Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

2 min read

2 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android: Hapus Secara Permanen – Saat membeli smartphone baru seringkali kita mendapatkan aplikasi default.

Aplikasi bawaan yang cukup banyak dan juga aplikasi bawaan yang jarang digunakan. Karena hanya beberapa aplikasi bawaan yang kadang kita gunakan.

Apa Itu Aplikasi default/bawaan?

Aplikasi default adalah aplikasi bawaan yang sudah ada pada perangkat, aplikasi ini biasanya berupa aplikasi utama untuk menggunakan perangkat itu sendiri contoh nya telepon,sms,browsher dan lain sebagainya.

Ada begitu banyak aplikasi Android bawaan yang tidak kita gunakan. Dengan begitu banyaknya aplikasi default, akan sangat menyebalkan jika smartphone android kita memiliki kapasitas RAM yang kecil.

Tentunya dengan aplikasi bawaan membuat kapasitas RAM lebih sempit. Bagi Anda yang mengalami masalah ini, akan lebih baik untuk menghapus aplikasi default yang tidak digunakan.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghapus aplikasi default tanpa root yang dapat Anda coba sendiri.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Anda dapat menghapus aplikasi default pada smartphone android dengan mudah. Cara menghapus aplikasi default pada ponsel cerdas Android tanpa root memerlukan aplikasi pihak ketiga atau tanpa aplikasi

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Aplikasi

Anda dapat menonaktifkan aplikasi default yang ditemukan di smartphone Android Anda tanpa perlu aplikasi pihak ketiga. Cara melakukannya adalah dengan disable atau menonaktifkan aplikasi Android default Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Pertama masuk ke menu Pengaturan.
  2. Kemudian pilih Manajer Aplikasi.
  3. Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan
  4. Akhirnya klik Nonaktifkan.
  5. Pop up peringatan akan muncul, klik Nonaktifkan Aplikasi untuk melanjutkan.

Yang anda perlu perhatikan, bahwa tidak semua aplikasi standar dapat dinonaktifkan seperti halnya sms telepon kontak dan sebagainya.

Menonaktifkan aplikasi default menggunakan metode ini tidak akan membuat kapasitas RAM pada ponsel cerdas Anda besar.

Karena Anda baru saja menonaktifkannya, bukan menghapus aplikasi. Meski begitu Anda tetap mendapat manfaat karena bisa menghemat baterai di smartphone android Anda.

Aplikasi default Android yang telah Anda nonaktifkan tidak akan berfungsi sama sekali. Jika Anda ingin mengaktifkannya lagi, Anda dapat menekan tombol disable ke enable.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Menggunakan Aplikasi

Selain tidak menggunakan aplikasi, Anda juga dapat menghapus atau menghapus instalan aplikasi bawaanr ponsel cerdas Android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Dalam tutorial ini kami akan menggunakan aplikasi CCleaner. Untuk menggunakan metode ini, tentu saja Anda harus menginstal aplikasi CCleaner terlebih dahulu di ponsel pintar Android Anda.

  1. Pertama, silakan unduh dan instal aplikasi CCleaner.
  2. Jika sudah di instal, silakan buka aplikasi CCleaner di ponsel pintar Android Anda.
  3. Kemudian masuk ke menu dengan mengklik ikon garis 3 di sudut kiri atas.
  4. Kemudian silakan pilih menu Manajer Aplikasi.
  5. Kemudian di menu App Manager, pilih tab System.
  6. Pada tab Sistem, Anda dapat langsung memilih aplikasi default apa pun yang ingin Anda hapus dan juga memilih ikon tempat sampah.
  7. Anda dapat memeriksa daftar aplikasi default yang ingin Anda hapus kemudian langsung klik tombol Uninstall.
  8. Akan ada peringatan yang akan muncul, klik Lanjutkan untuk melanjutkan.

Anda perlu tahu bahwa aplikasi CCleaner dapat menghapus aplikasi default yang ditemukan di smartphone Android Anda.

Tetapi untuk beberapa ponsel pintar Android, memerlukan akses root untuk menggunakan fitur ini.

Penutup

Itulah artikel kami tentang Cara Menghapus Aplikasi Default Pada Android. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang tergganggu dengan android yan memiliki kapasitas RAM kecil karena banyak termakan oleh aplikasi bawaan.

Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu Aplikasi default?

Aplikasi default adalah aplikasi bawaan yang sudah ada pada perangkat, aplikasi ini biasanya berupa aplikasi utama untuk menggunakan perangkat itu sendiri

Kenapa Hapus Aplikasi default?

Aplikasi ini jarang digunakan dan biasanya memakan RAM karena tanpa disadari palikasi tersebut berjalan di latarbelakang.

Menonaktifkan Aplikasi default RAM Bertambah?

tidak karena kita hanya menonaktoifkannya bukan menghapus nya secara permanen. Jadi jika ingin kapasitas ram luas anda perlu menghapus aplikasi secara permanen.

error: Content is protected !!