Cara Mengatasi “Your Connection is Not Secure”

4 min read

Cara Mengatasi “Your Connection is Not Secure” dengan Mudah – Pernahkah Anda melihat Koneksi Anda bukan peringatan aman? Meskipun Anda sibuk menjelajahi browser web tetapi tiba-tiba notifikasi muncul, frustrasi atau bahkan panik?

Sepertinya sebagian besar pengguna Chrome dan Mozilla Firefox telah mengalami masalah ini. Tidak perlu risau karena sesungguhnya untuk mengatasi masalah yang satu ini sangat mudah.

Karena dalam diskusi ini kami akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi masalah Koneksi Anda tidak Aman. Lihat penjelasan lengkapnya.

Apa Itu yang di maksud Your Connection is not Secure

Your Connection is not Secure adalah akses internet Anda tidak aman. Biasanya pesan akan muncul jika terjadi kesalahan pada SSL.

SSL umumnya digunakan untuk menjaga keamanan atau privasi informasi yang dimasukkan pengguna di situs web. Tentu saja, sebagian besar situs web sudah menggunakan perlindungan ini.

Jadi jika Anda mengunjungi alamat situs web dan mendapatkan pesan kesalahan maka sangat mungkin bahwa situs web tersebut belum diverifikasi atau memiliki sertifikasi yang valid.

Itu berarti situs web tidak memiliki enkripsi yang kuat uagar melindungi hal pribadi Anda. Umumnya jenis situs web yang dianggap tidak aman adalah yang memiliki alamat url http: //.

Karena itu jika Anda mengunjungi alamat web dan mendapatkan pesan, Anda harus berhati-hati.

Namun, jika Anda menemukan peringatan ini ketika mengakses situs web populer seperti Twitter, Facebook, Google atau sejenisnya, maka Anda dapat mengatasinya dengan langkah-langkah berikut.

Cara Mengidentifikasi Situs Web Tidak Aman

Perlu Anda ketahui, tampilan pesan “Your Connection is not Secure” ada kemungkinan besar bahwa situs yang Anda kunjungi memang tidak aman untuk perangkat PC Anda.

Biasanya situs tidak aman akan ditandai dengan yang berikut:

1. Untuk Pengguna Browser Desktop

Jika satu situs memenuhi satu bahkan lebih kondisi kegagalan yang sudah disebutkan di atas, browser desktop pasti menampilkan tag “Tidak Aman” di sebelah ujung kiri bilah navigasi (tempat URL dimasukkan dan ditampilkan).

Biasanya disertai dengan gembok yang tidak dikunci. Ikon informasi “saya atau isyarat visual lainnya yang berbeda dari ikon gembok hijau yang menyertai situs yang aman.

Jadi cobalah untuk memperhatikan situs yang Anda kunjungi.

2. Untuk Pengguna Browser Seluler

Browser seluler biasanya tidak menghasilkan URL untuk memberi ruang bagi teks “Tidak Aman”, tetapi hanya mengandalkan ikon yang berbeda.

Pengguna seluler menampilkan situs yang aman dengan gembok tertutup hijau, dan situs yang tidak aman dengan indikator terpisah. Biasanya gembok non-hijau gembok atau ikon informasi dengan simbol “i”.

Cara Mengatasi “Your Connection is not Secure”

Your Connection is Not Secure

Jadi, jika Anda mengunjungi situs web dan mendapatkan pesan seperti itu Anda disarankan untuk berhati-hati.

Tetapi jika pesan keluar ketika membuka beberapa situs web populer seperti Google, Facebook, Twitter, dan sejenisnya, Anda dapat mencoba menyelesaikan masalah dengan cara berikut.

1. Perbarui browser Anda

Ternyata memperbarui peramban web yang digunakan juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi munculnya pesan koneksi Anda tidak aman.

Jika Anda telah menggunakan beberapa metode sebelumnya dan masih tidak dapat menyelesaikan masalah, cobalah memperbarui peramban ke versi terbaru.

Untuk memperbarui browser cukup mudah karena hanya perlu memperbarui secara langsung melalui masing-masing browser.

Untuk semua pengguna Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan browser lainnya, silakan perbarui dulu.

Jika Anda tidak dapat memperbarui browser Anda dari dalam, Anda harus mengunduhnya lagi dari perangkat lunak browser.

“Your Connection is not Secure” bisa menjadi masalah sepele yang sering muncul karena tanggal atau tanggal dan waktu sistem pada perangkat yang Anda gunakan tidak sesuai atau tidak diperbarui.

2. Bersihkan Cache dan Riwayat di Browser

Coba hapus cache dan riwayat di browser. Cache merupakan track record yang ada di browser saat berselancar di internet mengunjungi berbagai browser.

Sehingga semakin banyak cache yang ada di browser, semakin besar risiko browser akan mengalami gangguan atau masalah.

Bagaimana cara menghapus cache di browser? Anda dapat masuk ke menu di sudut kanan atas kemudian pilih histori. Di menu riwayat, Anda dapat mengeklik hapus data penelusuran.

Kemudian pilih semua dan klik tombol hapus. Selanjutnya pergi ke opsi pengaturan dan cari bagian perubahan proxy. Lalu pergi ke tab keamanan dan privasi dan pilih tingkat menengah.

Kemudian tutup browser Anda dan tunggu beberapa saat dan buka kembali. sekarang cobalah untuk mengakses situs web yang sebelumnya menerima pemberitahuan “Your Connection is not Secure”.

3. Atur Sistem Waktu dan Tanggal

Untuk mengatasinya dengan sangat mudah, Anda hanya perlu menyesuaikan tanggal dan waktu pembaruan pada perangkat Anda.

Anda melakukan ini dengan mengunjungi Tanggal dan waktu di sudut kanan perangkat lalu pilih ubah pengaturan tanggal dan waktu.

Setelah itu, sesuaikan saja dengan tanggal dan waktu saat ini.
Bersihkan Cache dan Riwayat di Browser

Jika Anda telah melakukan metode sebelumnya tetapi masih gagal dan peringatan keamanan koneksi muncul maka Anda dapat mencoba metode kedua ini.

4. Jangan Menonaktifkan Protokol Pemindaian SSL di Antivirus

Misalnya, jika Anda telah mematikan pemindaian protokol SSL pada antivirus dan ternyata pesan koneksi Anda tidak aman tidak lagi keluar, masalahnya memang pada antivirus yang digunakan.

Tetapi setelah itu masih ada sesuatu yang harus dilakukan, yaitu menghapus riwayat browser Anda dan mencoba menginstal ulang versi terbaru dari browser yang digunakan, termasuk perangkat lunak antivirus dan sistem operasi itu sendiri.

Jika Anda telah melakukan langkah-langkah di atas, sekarang Anda dapat mencoba untuk mengaktifkan kembali pemindaian protokol SSL di pengaturan antivirus.

Masih tidak berhasil juga dengan menggunakan metode di atas? Maka cara lain adalah dengan menghapus sertifikat cert8.db yang disimpan.

5. Akses Situs Web dengan Mode Pribadi

Pernahkah Anda mendengar tentang mode privat? Mode ini adalah cara untuk mengakses situs web di mana tidak ada yang bisa mengetahui aktivitas Anda.

Menggunakan mode pribadi ini akan menghapus sebagian besar komponen data pribadi. Namun untuk pengunduhan data dan bookmark masih tersimpan.

Selain itu mode pribadi ini juga tidak menyimpan cookie, data situs web, riwayat perambanan, atau jenis informasi lain yang dimasukkan ke dalam formulir saat masuk ke situs web.

Karena itu, jika Anda telah menggunakan metode sebelumnya tetapi gagal menyelesaikan masalah koneksi Anda tidak aman, Anda dapat mencoba mengaksesnya lagi menggunakan mode pribadi.

Cara melakukan ini cukup mudah dengan menekan tombol ctrl + shift + N pada keyboard. Kemudian semua yang terbaru di jendela pribadi juga dibuka melalui mode pribadi.

Solusi lain adalah mencoba menonaktifkan pemindaian protokol SSL yang ada di pengaturan antivirus Anda.

Tujuan langkah ini adalah untuk mengidentifikasi apakah ada masalah karena aktivitas antivirus yang bertentangan dengan enkripsi data.

6. Menghapus Sertifikat cert8.db

Karena biasanya masalah munculnya koneksi Anda tidak aman adalah karena sertifikat cert8.db yang rusak.

Jadi untuk mengatasinya Anda harus menghapus file dan membiarkan browser Anda memperbarui file.

Jika situs yang ingin Anda kunjungi memiliki enkripsi yang lemah, maka Anda akan diberikan opsi untuk memuat ulang situs web dengan beberapa opsi.

Tetapi penting untuk mengetahui bahwa situs web asli tidak meminta Anda untuk lulus sertifikat dan jika mereka memintanya.

Maka Anda perlu memeriksa apakah situs web yang Anda kunjungi sedang mencoba melakukan phishing atau memang situs web palsu. Cara menghapus cert8.db di Firefox:

  • Tekan Win-R pada windows untuk masuk ke menu run.
  • Ketik% appdata% lalu masukkan.
  • Cari folder Mozilla ⇒ Firefox ⇒ Profil ⇒ e2ufiejg.default.
  • Kemudian cari file bernama cert8, harap hapus.

7. Pindai Perangkat untuk Mendeteksi Malware

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah koneksi Anda yang tidak aman adalah dengan memeriksa dan melakukan pemindaian sistem penuh pada perangkat.

Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah sistem Anda diserang oleh Malware atau tidak. Karena bisa jadi Malware atau virus yang mengancam komputer/PC Anda dan menjadi penyebab timbulnya masalah ini.

Anda dapat menggunakan Windows Defender (program antivirus bawaan), yang melindungi komputer Anda dari virus, spyware, dan perangkat lunak berbahaya lainnya.

8. Nyalakan kembali Router

Ada kemungkinan bahwa router menyebabkan “Koneksi Anda tidak aman” dan perlu dimulai ulang. Untuk memulai kembali router Anda, cari tombol daya dan tekan sampai Anda melihat perangkat mati.

Tunggu sekitar 30 detik dan kemudian nyalakan kembali router. Tunggu sampai daya menyala dan terkonfigurasi penuh.

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Mengatasi “Your Connection is Not Secure” dengan Mudah, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi koneksi yang tidak aman pada browser anda.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Baca Juga:

SELAMAT DATANG
Kalian Para Pemburu Isi Kuota Murah, Internet Gratis dan Aplikasi Terupdate Selamat Menikmati Artikel yang Telah Kami Bagikan,Untuk Kritik dan Saran Bisa Lewat admin@IsiKuota.co.id