Cara Menghemat Paket Kuota Internet

5 min read

10 Cara Menghemat Paket Kuota Internet Dijamin Ampuh – Komunikasi saat ini adalah hal yang sangat mudah dilakukan, menggunakan komputer atau ponsel kita dapat menghubungi seseorang tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.

Tentunya ini membutuhkan akses internet, akses internet di Indonesia sebenarnya cukup baik terutama di perkotaan.

Selain di Indonesia, biasanya ada banyak pelanggan dari beberapa penyedia internet mengeluh bahwa paket internet atau kuota kecil, tetapi mereka juga menyesal bahwa kuota internet boros dan cepat habis.

Sebenarnya dalam hal ini kita dapat meminimalkan internet yang berjalan dengan cepat, dengan itu kita juga menghemat kuota dan menghemat uang karena kita tidak perlu membeli kuota terus menerus.

Memang saat ini untuk penyedia kartu sim (kartu sim) jarang memberikan layanan tanpa batas, walaupun kuota tanpa batas tidak terbatas, tetapi untuk kecepatan sangat ironis sekarang sobat.

Biasanya beberapa penyedia layanan telekomunikasi memberikan layanan dengan kuota yang ditentukan, tetapi ada juga yang tidak terbatas tetapi kecepatannya sangat terbatas.

Karena ketika tidak terbatas dan misalnya jatah kecepatan normal 3MB / Detik adalah kuota 4GB.

Ketika Anda telah melampaui batas kuota 4GB, kecepatan akan diturunkan secara tidak manusiawi yaitu sangat lambat hingga kurang dari 100kb/detik.

Tentu saja sangat menyebalkan, di sisi lain kita membutuhkan akses internet yang nyaman dan ekonomis.

Metode yang kami bagikan mencakup banyak perangkat atau semua perangkat yang dapat mengakses internet sebagai berikut.

  • Menyimpan internet dan menghemat kuota di PC (Laptop / Komputer)
  • Akses internet secara ekonomis di ponsel atau smartphone Anda (Android, Blackberry BB, Windows Phone, dan lainnya)
  • Menggunakan internet dengan menghemat biaya internet dapat dilakukan pada Tablet (Android)

Nah berikut ini cara menghemat kuota internet / paket data agar tidak boros pada smartphone dan PC sebagai berikut.

Cara Menghemat Paket Kuota Internet

Cara Menghemat Baterai Android

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk dapat menghemat biaya internet di perangkat Anda, baik di smartphone Android / tablet atau perangkat seluler lainnya.

Anda juga dapat mempraktikkannya di PC Anda, serta cara internet dengan murah dan ekonomis pada ponsel dan PC seperti berikut ini.

1. Gunakan WiFi / Hotspot

Ini adalah cara yang biasanya digunakan orang untuk menghemat biaya internet pada saat yang sama sehingga kuota internet bisa ekonomis dan tidak boros.

Selain itu wifi biasanya tidak terbatas dan kecepatannya stabil, terlalu lama jika sinyal kartu sim lambat atau tidak ada sinyal.

Maka Anda dapat menggunakan Wifi sebagai alternatif, biasanya di tempat-tempat umum yang menyediakan akses wifi gratis yang dapat Anda gunakan dengan mudah.

Dengan begitu Anda dapat menghemat uang, Anda dapat mengunduh sepuas hati saat menggunakan wifi di tempat-tempat tertentu.

Sobat tidak perlu takut kuota habis, karena wifi tidak terbatas dan ketika Anda terhubung ke wifi maka akses internet otomatis menggunakan wifi itu sendiri.

2. Nonaktifkan Pembaruan Otomatis (Aplikasi & Game)

Beberapa kasus pembaruan otomatis memiliki kelebihan dan kekurangan, terutama yang biasanya sering terjadi pada ponsel Android dan tablet Android.

Pembaruan otomatis akan memungkinkan Anda untuk memperbarui aplikasi yang diinstal pada perangkat Anda dengan mudah tanpa perlu mencari secara manual.

Maka Anda perlu memperhatikan hal ini, artikel dalam fitur pembaruan otomatis akan melakukan pembaruan sendiri.

Beberapa keluhan teman kami yang menggunakan internet pada PC dan ponsel Android mengalami masalah ini, mereka tidak mengharapkan dan kebingungan mengapa paket internet habis dengan cepat.

Ternyata masalah ini disebabkan oleh pembaruan otomatis, biasanya pembaruan otomatis atau pembaruan otomatis akan sering menghabiskan kuota data di ponsel dan komputer Anda.

Coba bayangkan jika ada satu atau lebih aplikasi dengan pembaruan otomatis 40MB atau lebih, Anda bisa bayangkan tepat penggunaan yang dibutuhkan.

Apalagi jika aplikasi sering diperbarui dan dalam jumlah besar dalam memperbarui, tentu saja kuota internal adalah tanda kehabisan cepat.

Karena itu Anda dapat mengaktifkan fitur pembaruan otomatis pada ponsel Android atau PC (laptop dan komputer).

Biasanya pengaturan tersebut dapat digunakan dalam pengaturan ponsel android, dan juga PC maka Anda dapat mematikan pembaruan otomatis dalam pengaturan aplikasi yang sering membutuhkan pembaruan.

3. Simpan Kuota dengan Memperhatikan Konsumsi Data

Dalam hal ini kita dapat meminimalkan pemborosan kuota yang telah kita beli dengan menghemat penggunaan data.

Sebelum itu kami mengenali konsumsi paket data / internet yang digunakan untuk apa, misalnya Anda adalah seseorang yang suka menelusuri, streaming, atau bermain game online.

Sebagai pengguna internet yang dapat menganalisis kebutuhan Anda sendiri, pastikan Anda meminimalkan penggunaan data untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

Misalnya ketika Anda bermain game sambil streaming video, tentu saja tidak disarankan karena sama dengan sedan online dan pastikan untuk memilih salah satu dari mereka terlebih dahulu.

Sekarang setelah Anda mengetahui dan menganalisis penggunaan data yang digunakan untuk apa, maka Anda dapat mengoptimalkan kebutuhan Anda hanya dengan menggunakan kuota sesuai kebutuhan.

Dengan begitu kuota internet Anda tetap ekonomis dan menghemat uang.

4. Hindari Streaming, Instagram dan Unduhan

sosial media

Biasanya seseorang yang online akan merasakan hal yang sama ketika streaming atau bermain game online, mereka hanya dapat menikmati layanan saat online.

Kemudian dalam hal unduhan, kita dapat membuka data yang diunduh tanpa harus online.

Namun, pada streaming video, memainkan game online dan mengunduh file akan sangat membuang kuota jika dilakukan secara berlebihan untuk jangka waktu yang lama.

Selain mengatasi paket internet yang mahal dan menghemat kuota internet, maka Anda harus memperhitungkan penggunaan dan fungsi internet.

Ini adalah tips yang dapat mengatasi masalah ini, Anda dapat mengunduh game atau file lain dalam ukuran yang lebih kecil.

Cara menyimpan seperti ini sudah cukup membantu Anda sehingga kuota ekonomis tidak mudah habis, untuk streaming video tidak boleh dilakukan atau bisa dilakukan tetapi menggunakan grafis berkualitas rendah.

Ini bertujuan untuk menghemat kuota yang Anda beli sebelumnya. Kami sarankan mengunduh, streaming, dan bermain game online, Anda harus menggunakan akses internet di wifi atau hotspot.

Selain wifi koneksi stabil, jika dibandingkan dengan biaya membeli paket internet wifi akan jauh lebih murah.

5. Ubah fitur Peta Anda ke Mode Offline

Tipa selanjutnya untuk dapat menghemat kuota internet adalah mengubah fitur ‘Peta’ Anda ke mode offline. Aplikasi Maps pada ponsel pintar dapat dengan cepat menguras kuota inetrnet Anda.

Dan anehnya tidak banyak pengguna yang menyadari hal ini. Aplikasi Peta ini akan menghabiskan lebih banyak data jika Anda menggunakannya untuk layanan navigasi built-in.

Arah belokan demi belokan, melihat lalu lintas secara real time atau melihat peta dalam mode satelit.

Untuk mengatasi kuota yang boros dalam menggunakan aplikasi Peta ini, Anda dapat mengubah pengaturan Peta ini dari mode online ke mode offline.

Untuk platform Android, Anda dapat menyentuh Bilah Pencarian di atas aplikasi Maps. Setelah itu Anda dapat memindahkannya ke bawah hingga Anda melihat opsi ‘Simpan peta untuk menggunakan offline’.

Dari sini Anda dapat memilih opsi simpan untuk beralih ke mode offline. Untuk platform iOS, Anda hanya perlu mengubah mode ke mode penerbangan.

6. Gunakan Aplikasi Mailbox untuk Tujuan Email

Hal lain yang juga dapat membuat kuota internet menjadi cepat habis adalah penggunaan email.

Perlunya korespondensi elektronik (e-mail) seperti membuka e-mail dan juga mengunggah dan mengunduh lampiran file dari e-mail tentu akan membuat Anda mendapatkan banyak kuota.

Untuk mengatasinya Anda dapat mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia diplatfom Android dan iOS.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menyimpan sejumlah data yang seharusnya tidak dipakai saat menggunakan email. Dengan demikian, kuota internet Anda akan disimpan dengan baik.

7. Pemilihan Browser yang Tepat

Untuk dapat mengakses situs web dengan cepat maka kita membutuhkan peramban yang cepat dan ringan juga, tidak semua peramban memiliki fitur untuk memampatkan data saat mengakses web.

Meskipun fitur ini cukup membantu dalam mengakses web, semakin besar kemampuan untuk kompres data, semakin cepat untuk membuka situs web atau blog.

Kami menyarankan untuk menggunakan Browser Google Chrome dan Opera Mini untuk Anda gunakan di ponsel cerdas atau PC Anda.

Karena kedua browser telah terbukti lebih cepat dalam membuka situs web, kami telah membuktikannya dan kami lebih suka Google Chrome karena ringan dan memiliki fitur yang lebih lengkap.

Tapi ini berbeda dari browser UC yang kami pikir browser UC cukup berat dalam membuka web.

8. Mengidentifikasi Aplikasi yang Menyedot Kuota Data

Selanjutnya, tips untuk menghemat stok data atau kuota internet anda adalah dengan cara mengidentifikasi aplikasi mana saja yang menyedot kuota banyak.

Memang akan ada sejumlah aplikasi yang telah Anda unduh dan instal yang mengonsumsi lebih banyak kuota. Bagaimana Anda tahu? Anda dapat pergi ke menu Pengaturan> Penggunaan Data dan gulir ke bawah.

Maka Anda akan menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak kuota. Untuk menyimpan kuota Anda, Anda harus menghapus aplikasi yang mengambil banyak kuota Anda.

9. Nonaktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Ternyata ada banyak akun yang menyinkronkan secara otomatis pada ponsel cerdas Anda yang membuat kuota internet Anda diambil secara langsung tanpa Anda sadari.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mematikan atau menonaktifkan sinkronisasi otomatis ini pada beberapa akun yang sudah ada yang jarang digunakan.

Caranya adalah Anda dapat pergi ke Pengaturan> Akun> lalu pilih akun yang tidak ingin Anda sinkronkan. Dengan cara ini Anda dapat menyimpan kuota data dengan baik.

10. Menggunakan Aplikasi Kompresi Data

Terakhir, tips efektif untuk bisa menghemat kuota internet adalah dengan menggunakan aplikasi yang bisa melakukan kompresi data untuk menghemat kuota internet.

Salah satu yang dapat digunakan adalah Onavo Extend, aplikasi ini berfungsi dengan menganalisis semua aplikasi yang ada di perangkat Android kita.

Meskipun aplikasi Onavo Extend tidak dapat melakukan kompresi video, Onavo masih bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menghemat kuota internet.

Selain itu, untuk menangani ini, Anda juga dapat mengaktifkan opsi Wifi saja. Dengan cara ini, aplikasi baru akan memperbarui datanya hanya ketika ponsel Anda terhubung ke WiFi.

Untuk mengaktifkannya, cobalah masuk ke Play Store dan pilih menu Pengaturan> Aplikasi pembaruan otomatis> Aplikasi pembaruan otomatis hanya melalui WiFi.

Penutup

Demikian lah penjelasan kami tentang 10 Cara Menghemat Paket Kuota Internet, semoga dapat membantu anda dalam menghemat kuota internet anda.

Terima kasih telah membaca dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa fungsi Onavo Extend?

Aplikasi ini berfungsi dengan menganalisis semua aplikasi yang ada di perangkat Android kita.