Cara Print dari Handphone

3 min read

3 Cara Print dari Handphone ke Berbagai Merk Printer – Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, untuk mencetak bisa melalui HP.

Anda tidak lagi harus menggunakan atau membawa flash drive kemana-mana saat Anda ingin mencetak dokumen.

Salah satu smartphone yang sudah menggunakan fitur cetak melalui ponsel adalah Xiaomi. Bahkan Xiaomi memiliki Inovasi atau fitur untuk mencetak melalui ponsel secara nirkabel.

Bagi Anda yang tidak tahu cara mencetak dari HP, pada kesempatan ini kami akan membagikan beberapa cara untuk mengakses printer menggunakan HP.

Untuk itu lihat penjelasan kami di bawah ini secara lengkap karena akan sangat berguna bagi Anda yang terbiasa menggunakan printer. Berikut ini merupakan cara print dari handphone yang perlu anda ketahui.

Cara Mencetak dari Ponsel Dengan Kabel USB / OTG

Metode pertama yang akan dijelaskan di sini adalah Cara mencetak dari HP menggunakan kabel USB atau OTG.

Untuk menggunakan metode ini, Anda perlu bantuan dari aplikasi pihak ketiga/aplikasi lain, StarPrint. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Pertama-tama, unduh aplikasi StarPrint dan instal di Smartphone Anda.
  • Langkah selanjutnya adalah menghubungkan ponsel cerdas Anda ke printer menggunakan kabel OTG atau USB, atau Anda juga bisa menggunakan kabel data
  • Kemudian Buka aplikasi StarPrint dan temukan dokumen atau data yang ingin Anda cetak.
  • Jika sudah klik ok. StarPrint Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman pratinjau cetak untuk mengatur ukuran kertas dan sebagainya.
  • Setelah selesai melakukan penyesuaian, gulir ke bawah dan sesuaikan salinannya, yaitu untuk mengatur berapa lembar yang ingin Anda cetak. Anda dapat menggunakan tombol + untuk menambah dan – untuk mengurangi.
  • Jika semuanya telah dilakukan, maka Anda hanya perlu menekan tombol cetak dan menunggu proses cetak selesai.

Perhatikan bahwa jika printer tidak terdeteksi pada ponsel cerdas Android Anda, matikan aplikasi terlebih dahulu lalu jalankan kembali.

Jika Anda masih mengalami hal yang sama maka Anda dapat memeriksa bagian kabel apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Cara Mencetak dari Ponsel Xiaomi Tanpa Kabel

Cara Print dari Handphone

Khusus untuk pengguna smartphone Xiaomi, Anda dapat menggunakan metode ini untuk mencetak dari ponsel. Namun, metode ini juga harus menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, Print Share.

Untuk jenis aplikasi premium, ia memiliki lebih banyak fitur dan dukungan untuk banyak jenis printer yang dapat digunakan di Indonesia.

Jika Anda tertarik menggunakan fitur premium, maka Anda dapat mengunduh PrinterShare premium.

Untuk menghubungkan ponsel ke printer dapat dilakukan dengan berbagai opsi, yaitu menggunakan kabel USB, bluetooth atau menggunakan koneksi Wifi.

Jika Anda tidak ingin menggunakan kabel maka Anda harus menggunakan fitur Bluetooth. Untuk detail lebih lanjut, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama Anda harus menginstal aplikasi PrinterShare pada ponsel cerdas Android yang Anda gunakan.
  • Kemudian Anda dapat mengaktifkan koneksi Wifi di ponsel Android dan menghubungkan wi-fi ke printer. Jika berhasil maka Anda dapat membuka aplikasi PrinterShare Premium yang telah diinstal sebelumnya.
  • Kemudian, pilih ‘Printer Select‘ di sudut kanan bawah. Jika muncul menu untuk memilih printer, silakan pilih opsi ‘WiFi Terdekat‘ atau WiFi terdekat. Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian printer selesai. Lanjutkan memilih nama printer yang Anda gunakan. WiFi di dekatnya
  • Selanjutnya pemberitahuan akan muncul dalam bentuk ‘Diperlukan Tindakan Pengguna‘, lalu pilih ‘Pakai Generik’. Kemudian tekan Ya untuk mengunduh driver. Ketika selesai, pemberitahuan akan muncul ‘Printer Anda Dikonfigurasi Siap‘ yang berarti Anda dapat mencetak dokumen melalui HP. Klik Lewati.
  • Harap kembali ke menu PrinterShare, lalu pilih dokumen dan temukan data yang ingin Anda cetak
  • Jika Anda telah memilih dokumen maka akan muncul pemberitahuan yang diperlukan untuk mengunduh pratinjau sel yang dipilih. Tekan Ya dan tunggu sampai proses pengunduhan file pratinjau selesai. Kertas Scalling
  • Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman pratinjau cetak tempat dokumen ditampilkan sebelum dicetak. Tekan tombol opsi untuk mengatur ukuran kertas dan sebagainya. Jika semua pengaturan telah dilakukan maka Anda dapat menekan tombol cetak dan hanya tinggal menunggu proses pencetakan lewat printer untuk menyelesaikan.

Cara Mencetak dari Ponsel Android dengan Google Cloud Print

Cara alternatif untuk mencetak dari ponsel lain adalah dengan menggunakan Google Cloud print. Bagi Anda yang ingin menggunakan metode ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Jalankan Google Chrome terlebih dahulu melalui komputer atau laptop yang Anda miliki.
  • Harap masuk menggunakan akun Google Anda, lalu kunjungi https://www.google.com/cloudprint/#jobs
  • Selanjutnya Anda dapat memilih Add Printer
  • Akan ada beberapa pilihan merek printer yang disediakan, misalkan, saat Anda menggunakan printer jenis Epson, lalu pilih EpsonEpson Detected
  • Jika sudah memilih maka lanjutkan dengan mengklik add printer, sehingga nantinya printer yang Anda gunakan dengan merek dan tipe akan dimasukkan pada akun Google yang Anda miliki.
  • Selanjutnya Anda harus mengatur ponsel Android dengan memilih Pengaturan – Cetak – Layanan, lalu pilih Cloud Print. Pengaturan pada HP
  • Jika Anda telah melakukan metode di atas maka nanti Anda dapat melihat printer yang digunakan telah ditambahkan ke Google Chrome.
  • Langkah terakhir Anda bisa mencetak dokumen. Di sini Anda dapat memilih dokumen atau foto mana yang akan Anda cetak dari smartphone Android. Pertama-tama Anda dapat memasuki menu pratinjau cetak untuk memastikan apa yang Anda cetak sudah benar. Setelah itu Anda bisa masuk daftar file kemudian pilih file yang ingin Anda cetak dan tekan menu Print.
  • Akhirnya Anda bisa menunggu sampai proses dokumen cetak selesai

Cara mencetak dari ponsel Android menggunakan Google Cloud Print juga dapat digunakan untuk mencetak dokumen melalui Gmail. Bisa dibilang cara ketiga paling direkomendasikan untuk digunakan

Manfaat Cetak dari HP

Setelah melihat sejumlah cara untuk mencetak dari HP Android, metode ini memang sangat berguna bagi anda yang mau mencetak dokumen tanpa harus repot menggunakan USB kabel.

Tentu ada banyak keuntungan jika Anda dapat mencetak dari HP, terutama tidak perlu menyalakan komputer. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, tidak heran hal-hal menjadi lebih mudah.

Smartphone seolah menjadi ‘teman’ serba bisa bagi sebagian besar pengguna Android.

Lebih dari itu, smartphone tidak hanya digunakan untuk alat komunikasi, tetapi telah jadi asisten pribadi untuk pemiliknya dikarenakan memang ada banyak hal yang dapat Anda lakukan melalui smartphone.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang 3 Cara Print dari Handphone ke Berbagai Merk Printer, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam mencetak melalui ponsel anda.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Tentang GPS

Dinda
1 min read

Call Center Siloam

Dinda
2 min read
SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id