penting dalam media CloudMAX meliputi:

  • Family Cloud: dapat digunakan bersama dengan sesama pelanggan Telkomsel secara bersamaan
  • Memory Cleaner: memiliki fasilitas membuat ruang ekstra dalam memori perangkat
  • Offline Mode: memungkinkan pengguna untuk mengakses dokumen tanpa harus terhubung ke internet
  • Document Sharing: memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen melalui fasilitas Tautan
  • Facial Recognition: fitur untuk mencari dan melihat foto berdasarkan wajah dari foto di Cloud Max.

Harga Telkomsel CloudMAX

Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa fasilitas CloudMAX yang dikeluarkan oleh Telkomsel tidak gratis.

Di mana pengguna harus membeli dan berlangganan paket 30 hari dengan berbagai opsi kuota penyimpanan sesuai dengan paket berlangganan.

Adapun opsi harga dan kapasitas penyimpanan berikut dari CloudMAX:

Kapasitas PenyimpananMasa BerlakuHarga
10GB30 hariRp. 5.500
50GB 30 hariRp. 16.500
100GB 30 hariRp. 22.500

Bagi Anda yang membeli salah satu paket CloudMAX Telkomsel, mereka akan secara otomatis berlangganan fitur penyimpanan online dan akan diperbarui setiap bulan jika ada pulsa yang cukup.

Perpanjangan otomatis hanya berlaku selama enam bulan sehingga untuk terus menggunakan layanan, pelanggan dapat memperbarui secara manual lagi.

Sebagai catatan penting bagi pelanggan yang menggunakan layanan ini, jika mereka tidak mengaktifkan CloudMAX selama 3 bulan berturut-turut.

Data yang secara otomatis disimpan di ruang penyimpanan akan dihapus oleh sistem dan tidak dapat dipulihkan.

Karena itu, pastikan Anda tidak terlambat untuk melakukan ekstensi, jika Anda tidak ingin data yang disimpan di media hilang atau dihapus.

Akan lebih baik jika Anda tidak hanya menggunakan satu media penyimpanan digital.

Misalnya dengan membuat cadangan file di beberapa tempat berbeda seperti komputer atau menggunakan layanan penyimpanan cloud gratis lainnya.

Cara Menggunakan Aplikasi CloudMAX Telkomsel

Pelanggan Telkomsel yang ingin menikmati fitur CloudMAX dari Telkomsel dapat menginstal aplikasi melalui Google Play Store.

Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan iPhone. Aplikasi CloudMAX juga dapat diperoleh melalui kode USSD * 500 * 79 #.

Untuk detail lebih lanjut, untuk memakai aplikasi CloudMAX dari Telkomsel, Anda dapat mengikuti cara-cara di bawah ini:

  • Jika Anda telah menginstal aplikasi Telkomsel CloudMAX maka Anda dapat membuka aplikasi dan mendaftar.
  • Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan nomor OTP dan memasukkannya di kolom yang disediakan.
  • Jika sudah terdaftar, pengguna dapat login menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang sebelumnya dibuat dalam proses pendaftaran.
  • Cara Menggunakan Aplikasi tersebut yaitu Setelah aplikasi terbuka lalu buka halaman berlangganan di menu pengaturan.
  • Dalam tampilan ini, pelanggan dapat memilih paket premium 10 GB, 50 GB atau 100 GB.
  • Tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Setelah Anda memilih paket berlangganan, pop-up USSD akan muncul, pilih nomor 1 Sekarang Anda dapat menggunakan layanan CloudMAX Telkomsel.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang CloudMAX Telkomsel: Layanan Penyimpanan Data dari Telkomsel, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam mengggunakan couldMAX.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

error: Content is protected !!