Cara Mengatasi RAM PC/Laptop Penuh

5 min read

10 Cara Mengatasi RAM PC/Laptop Penuh dan Penyebab Penuh – RAM (Random Access Memory) adalah memori perangkat keras yang ada di komputer atau smartphone Anda.

Apa Itu RAM?

RAM adalah memori yang dapat membaca dan menulis file, berbeda dengan ROM (Read Only Memory) yang hanya dapat membaca file.

Jika komputer Anda lag atau lambat dalam menjalankan perangkat lunak, terutama perangkat lunak yang berat, tetapi Anda dikejar oleh tenggat waktu pekerjaan atau tugas Anda.

Maka anda hanya bisa menunggu waktu hingga perangkat lunak yang Anda operasikan terbuka.

Penyebab masalah di atas adalah memori RAM yang Anda gunakan terlalu penuh. Mungkin masalah ini sudah menjadi masalah yang sering kita temui.

Mungkin Anda telah menjumpai memori RAM di komputer anda penuh walaupun anda belum menjalankan perangkat lunak apa pun.

Oleh karena itu banyak dari kita menemukan jika memori RAM penuh komputer kita akan semakin lambat dan sering crash.

Komputer sangat berpengaruh pada kapasitas RAM yang tersedia. Jika RAM yang Anda gunakan rusak, komputer tidak akan hidup.

Fungsi memori RAM itu sendiri adalah sebagai tempat penyimpanan sementara untuk instruksi atau data yang diproses oleh prosesor.

Mengapa RAM Bisa Penuh?

Banyak yang bertanya mengapa RAM di komputer kita cepat penuh?

Alasan RAM pada komputer Anda cepat penuh adalah karena disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi salah satunya ialah kurangnya kapasitas RAM yang memadai.

Tetapi jika Anda sudah menggunakan RAM dengan kapasitas besar tetapi Anda mengoperasikan aplikasi biasa tetapi RAM kapasitas cepat penuh, pasti cari tahu penyebabnya.

Baca artikel di bawah ini tentang penyebab RAM cepat penuh dan bagaimana Cara Mengatasi RAM PC/Laptop Penuh, mungkin penyebabnya – penyebab ini cocok dengan masalah Anda.

Cara Mengatasi RAM PC/Laptop Penuh

Cara Mengatasi RAM PC Laptop Penuh

1. Kurang Kapasitas RAM

Kapasitas memori RAM sangat berpengaruh pada kinerja komputer Anda. Jika Anda menggunakan kapasitas RAM yang terlalu minim, maka memori RAM yang Anda gunakan di komputer Anda akan cepat terisi.

Jadi ketika Anda menjalankan perangkat lunak itu akan membutuhkan waktu lama untuk membukanya.

Perangkat lunak atau aplikasi dengan versi yang lebih baru juga dapat mengkonsumsi banyak kapasitas RAM pada komputer Anda dibandingkan dengan versi lama perangkat.

Ini karena perangkat lunak dengan versi yang lebih baru menambahkan fitur baru, sehingga perangkat lunak juga meningkatkan ukuran perangkat lunak yang dapat menyebabkan RAM Anda terisi dengan cepat.

Jika Anda menjalankan perangkat lunak baru dengan kapasitas RAM standar, tidak aneh bila komputer Anda lagatau lambat.

Lebih baik mengatasi masalah ini dengan tidak meng-upgrade perangkat lunak lama Anda.

Tetapi jika Anda ingin meningkatkan kapasitas RAM Anda, Anda harus mencari merek RAM yang berkualitas dan menyesuaikannya dengan soket RAM di komputer Anda.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Start-up

Aplikasi Start-up adalah aplikasi yang akan berjalan secara otomatis saat komputer yang Anda gunakan dihidupkan atau dihidupkan.

Anda dapat melihat aplikasi start-up apa yang berjalan di komputer Anda dengan membuka kotak Run dengan mengklik tombol (Windows + R) secara bersamaan dan mengetik “msconfig” di kotak Run tanpa tanda kutip (“).

Ini akan secara otomatis membuka Aplikasi Start-up yang berjalan di komputer Anda.

Secara umum, aplikasi start-up yang dijalankan memiliki fungsi yang sangat penting, seperti firewall Windows, antivirus, dan aplikasi lainnya.

Namun, jika ada terlalu banyak aplikasi start-up di komputer, kapasitas RAM akan penuh dengan cepat, karena RAM akan terisi penuh dengan aplikasi start-up sejak komputer dihidupkan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mengurangi aplikasi start-up yang tidak penting pada komputer Anda, tetapi jangan mengurangi aplikasi penting seperti antivirus dan firewall karena itu menjaga komputer Anda dari serangan virus.

Jika aplikasi start-up yang berjalan kecil, maka kapasitas RAM tidak cepat penuh dan kinerja komputer akan tetap optimal.

3. Memori RAM Bermasalah

RAM yang bermasalah juga dapat mempengaruhi Kapasitas RAM. Kerusakan pada RAM juga dapat menyebabkan komputer Anda sering restart dengan sendirinya.

Lag atau hang dan lebih buruk lagi komputer Anda tidak dapat menampilkan output dan kemungkinan buruk lainnya yang dapat terjadi di komputer Anda.

Anda harus terlebih dahulu memeriksa RAM yang Anda gunakan rusak atau tidak dengan menggunakan BIOS di komputer Anda atau coba dengan memori RAM lain atau coba memori RAM Anda di komputer lain.

Dan masalah lainnya adalah bahwa RAM yang Anda gunakan kotor, Anda dapat membersihkan memori RAM Anda dengan menggunakan penghapus pensil dengan menggosok pin emas pada satu arah keluar.

4. Jumlah layanan atau Service yang sedang berjalan

Jumlah layanan yang berjalan di komputer Anda juga dapat mengurangi kapasitas memori RAM Anda, serta aplikasi start-up, ini karena layanan dan layanan akan secara otomatis berjalan di komputer Anda ketika berjalan.

Sehingga memori RAM Anda akan cepat terisi dengan layanan dan layanan saat komputer pertama kali dinyalakan, seperti layanan svchost.exe yang ditemukan cukup banyak dan mengkonsumsi banyak kapasitas RAM.

Solusinya adalah Anda dapat mengurangi layanan dan Service di komputer Anda sehingga kapasitas memori RAM Anda meningkat.

5. Program Antivirus yang Terlalu Berat

Banyak sekali aplikasi atau penyedia perangkat lunak antivirus yang ada di dunia ini. Anda bebas memilih aplikasi antivirus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan antivirus yang Anda gunakan. Tetapi Anda juga harus memilih antivirus yang sesuai dengan komputer Anda, jika Anda menggunakan aplikasi antivirus dan anti-malware,

Anda harus menggunakan hanya satu aplikasi, karena salah satu aplikasi sudah menyediakan dua kemampuan yang Anda inginkan, yang dapat bermanfaat sebagai antivirus dan juga anti-malware.

Dengan begitu kapasitas memori RAM Anda bisa bertambah. Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah memilih antivirus dengan ukuran yang ringan.

Jika Anda menggunakan antivirus yang berat, kapasitas memori RAM yang Anda gunakan akan penuh dengan cepat, jadi gunakan antivirus yang lebih ringan.

6. Pembaruan Driver

Driver adalah program khusus yang dibuat agar sistem operasi dapat berkomunikasi dengan perangkat keras yang digunakan pada komputer Anda.

Misalnya, driver WLAN untuk terhubung ke jaringan nirkabel, atau driver suara untuk suara untuk terhubung ke speaker, driver untuk printer dan sebagainya.

Jika driver memiliki masalah dengan sistem operasi, maka penyebabnya adalah kinerja prosesor dan RAM akan semakin berat.

Akibatnya kapasitas RAM yang Anda gunakan cepat terisi karena tersedot oleh masalah yang terjadi. Solusinya adalah Anda dapat memperbarui driver agar kompatibel dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

7. Pembaruan Sistem Operasi

Sama dengan perangkat lunak lain, sistem operasi juga dapat melakukan pembaruan untuk meningkatkan keamanan dan menambahkan fitur baru.

Untuk membantu dan memudahkan pengguna serta untuk melakukan pekerjaan yang mereka lakukan. Kami mengambil salah satu sistem operasi, yaitu Windows dari Microsoft, sistem operasi dari Microsoft sering diperbarui secara berkala karena sistem operasi ini banyak digunakan di dunia ini.

Anda harus memperbarui sistem operasi untuk meningkatkan keamanan dan meningkatkan kenyamanan Anda. Namun pembaruan sistem operasi ini juga dapat menyebabkan beberapa masalah, salah satunya adalah kapasitas memori RAM Anda cepat penuh.

8. Virus atau Malware

Adanya serangan virus atau malware di komputer kita sangat merugikan kita, karena serangan dari virus atau malware dapat merusak data penting kita, membuat komputer kita melambat dan bahkan bisa menyerang sistem operasi yang kita gunakan.

Dampak komputer kita tidak bisa digunakan secara optimal. Virus ini dibuat oleh seseorang yang merupakan program yang dibuat untuk kepentingan pribadi pencipta nya.

Virus ini berjalan di latar belakang sehingga tidak dapat dilihat oleh pengguna.

Ketika virus dan malware sedang berjalan tentu akan menggunakan memori RAM dengan membuat proses permintaan berkali-kali sehingga kapasitas memori RAM Anda akan berkurang.

Tidak hanya kapasitas memori RAM berkurang, tetapi sumber daya lain seperti daya listrik akan semakin boros.

Terutama jika komputer Anda diserang oleh malware yang membuat komputer Anda menjadi botnet aktif, sumber daya yang digunakan akan semakin besar.

Jadi jika Anda ingin menyelesaikan masalah ini segeralah menginstal perangkat lunak antivirus dan segera mengamankan semua partisi di komputer atau laptop Anda secara teratur.

Terutama ketika komputer Anda terhubung ke Internet, dan tidak selalu memperbarui antivirus yang Anda gunakan, sehingga virus dengan program baru dapat dideteksi.

Memperbarui antivirus juga memperbaiki bug atau kesenjangan dalam antivirus.

9. Program yang berjalan di Background

Program yang berjalan pada backgrond di komputer Anda juga dapat menjadi penyebab kapasitas memori RAM di komputer Anda.

Semakin banyak program yang berjalan di latar belakang komputer Anda, semakin banyak memori RAM yang akan digunakan karena ia memproses secara bersamaan dengan program yang dibuka dan juga sering ada virus yang berjalan di latar belakang komputer anda.

Solusi untuk masalah ini adalah Anda harus memeriksa program apa yang sedang berjalan di komputer Anda dan menghentikan program yang dianggap tidak penting sehingga jumlah ruang kosong pada memori RAM Anda besar.

10. Terlalu Banyak Plugin di Browser

Plugin adalah aplikasi tambahan yang digunakan di browser. Plugin itu sendiri memiliki fungsi untuk menambahkan fitur menarik ke browser.

Ketika aplikasi browser digunakan secara otomatis aplikasi plugin juga akan terbuka, ini dapat menyebabkan kapasitas memori RAM di komputer Anda akan bekerja ekstra dan kapasitasnya akan penuh dengan cepat.

Solusinya adalah Anda dapat membatasi plugin yang Anda gunakan di browser Anda, sehingga ruang di memori RAM Anda akan sedikit longgar.

Penutup

Demikianlah beberapa artikel tentang penyebab RAM cepat penuh dan Cara Mengatasi RAM PC/Laptop Penuh.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah RAM PC/Laptop Penuh.

Bagi Anda yang sudah membaca, semoga dapat menambah pengetahuan tentang penyebab memori RAM penuh dengan cepat dan bagaimana cara mengatasinya.

Sampai Jumpa di artikel selanjutnya, terima kasih.

Baca Juga:

F.A.Q

Apa Itu RAM?

RAM adalah memori yang dapat membaca dan menulis file, berbeda dengan ROM (Read Only Memory) yang hanya dapat membaca file.

Mengapa RAM Cepat Penuh?

Salah satunya ialah kurangnya kapasitas RAM yang memadai.

Banyak Aplikasi Bisa Mempengaruhi RAM?

Semakin banyak aplikasi yang di buka atau berjaan di latar, maka kinerja RAM akan semakin Berat.