Cara Menghilangkan Watermark Pada Foto

3 min read

Cara Menghilangkan Watermark Pada Foto atau Gambar di Komputer – Beberapa orang mendapatkan banyak masalah saat mengedit foto, masalah muncul di mana foto yang akan di edit memiliki watermark atau seperti font atau huruf yang mempromosikan situs web seperti gambar.

Cara menghilangkan watermark dengan mudah dan rapi adalah dengan membersihkan bagian-bagiannya dengan menggunakan beberapa perangkat lunak.

Watermark merupakan sesuatu yang perlu kita perhatikan, karena kualitas pengeditan foto jika ada font yang sebenarnya tidak Anda inginkan, itu akan menyebabkan foto yang diedit terlihat kurang bagus.

Dalam dunia pengeditan foto kita harus sebelum Anda mengedit foto atau mengedit gambar Anda harus menghapus tanda air terlebih dahulu.

Dengan menghapus bagian yang tidak diinginkan seperti tanda air, akan memudahkan untuk mengedit foto tanpa memikirkan foto yang akan diedit.

Dan biasanya beberapa bagian tanda air terhubung ke bagian gambar yang akan kita edit.

Keuntungan menghapus tanda air adalah dapat membersihkan gambar utama dari gambar yang tidak diinginkan.

Sehingga selain mudah diedit kembali dan juga lebih mudah dilihat karena gambar akan terlihat lebih rapi.

Seperti kita ketahui bahwa shutter stock adalah situs web yang menyediakan layanan tentang mengunggah berbagai jenis gambar.

Dan nantinya kita dapat menemukan berbagai gambar yang mungkin kita butuhkan. Shutter stock art sendiri adalah situs web terbesar yang membahas koleksi gambar.

Beberapa kendala muncul ketika kita ingin mencari gambar di internet yang mungkin memiliki tulisan yang mempromosikan url atau situs web yang membuat gambar.

Ini tentu sangat menyebalkan bagi sobat yang ingin memodifikasi gambar dengan merombak bagian-bagiannya.

Satu lagi masalah ketika kita ingin mengedit foto dengan menambahkan gambar yang memiliki tanda air di dalamnya, tentu saja itu akan membuat kita harus menghapus bagian itu.

Jika objek foto yang Anda inginkan hanya ada foto atau gambar yang memiliki tanda air, maka untuk kenyamanan Anda dalam mengedit foto harus menghapus tanda air terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan Di Hp

Apa itu Watermark?

Watermark adalah gambar atau pola yang muncul di kertas dan terlihat seperti bayangan dan hanya bisa dilihat dengan pencahayaan tertentu.

Cara Menghilangkan Watermark dengan Software

Cara Menghilangkan Watermark Pada Foto

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghapus watermark yang ada, Anda dapat mengedit dengan beberapa aplikasi yang dapat menghapus watermark.

Pertama-tama Anda dapat menginstal aplikasi seperti di bawah ini untuk menghapus tanda air dengan bersih nanti.

  • Dapat menginstal Adobe Photoshop CS6 terbaru untuk versi berbayar, dan sebenarnya ada cara gratis, tapi kami tidak membahasnya.
  • Instal Meitu Xiuxiu gratis, ini adalah aplikasi pengeditan foto yang berasal dari Tiongkok dan berbahasa Mandarin.

Anda dapat memilih perangkat lunak di atas untuk mengedit foto dengan menghapus tanda air pada gambar yang akan digunakan sebagai bahan pengeditan.

Adapun langkah-langkah menghilangkan watermark sebagai berikut.

1. Cara Menghilangkan Watermark dengan Photoshop

Adobe Photoshop CS6
  • Siapkan objek gambar yang memiliki tanda air/watermark dan Anda dapat mengambil gambar yang berisi tanda air yang mungkin merupakan gambar yang ingin Anda hapus tanda airnya, kemudian buka dengan Photoshop yang Anda miliki.
  • Selanjutnya Anda menduplikasi layer dengan menekan CTRL + J dan setelah itu Anda dapat menggunakan alat untuk menghapus atau menghapus tanda air dengan menggunakan Spot Brush Healing Brush Tool.
  • Pengaturan selanjutnya dengan mengklik aktifkan tipe sadar konten
  • Setelah itu, maka kita menyikat bagian yang memiliki tanda air, bagaimana menahan klik kiri pada mouse dan menyesuaikan ukuran sikat dengan menekan tanda [untuk mengurangi dan menekan tanda] untuk menambah ukuran sikat.
  • Dalam menjalankan proses penguasaan, kita harus berhati-hati dan teliti dalam membuang dan menghapus bagian-bagian tanda air, pastikan bahwa Anda hanya menghapus bagian dari tanda air tersebut. Agar gambar yang ingin kita hapus tidak rusak, jika anda menghapus tanda air dengan kuas di Photoshop maka anda dapat menekan CTRL + Z untuk mengulangi proses kontrol.

Jauh di atas adalah tutorial untuk menghapus tanda air menggunakan perangkat lunak Photoshop yang mungkin Anda miliki di komputer Anda.

Baca juga: Cara Menghapus Virus dan Malware Di iPhone

2. Cara Menghapus Watermark dengan Xiuxiu

Cara Menghapus Watermark dengan Xiuxiu

Metode yang satu ini lebih mudah daripada menggunakan Photoshop, tetapi kelemahannya adalah ia hanya menggunakan bahasa Mandarin. Yang sangat sulit untuk dipahami jika kita tidak tahu fungsi dari bagian-bagian yang ada.

  • Buka foto menggunakan aplikasi xiuxiu, dengan menekan tombol merah dan folder akan terbuka yang nantinya Anda dapat menentukan lokasi dan foto mana yang akan dipilih, lalu klik OK.
  • Jika foto sudah terbuka atau tampaknya diterapkan xiu xiu, maka Anda hanya perlu mengklik pada bagian penghapus.
  • Kemudian tab berikutnya akan muncul yang memunculkan fungsi untuk menghapus tanda air dengan aplikasi xiuxiu, maka Anda dapat menentukan ukuran kuas untuk dihapus, Anda dapat memilih ukuran kuas tergantung pada kebutuhan Anda, cara menyeret keduanya besar dan ukuran kecil, jika kita seret ke kanan maka ukurannya semakin besar dan sebaliknya.
  • Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah menghapus bagian watermark dengan warna dari aplikasi Xiuxiu ungu, pastikan Anda menghapusnya dengan hati-hati dan teliti sehingga hasil menghapus watermark dapat terlihat rapi dan rajin.
  • Langkah kelima adalah Anda mengklik tanda centang hijau yang terletak tepat di bawah foto, jika Anda mengalami kesalahan dalam menghapus tanda air, maka Anda dapat mengklik tanda silang dan mulai lagi dari awal.

Baca juga: Cara Mengganti Tema Google Chrome

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Menghilangkan Watermark pada Foto atau Gambar di Komputer, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam menghilangkan watermark pada foto.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

error: Content is protected !!