Cara Menghilangkan Virus Iklan

4 min read

5 Cara Menghilangkan Virus Iklan menggangu di HP Android – Tampilan iklan di komputer atau Android memang benar-benar membuat kita sangat kesal.

Terutama jika iklan itu muncul berulang kali saat kita melakukan aktivitas menggunakan komputer atau Android.

Misalnya kita sedang pusing membuat tugas tiba-tiba iklan muncul, atau kita asik main game barang, eh tiba-tiba game yang kita mainkan ditutupi oleh iklan, ini membuat kita sangat kesal.

Tampilan iklan pada aplikasi sudah merupakan hal yang wajar karena beberapa aplikasi memang memiliki add on iklan.

Di mana kita dapat melihat informasi aplikasi di play store dalam bentuk iklan. Banyak iklan yang muncul pada aplikasi tergantung pada pengembang aplikasi.

Ada yang menampilkan iklan dalam jumlah waktu tertentu, dan ada juga yang menampilkan sejumlah besar iklan dalam rentang waktu singkat.

Tetapi jika Anda mengalami kondisi di mana iklan berulang kali muncul, dan ditambah dengan lambatnya kinerja ponsel cerdas Anda, dan baterai ponsel cerdas Anda yang semakin boros.

Ini mungkin bukan karena iklan di suatu aplikasi tetapi ponsel cerdas Anda telah terkena malware di bentuk virus iklan.

Apa Itu Virus Iklan?

Virus iklan adalah virus yang menyebabkan munculnya iklan pada android/pc.

Cara Menghilangkan Virus Iklan

Cara Menghilangkan Virus Iklan

Pada kesempatan ini kami akan memberikan tutorial tentang cara menghilangkan virus iklan di Android. Berikut ini adalah tutorialnya

Hapus Aplikasi Mencurigakan

Jika Anda mengetahui bahwa iklan ini terus muncul setelah Anda menginstal aplikasi, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut adalah sumber munculnya iklan-iklan ini.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menghapus instalan aplikasi dari ponsel cerdas Anda.

Anda dapat menghapusnya dengan masuk ke Pengaturan> Aplikasi> Semua Aplikasi.

Silakan cari dan hapuslah aplikasi tersebut bersamaan dengan aplikasi lain yang Anda tidak anda kenal atau yang Anda anggap mencurigakan.

Jika Anda tidak yakin aplikasi mana yang harus Anda hapus, maka Anda dapat menghapus 3 hingga 5 aplikasi terakhir yang telah Anda instal yang dan terlihat mencurigakan.

Instal Aplikasi

Anti Virus

Alangkah baiknya jika sejak awal Anda membeli laptop atau Android, Anda telah menginstal antivirus di dalamnya untuk meningkatkan keamanan di smartphone dan laptop Anda.

Selain berfungsi untuk menghindar dari serangan virus, antivirus juga berfungsi untukmenghindari masuknya malware jahat yang juga dapat menyebabkan iklan terus muncul berulang kali di android Anda.

Jika Anda ingin menginstal antivirus, Anda harus menginstal antivirus yang sudah banyak digunakan dan sudah memiliki nama terkenal seperti Avast, Smadav, dll.

Sehingga Anda terhindar dari kesalahan saat instalasi. Jangan sampai Anda menginstal aplikasi antivirus yang mengandung virus.

Dan Anda harus memastikan bahwa aplikasi yang Anda unduh dari sumber tepercaya seperti Google Play Stroe.

Addon Defector

Addon adalah fitur tambahan yang terkandung dalam aplikasi, sementara addon defector adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu Anda mengidentifikasi dan menghapus addon dari aplikasi tertentu yang sudah diinstal pada ponsel cerdas Anda.

Seperti yang sudah Anda ketahui, beberapa game, terutama game online dan aplikasi media online lainnya sering menampilkan tambahan yang menampilkan berbagai iklan.

Dengan menggunakan detektor addon ini, Anda dapat menghapus iklan uang tambahan yang muncul di aplikasi atau game yang Anda instal di ponsel cerdas Anda tanpa harus menghapus instalan aplikasi.

Berikut ini adalah beberapa fitur dalam detektor addon yang bisa Anda dapatkan dan gunakan untuk menghapus iklan yang muncul di aplikasi dan game yang diinstal pada ponsel cerdas Anda.

  • Push Notification Addon: digunakan untuk mencari tahu aplikasi apa yang menggunakan addon untuk menampilkan iklan walaupun aplikasi tidak aktif. Caranya adalah dengan membuka Addon Deterctor> Scan> Addon> Filter> Push Notification (Setelah itu akan muncul daftar aplikasi yang memiliki jenis addon ini.)> Klik Aplikasi> Kelola Aplikasi> Klik Hapus.
  • Notification Monitor: Fitur ini memiliki efektivitas tinggi ketika digunakan untuk mencari tahu aplikasi yang menampilkan iklan, karena fitur add push notification di atas terkadang melewatkan beberapa aplikasi sehingga tidak semua aplikasi dipindai. Bagaimana cara menggunakannya, silakan buka Addon Detector> Notification Monitor> Turn on. Setelah itu, harap tunggu pemberitahuan iklan muncul, setelah pemberitahuan iklan muncul, silakan buka Notification Monitor. Setelah itu aplikasi yang menampilkan iklan akan muncul, setelah itu silakan hapus aplikasi.
  • Monitor Shortcut: Digunakan untuk menghapus shortcut yang muncul. Untuk cara menggunakannya, silakan buka Addon Detector> Shortcut Monitor> Turn on. Setelah itu, harap tunggu pemberitahuan iklan muncul, setelah pemberitahuan iklan muncul, silakan buka Notification Monitor. Setelah itu aplikasi yang menampilkan iklan akan muncul, setelah itu silakan hapus aplikasi.

Anti Adware

Kita dapat menggunakan anti-adware ini untuk mencari tahu sumber iklan yang muncul di ponsel Android kita.

Anda dapat menemukan sumbernya dengan memindai. Setelah Anda memindai dan mencari tahu aplikasi penyebab iklan, Anda dapat menghapus aplikasi tersebut agar iklan tidak muncul lagi.

Masuk ke Safe Mode

Cara lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan virus iklan di Android adalah dengan memasukkan safe mode (safe mode). Mode aman ini berfungsi untuk mematikan semua virus iklan dan virus lain yang masuk ke perangkat dengan aplikasi atau jalur lain.

Saat memasuki safe mode, beberapa aplikasi tidak akan digunakan, terutama aplikasi yang bermasalah. Cara masuk ke mode aman sangat mudah dengan mengklik tombol daya dan volume secara bersamaan.

Matikan Akses Administrasi Android

Virus iklan lebih sering muncul karena menginstal aplikasi dari sumber yang tidak jelas atau ilegal. Bisa jadi, adware masuk ketika kita secara tidak sengaja menekan tautan yang mengandung virus saat menjelajah.

Oleh karena itu, matikan akses administrasi Android sehingga tidak dapat menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Reset Ke Pengaturan Pabrik

Metode ini adalah cara terakhir dan paling efektif yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan iklan yang terus muncul di ponsel pintar Android Anda karena virus dan malware lainnya.

Dengan melakukan pengaturan ulang pabrik ini, semua aplikasi tambahan yang Anda instal bersama dengan data akan dihapus dan hilang dari ponsel cerdas Anda.

Ponsel cerdas Anda akan seperti saat pertama kali keluar dari pabrik. Anda dapat melakukan factory reset ini menggunakan dua metode, yaitu soft reset dan hard reset.

Cara melakukan soft reset:

  • Harap cadangkan semua data yang menurut Anda penting di ponsel cerdas Anda. Harap pindahkan data ke penyimpanan lain seperti hard disk di komputer dan sebagainya.
  • Kemudian setelah mentransfer data penting, silakan masukkan Pengaturan / Cadangkan> Reset> Pabrik dan Reset.
  • Silakan tekan Reset Phone untuk memulai proses reset pabrik.
  • Setelah itu ponsel Anda akan restart sendiri, harap tunggu sampai proses penghapusan selesai.
  • Kemudian setelah ponsel menyala kembali, ponsel Anda kembali normal ketika Anda pertama kali membelinya.

Cara melakukan hard reset:

  • Harap cadangkan semua data yang menurut Anda penting di ponsel cerdas Anda. Harap pindahkan data ke penyimpanan lain seperti hard disk di komputer dan sebagainya.
  • Kemudian matikan sinkronisasi otomatis pada akun google Anda, caranya adalah pergi ke pengaturan> akun> google> klik (akun google Anda)> nonaktifkan sinkronisasi.
  • Setelah itu, harap matikan ponsel cerdas Anda.
  • Kemudian tekan tombol Power + Volume Up / Atas secara bersamaan selama beberapa detik hingga menyala.
  • Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan, lalu tekan tombol daya untuk mengkonfirmasi dan melanjutkan.
  • Setelah itu menu Pemulihan akan muncul.
  • Di sini, silakan masukkan opsi Wipe Cache / Factory Reset. Untuk mengarahkan Anda dapat menggunakan tombol volume atas / bawah dan untuk mengkonfirmasi / ok gunakan tombol daya.
  • Silakan pilih Ya – hapus semua data pengguna.
  • Kemudian harap tunggu sampai proses penghapusan selesai.
  • Setelah itu, silakan reboot ponsel cerdas Anda, untuk pertama kali reboot ini akan memakan waktu sedikit lebih lama dari reboot biasa, jadi Anda tidak perlu panik.

Penutup

Demikian tutorial tentang cara menghilangkan virus iklan android. Memang dengan kemunculan iklan yang terus menerus ini bisa membuat kita kesal dan marah apalagi jika kita sedang asik melakukan sesuatu.

Dengan menghilangkan iklan yang muncul kita bisa leluasa bermain game tanpa diganggu oleh iklan yang tidak penting.

Anda dapat menggunakan 5 cara di atas untuk menghilangkan iklan, silakan coba mulai dengan metode pertama, jika itu tidak berhasil, lanjutkan dengan metode berikutnya.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu Virus Iklan?

Virus iklan adalah virus yang menyebabkan munculnya iklan pada android/pc.

Apa Penyebab Virus Iklan?

Biasanya disebabkan karena menginstal aplikasi yang mengandung virus.

Apa itu Addon defector?

Addon defector adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu Anda mengidentifikasi dan menghapus addon dari aplikasi tertentu yang sudah diinstal pada ponsel cerdas Anda.

error: Content is protected !!