Cara Menghemat Baterai Android

5 min read

13 Cara Menghemat Baterai Android Agar Tidak Cepat Habis dan Awet – Ponsel Android adalah smartphone yang dapat dianggap sebagai ponsel dengan fungsi dan fasilitas yang baik.

Android sendiri memiliki spesifikasi lengkap dengan berbagai fasilitas yang ada. Namun terlepas dari fitur Android smarpthone yang terbilang bagus, ada juga masalah dengan Android.

Pengguna smartphone Android mengeluh tentang masalah bahwa smartphone Android mereka kehabisan baterai atau daya.

Mereka juga menjelaskan bahwa baterai yang mereka gunakan berkapasitas besar, nah sebenarnya ada sejumlah faktor yang memengaruhi baterai Android yang cepat habis saat digunakan.

Salah satu penyebab baterai ponsel Android mudah habis adalah ketika kita menggunakan ponsel Android dengan menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan.

Hal itu yang mengakibatkan ada banyak aplikasi yang berjalan di smartphone Android dan ini adalah faktor yang menyebabkan mengapa baterai smartphone Android cepat habis.

Menjalankan aplikasi secara bersamaan adalah sesuatu yang membuat perangkat keras harus bekerja lebih ekstra untuk memenuhi kebutuhan pemrosesan data, hal itu akan mempengaruhi tingkat daya tahan baterai.

Jika smartphone android memiliki layar dengan tingkat pencahayaan dan lebar layar akan sangat berpengaruh, semakin lebar layar dan semakin terang tingkat pencahayaan akan membuat baterai cepat boros.

Faktor lain adalah ketika kita bermain game dengan kapasitas besar juga menggunakan internet, nah di sisi lain itu membuat baterai tidak efisien.

Langkah utama untuk menghindari baterai ponsel pintar cepat habis adalah dengan membeli ponsel android yang memiliki kapasitas baterai super besar.

Sedangkan untuk kelemahan dari smartphone yang memiliki kapasitas baterai super besar adalah harganya, biasanya smartphone android dengan kapasitas baterai besar dihargai dengan harga mahal.

Di bawah ini adalah langkah utama agar baterai ponsel Android tidak mudah habis. Dengan menghemat dan meningkatkan masa pakai baterai Android, dijamin baterai smartphone Android Anda tidak mudah habis.

Berikut ini merupakan cara menghemat baterai Android Anda agar tidak mudah cepat habis.

Cara Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android

Kita sebenarnya dapat menghemat baterai android dengan tujuan agar baterai tidak cepat habis tanpa perlu membeli smartphone android lagi.

Berikut ini adalah cara untuk menghemat baterai di ponsel Android Anda sehingga tidak akan bertahan lama.

1. Jangan Nyalakan Notifikasi

Langkah pertama dalam mengoptimalkan penghematan baterai adalah mematikan notifikasi, yang merupakan langkah penting untuk menjaga baterai android awet.

Hal ini disebabkan oleh beberapa pemberitahuan yang tidak perlu dari aplikasi atau game yang biasanya terhubung ke internet.

Sekarang untuk menonaktifkan fungsi notifikasi itu juga bisa dikatakan sangat mudah, kita perlu pergi ke menu pengaturan kemudian kita pergi ke Aplikasi.

Pada layar itu daftar aplikasi dan game yang diinstal pada smartphone Android Anda akan muncul, kita dapat memilih aplikasi mana yang ingin kita instal notifikasi atau mana yang tidak ingin kita aktifkan.

Jika kita ingin aplikasi tetap muncul maka kita perlu meninggalkan tanda centang di sana dan jika kita ingin aplikasi tidak muncul maka kita perlu hapus tanda centang.

Jika Anda telah memilih mana yang ingin Anda aktifkan dan mana yang tidak maka kemudian tekan finish atau ok.

2. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Setelah metode di atas telah dilakukan, maka kita perlu menutup aplikasi jika tidak digunakan.

Tujuannya masih sama, agar kita bisa memberikan kelegaan pada prosesor yang juga akan membuat daya baterai pada smartphone menjadi awet, dengan menutup aplikasi juga akan berdampak baik.

Yaitu biasanya case yang jarang hang atau lagg pada smartphone android, ini juga masih terkait dengan yang namanya ram.

Dimana ram itu sendiri berfungsi untuk menyimpan data sementara, jika sebagian besar aplikasi terbuka maka ram akan cepat hang atau lagg, jadi kita pelru mematikan aplikasi atau game saat itu tidak digunakan.

Beberapa aplikasi yang sangat menguras baterai smartphone Android adalah aplikasi chat atau aplikasi yang berhubungan dengan internet.

Ketika kita bermain dengan nama internet maka kita akan menyalakan layar secara terus menerus.

Tentu saja akan menguras energi begitu di baterai smartphone, cara menutup aplikasi ini sangat mudah, teman-teman.

Kami tetap menutup aplikasi secara normal dengan menekan tombol keluar pada smartphone android, atau jika aplikasi tidak dapat ditutup dan juga tersembunyi di latar belakang smartphone.

3. Turunkan Pencahayaan Layar

Salah satu cara untuk menghemat daya baterai adalah dengan mengatur kecerahan cahaya pada layar, metode ini merupakan cara yang efektif untuk membuat baterai tidak cepat habis saat digunakan.

Ini karena jika semakin terang lampu layar yang digunakan, maka semakin besar energi yang dikeluarkan untuk menghidupkan layar.

Itu juga berlaku sebaliknya jika tingkat pencahayaan layar lebih rendah (tidak cerah), semakin banyak daya yang juga akan digunakan untuk menghemat daya baterai.

Sehingga jika layar menyala kurang terang makan akan semakin lama ponsel android dapat digunakan.

Selain itu, resolusi layar juga sangat berpengaruh pada seberapa besar daya yang dibutuhkan nantinya.

Jika semakin tinggi resolusi layar seperti HD atau Quad HD, semakin banyak daya yang dikonsumsi dan tentunya baterai pada smartphone android akan dengan mudah habis.

Selain menyesuaikan pencahayaan atau kontras pada smartphone android, kita juga harus mengubah waktu layar menyala.

4. Gunakan Mode Pesawat

Untuk langkah keempat agar baterai ponsel android tidak cepat habis, yaitu dengan menggunakan mode pesawat.

Ini bertujuan untuk meminimalkan penggunaan daya baterai yang digunakan oleh ponsel Android, sehingga akan lebih efisien dan tahan lama selama berjam-jam.

5. Jangan Nyalakan Hotspot

Bagi Anda yang suka bersantai, jangan sering menyalakan hotspot, karena ini cukup menguras baterai. Di sini fungsi ponsel sebagai pemancar, dan penerima sangat menguras energi.

Jadi Anda sebaiknya tidak menggunakan hotspot saat menginginkan baterai hp yang tahan lama.

6. Hindari Wallpaper Live

Tujuan dari wallpaper hidup adalah untuk mempercantik penampilan smartphone yang memiliki wallpaper live diinstal, tetapi jangan membuat kesalahan selain wallpaper hidup.

Itu juga dapat menguras daya baterai smartphone yang menggunakan wallpaper live. Untuk menghindari baterai habis dengan cepat, kita perlu menghindari menggunakan wallpaper live di smartphone kita.

Alangkah baiknya jika kita menggunakan ekstensi gambar dengan format png dan jpg pada wallpaper. Anda tidak boleh menggunakan gambar dengan ekstensi format gif.

Jika kita menggunakan gambar dengan ukuran sederhana dan gambar yang jelas, itu juga akan membuatnya lebih mudah untuk menggunakan smartphone smartphone Android.

7. Jangan Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai

aplikasi penghemat baterai

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa itu mungkin? Bukankah aplikasi penghemat baterai bertujuan untuk membuat ponsel awet dan tahan lama?

Jika Anda masih menggunakan aplikasi penghemat baterai, saran kami sebaiknya anda membuangnya.

Apakah Anda yakin aplikasi penghemat baterai Android benar-benar berfungsi? Mari kita mainkan logika sedikit.

Ketika aplikasi penghemat baterai dipasang, aplikasi akan berjalan di latar belakang. Aplikasi yang berjalan di latar belakang harus menggunakan CPU, pasti menggunakan RAM, dan menggunakan daya.

8. Matikan Getaran dan Suara Keyboard

Fitur getaran pada ponsel adalah penyebab terbesar kedua yang membuat baterai cepat habis. Motor listrik untuk menggetarkan ponsel membutuhkan daya yang cukup besar.

Memang, ada kalanya fitur getaran pada ponsel dibutuhkan. Aktifkan hanya dalam mode hening atau mode hening saja.

Juga, suara pada keypad harus dimatikan. Suara keyboard aktif secara default pada keyboard dial dan keyboard.

9. Jangan Gunakan Antivirus

Tanpa menggunakan antivirus Android yang anda gunakan sebenarnya sudah aman dan tidak ada aplikasi antivirus yang diperlukan. Ini berbeda dengan Anda yang menggunakan PC atau Windows.

Tahukah Anda bahwa linux sebenarnya tidak membutuhkan antivirus.

10. Matikan Bluetooth, GPS dan NFC

Kebanyakan orang, termasuk teman kami, tidak menyadari ketika GPS berlanjut. Padahal GPS sangat menguras baterai.

Untuk itu, pastikan hanya menggunakan GPS atau Bluetooth atau NFC bila perlu. Selesai menggunakan, segera matikan.

11. Atur Sleep Time Cellphone

Smartphone Android memiliki pengatur waktu tidur di ponsel. Artinya, ketika ponsel selesai digunakan, maka dalam waktu tertentu layar akan mati secara otomatis.

Kami telah menjelaskan sebelumnya bahwa faktor terpenting menggunakan baterai adalah layar. Jadi, waktu ideal untuk mengatur waktu tidur ponsel adalah sekitar 2 menit.

12. Matikan animasi pada sistem Android

Secara otomatis, ponsel Android akan mengaktifkan fitur animasi di jendela SO atau sistem oprasi nya. Artinya, ketika Anda membuka atau menutup aplikasi sebenarnya ada animasi.

Misalnya pada saat membuka atau menutup aplikasi tertentu akan muncul efek animasi dari perpindahan jendela.

Mematikan sistem Android akan meningkatkan masa pakai baterai plus bonus untuk meningkatkan kinerja kecepatan ponsel.

Caranya sebagai berikut:

  • Masukkan pengaturan telepon
  • Aktifkan mode pengembang (setiap telepon memiliki cara berbeda untuk mengaktifkan mode pengembang)
  • Jika sudah menemukannya, buka mode pengembang
  • Matikan skala animasi jendela
  • Matikan skala animasi transisi
  • Matikan animator skala durasi

13. Matikan Fitur Auto Sync

Auto Sync atau Auto Sync adalah fitur android yang bekerja secara berkala di latar belakang.

Ketika fitur ini dihidupkan, Android akan menyinkronkan dan mengunduh informasi secara otomatis bila diperlukan.

Caranya sebagai berikut:

  • Masukkan pengaturan (setiap ponsel mungkin memiliki pengaturan tampilan yang berbeda)
  • Cari Sinkronisasi Otomatis
  • Pilih Mati

Penutup

Demikian artikel kami tentang 13 Cara Menghemat Baterai Android Agar Tidak Cepat Habis dan Awet, semoga dapat membantu anda dalam menghemat baterai ponsel Anda.

Terima kasih telah membaca dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya 🙂

Baca Juga:

F.A.Q.

Apa Itu Ponsel Android?

Ponsel Android adalah smartphone yang dapat dianggap sebagai ponsel dengan fungsi dan fasilitas yang baik.

Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis?

Salah satu penyebabnya adalah karena seringnya kita menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan.

Apa Cara Utama Agar Baterai Awet?

Langkah utamanya adalah dengan membeli ponsel android yang memiliki kapasitas baterai super besar.