Cara Menghapus Registry Software

2 min read

Cara Menghapus Registry Software pada Windows 7/8/10 Wajib Dicoba – Registry, pertama kali diperkenalkan dalam sistem Windows 16-bit, digunakan sebagai cadangan informasi tentang pemetaan / asosiasi ekstensi file dengan aplikasi mereka, dan kemudian dikembangkan menjadi basis data yang luas tentang sistem operasi keluarga Windows NT.

Dengan berlalunya waktu, Registri juga kemudian digunakan pada sistem operasi kelas rumahan: Windows 95, Windows 98 dan Windows ME.

Registri tersebut cukup dan cepat untuk dikembangkan karena merupakan implementasi yang cukup baik dari registri yang terkandung dalam Windows Keluarga sistem operasi NT.

Registri dalam platform sistem operasi Microsoft Windows 16-bit dan 32-bit memiliki arti yang berbeda, Registry adalah pengganti * .INI file konfigurasi yang digunakan pada sistem Windows 16-bit (Windows 3.x dan Windows for Workgroups).

Sedangkan sistem operasi Microsoft Windows 32-bit Registry adalah database yang disusun secara hierarkis yang berisi informasi tentang konfigurasi sistem.

Mulai dari mengonfigurasi perangkat lunak, perangkat keras, asosiasi ekstensi file dengan aplikasi hingga preferensi pengguna.

Anda juga bisa mengetahui cara menghapus registry Corel Draw, IDM, file registry yang terlalu berlebihan akan membuat laptop lambat, error, data Corrupt, crash aplikasi, dan sebagainya.

Jika file registri pada laptop atau PC meningkat, ini akan mempengaruhi aplikasi atau sistem Windows. Tetapi sebelum itu Anda harus tahu apa itu registri.

Berikut ini adalah pemahaman tentang registri yang harus Anda ketahui.

Apa Itu Regisrty

Menghapus Registry Software

Registri adalah database yang menyimpan berbagai pengaturan konfigurasi di Windows.

Hampir semua pengaturan untuk menjalankan Windows disimpan di sini. Aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Photoshop dan lainnya juga menyimpan pengaturannya di Registry.

Namun, menyimpan pengaturan aplikasi di Registry tidak wajib, pengembang pihak ketiga bebas untuk meletakkannya juga di luar Registry.

Dengan mengakses Registry, itu berarti Anda dapat mengubah hampir semua pengaturan yang ada dengan asumsi, Anda mengerti apa yang Anda lakukan.

Bahkan, Windows menyediakan aplikasi sendiri yang bisa Anda gunakan untuk mengubah Registry, yaitu Registry Editor.

Struktur Registry

Seperti yang sudah Anda ketahui, Resgitry adalah database pusat yang berisi banyak informasi tentang konfigurasi sistem Windows. Registri memiliki struktur folder / file cabang-pohon.

Anda memiliki kunci utama atau yang biasa disebut Hives, lalu Keys, Subkey dan Value.

Cara Menghapus Windows Registry 7/8/10

Untuk mengatasi beberapa kendala di atas / masalah yang disebabkan oleh file registri yang menumpuk.

Berikut adalah beberapa cara dan metode yang dapat Anda gunakan untuk menghapus file registri, silakan lihat beberapa metode di bawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi CCleaner

CCleaner adalah sistem yang diaktifkan / berguna untuk mengoptimalkan alat Piriform, privasi, dan pembersihan.

Cara kerja aplikasi ini adalah menghapus file yang tidak perlu pada sistem komputer Anda setelah itu akan mengembalikan ruang hard disk yang berharga karena hal ini maka kinerja laptop / komputer juga akan lancar.

Tidak hanya itu aplikasi ini juga berfungsi sangat cepat untuk optimasi hanya butuh beberapa detik. Fitur lain dari aplikasi ini adalah dapat menghapus jejak aktivitas online seperti riwayat internet Anda.

Untuk menghapus file registri menggunakan aplikasi CCleaner Anda dapat menggunakan metode berikut di bawah ini, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama unduh dan instal aplikasi CCleaner.
  • Setelah itu Anda membuka aplikasi kemudian pilih dan klik Registry.
  • Maka Anda dapat mengetuk langsung Pindai Masalah.
  • Jika semua metode di atas telah dilakukan selanjutnya, tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian registri selesai.
  • Jika proses menunggu selesai, Anda cukup memilih dan klik Perbaiki Masalah yang Dipilih.
  • Kemudian Anda dapat mengikuti langkah selanjutnya hingga file registri dihapus.

2. Menggunakan Aplikasi AVG PC TuneUP

Aplikasi AVG PC TuneUP adalah perangkat lunak pengoptimalan yang dibuat oleh Windows yang digunakan untuk menghapus file registri dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya itu aplikasi ini juga sangat kuat dalam mengendalikan penggunaan daya, aplikasi, fitur, dan lainnya dengan mudah dan cepat.

Cara menghapus file registri dengan menggunakan aplikasi AVG PC TuneUp adalah sebagai berikut.

  • Yang pertama adalah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi terlebih dahulu.
  • Sebagai catatan, aplikasi ini tersedia dalam bentuk gratis dan premium untuk uji coba, silakan unduh versi gratisnya terlebih dahulu, AVG TuneUp.
  • Jika Anda telah mengunduh, silakan buka aplikasi, lalu pilih dan klik Optimalkan.
  • Di bagian itu silakan pilih dan klik Bersihkan Registry.
  • Jika semua langkah di atas telah dilakukan, maka Anda dapat mengikuti.
  • Langkah selanjutnya hingga proses pembersihan registri berhasil.

Kedua metode di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jika Anda ingin hasil yang lebih bersih dan optimal Anda dapat menggunakan metode kedua.

Tetapi jika Anda menginginkan yang gratis / tidak berbayar, Anda dapat menggunakan metode pertama.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Menghapus Registry Software pada Windows 7/8/10 Wajib Dicoba, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam menghapus registry.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga: